Cara Menghemat Kuota Paket Data di HP Huawei

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Zaman sekarang koneksi internet sudah menjadi salah satu kebutuhan. Dengan adanya koneksi Internet maka kita bisa mengakses banyak sekali informasi, mengetahui perkembangan yang terjadi di dunia, untuk bekerja, belajar, dan lain sebagainya.

Untuk bisa menggunakan layanan internet maka kita harus mempunyai kuota atau paket data dan itu biasanya disediakan oleh provider yang kita gunakan misalnya saja Telkomsel, XL, IM3, Axis dan sebagainya.

Namun terkadang karena banyaknya aplikasi yang kita jalankan di smartphone membuat paket data kita menjadi cepat habis. Untuk mendapatkan paket data maka kita harus membelinya dan harganyapun cukup mahal. Oleh karena itu kamu bisa mensiasati atau menghemat penggunaan kuota kamu dengan cara melakukan beberapa pengaturan di smartphone.

Nah pada pembahasan kali ini, saya akan memaparkan cara menghemat kuota paket data di HP Huawei tanpa aplikasi tambahan. Kita hanya perlu mengatur beberapa hal dan trik ini mampu menghemat kuota kita agar tidak cepat habis.

Cara Menghemat Kuota Paket Data di HP Huawei Tanpa Aplikasi Tambahan

Untuk menghemat penggunaan kuota paket data di HP Huawei, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Disini saya menggunakan device Huawei Nova Lite dan mungkin trik ini tidak jauh berbeda dengan device Huawei yang lain.

1. Mengaktifkan Mode Penghemat Data

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghemat kuota tanpa aplikasi tambahan di Huawei adalah dengan mengaktifkan pengaturan mode hemat data. Penghemat data akan membantu mengurangi penggunaan data dengan mencegah aplikasi latar belakang untuk mengirim atau menerima data dan membatasi frekuensi akses data dari aplikasi yang sedang berjalan.

Saat mode penghemat data diaktifkan di HP Huawei maka ikon data dalam bentuk daun akan muncul di bilah status. 

Hal ini dapat mencegah kamu menerima pembaharuan dari email, obrolan dan aplikasi media sosial lainnya serta gambar hanya akan ditampilkan pada saat kamu menyentuhnya. 

Untuk mengaktifkan mode penghemat data di HP Huawei, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama buka menu Pengaturan lalu pilih Pengaturan jaringan & nirkabelData selulerPilih SIM (SIM 1 atau 2) ➜ Penghemat data
  • Kemudian aktifkan mode Penghemat data

  • Pada bagian Akses data yang tidak dibatasi, pilih aplikasi yang menurutmu tidak akan dikenakan penghematan data. Jadi nantinya aplikasi ini akan tetap berjalan di latar belakang dengan memakan kuota. Saya sarankan untuk tetap mengaktifkan layanan dan pengelola akun google beserta beberapa aplikasi sistem yang mungkin mendukung perangkat kamu supaya HP kamu tetap berjalan normal.

Jika sudah maka mode tersebut telah diaktifkan dan aplikasi-aplikasi yang sudah terintal di HPmu tidak akan memakan kuota kecuali kamu menggunakannya.

2. Mengatur Aplikasi Jaringan

Pada bagian fitur aplikasi jaringan, kamu bisa mengatur aplikasi apa saja yang ada di HPmu yang boleh menggunakan jaringan seperti mengupdate, online dan lain sebagainya. Untuk aplikasi-aplikasi yang dirasa tidak perlu menggunakan jaringan seperti kamus offline, notes, game offline dan aplikasi offline lainnya lebih baik dononaktifkan saja penggunaan jaringannya. 

Atau bisa juga kamu hanya mengaktifkan bagian WLAN saja dan menonaktifkan bagian Data seluler. Jadi nanti aplikasi akan menggunakan jaringan ketika kamu terhubung dengan Wifi.

Untuk mengatur hal tersebut, kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

  • Pertama, silahkan ke menu Pengaturan lalu pilih Pengaturan jaringan & nirkabelData seluler ➜ pilih SIMAplikasi jaringan
  • Kemudian di Aplikasi jaringan, silahkan centang aplikasi yang harus menggunakan jaringan baik pada Data seluler maupun WLAN dan untuk aplikasi offline cukup centang bagian WLAN saja.

3. Mengaktifkan Pembatasan Kuota Paket Data

Mengaktifkan pembatasan kuota di smartphone merupakan salah satu cara jitu untuk memantau penggunaan paket data kita menurut waktu (perhari, minggu, bulan). Jika nominal data yang kita masukkan sudah tercapai penggunaannya maka akan muncul peringatan misalnya saya memasukkan 20 GB untuk satu bulan dan jika dalam waktu 21 hari 20 GB itu sudah terpakai maka pemberitahuan akan muncul.

Untuk mengaktifkan fitur ini di Huawei, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka menu Pengaturan lalu pilih Pengaturan jaringan & nirkabelData seluler icon Setting
  • Selanjutnya pilih Pengaturan paket data (SIM 1 atau SIM 2)

  • Di bagian Pengatiran paket, masukkan nominal data lalu atur Tanggal mulai setiap bulannya untuk menggunakan kuota tersebut. Jika sudah klik Berikutnya
  • Jika muncul Setelan operator, klik Selesai

4. Menonaktifkan Roaming Data

Roaming data merupakan sebuah fitur yang ada pada smartphone dan berfungsi ketika pengguna ponsel tidak dapat terkoneksi dengan jaringan karena berada di luar jangkauan misalnya saja kamu sedang ada di luar negeri sedangkan kamu masih menggunakan provider dalam negeri.

Roaming data tentu saja akan memakan biaya tambahan ketika mengaktifkannya apalagi jika kamu berada di luar negeri dan terkadang tanpa disadari penggunaan paket data, pulsa, paket nelfon, dll kita telah jebol. nah untuk menonaktifkan fitur roaming data di HP Huawei, kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

  • Buka menu Pengaturan Pengaturan jaringan & nirkabel ➜ Jaringan seluler
  • Selanjutnya nonaktifkan Roaming data dengan menekan sekelar pada SIM 1 dan SIM 2

Jika sudah maka roaming data telah dinonaktifkan di HP Huawei dan tidak akan memakan biaya tambahan lagi.

Kesimpulan dan Penutup 

Demikianlah beberapa cara menghemat kuota paket data di HP Huawei tanpa aplikasi tambahan yang bisa kamu coba. Dijamin pemakaian paket datamu akan hemat jika menggunakan cara ini. Semoga dapat membantu dan bermanfaat, terima kasih.

Baca juga