Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memperbaiki Penulisan yang Typo Secara Otomatis

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Sebagai mahasiswa tentu kamu sering membuat tugas karya ilmiah bukan? Entah itu makalah, jurnal, paper, review buku, skripsi, tesis, disertasi dan lain sebagainya.

Biasanya untuk membuat tugas-tugas tersebut, kita menggunakan aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word. Dalam proses pembuatan karya ilmiah, terkadang ada beberapa kata dalam satu paragraf yang ejaan kata-nya salah ketik alias typo dan itu akan membuat karya ilmiah kita menjadi kurang bagus karena salah satu aturan penulisan karya ilmiah adalah kata yang digunakan harus baku dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Ketika kita menyerahkan tugas tersebut ke dosen atau pembimbing untuk dikoreksi, maka kesalahan penulisan kata tersebut juga pasti akan ikut dikoreksi dan kita diminta untuk merevisinya secara keseluruhan sampai tidak ditemukan lagi kata yang salah ketik atau typo.

Kalau kita mau mengeceknya satu persatu kemudian memperbaikinya, bisa dipastikan kita akan kerepotan apalagi jika karya ilmiah yang kita buat sampai berpuluh-puluh lembar. Untuk itu, kamu bisa memperbaiki penulisan yang typo di karya ilmiah secara online dan juga otomatis. Dan pada pembahasan kali ini saya akan memberikan triknya buat kamu.

Situs Koreksi dan Perbaiki Salah Ketik (Typo) Online dan Otomatis

Sebenarnya di internet banyak sekali situs maupun aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mengecek dan memperbaiki salah ketik atau typo secara online dan otomatis, misalnya saja situs Typo Online. Situs ini bisa memperbaiki kesalahan pengetikan pada dokumen secara otomatis lalu menyesuaikannya dengan kata yang ada di KBBI Online.

Selain situs Typo Online, kamu juga bisa menggunakan fitur yang disediakan oleh Google untuk mengoreksi dan memperbaiki typo secara otomatis. Fitur tersebut adalah Google Docs (Google Documents).

Untuk artikel ini, saya akan menggunakan fitur Google Docs untuk mengoreksi dan memperbaiki typo pada karya ilmiah secara otomatis. Dengan menggunakan Google Docs, kita tidak perlu menyalin dokumen kemudian menempelkannya di halaman pembuatan file Google Docs, tapi disini kita akan langsung memasukkan filenya ke Google Drive lalu mengoreksi file tersebut secara otomatis menggunakan Google Docs. 

Cara Memperbaiki Penulisan yang Salah Ketik (Typo) Online dan Otomatis

Berikut ini langkah-langkah cara memperbaiki penulisan ejaan tata bahasa kata yang salah ketik atau typo secara online dan otomatis.

  • Pertama, buka browser (Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera Mini, etc) lalu di kolom pencarian ketik google.com
  • Jika halaman pencarian google sudah muncul, silahkan klik Aplikasi Google lalu pilih Drive

  • Selanjutnya klik Baru (+)Upload FilePilih File dokumen di folder ➜ Open

  • Tunggu beberapa saat sampai dokumennya terupload ke Google Drive. Jika sudah terupload sepenuhnya klik Aplikasi Google lalu scroll kebawah dan pilih Dokomen

  • Kemudian di halaman Google Dokumen, klik file yang telah kita upload tadi

  • Jika file sudah terbuka di Google Dokumen, silahkan ke menu AlatEjaan dan tata bahasaPemeriksaan ejaan dan tatabahasa (Ctrl+Alt+X)

  • Kemudian jendela Ejaan dan tata bahasa akan muncul. Selanjutnya klik Terima jika ingin memperbaiki tata bahasa dan klik Abaikan jika tidak ingin memperbaiki

  • Lakukan hal tersebut sampai halaman terakhir dokumen karena setiap kita mengklik Terima atau Abaikan maka toolsnya akan berpindah ke kata berikutnya

Nah dengan demikian kata yang typo dalam dokumen kamu akan diperbaiki satu persatu menurut ejaan tata bahasa yang baik dan benar dan tentu saja sesuai dengan aturan penulisan karya ilmiah.

Jika semuanya sudah selesai dikoreksi maka selanjutnya kamu bisa menyimpan dokumen ke folder komputer kamu. Caranya:

  • Klik FileDownloadMicrosoft Word (.docx)

  • Kemudian pilih Simpan BerkasOke

Jika sudah maka dokumen kamu yang telah diperiksa typonya tadi telah disimpan ke folder dan siap untuk kamu berikan kepada dosen atau pembimbing kamu. Cukup mudah bukan? 

Langsung saja dipraktekkan yah guys, karena trik ini memang sangat berguna apalagi buat kamu mahasiswa tingkah akhir yang sedang berjuang mengerjakan skripsi.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Memperbaiki Penulisan yang Typo Secara Otomatis, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard