Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Custom Widget

Cara Mengubah Video Menjadi GIF di Telegram

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Pernahkah kamu melihat gambar tapi gambar tersebut bergerak seperti animasi? Yap, gambar tersebut dalam bentuk format file GIF. GIF merupakan singkatan dari “Graphics Interchange Format”. 

GIF adalah format file gambar yang umum digunakan untuk situs web dan sprite dalam program perangkat lunak. GIF memiliki lebih sedikit kombinasi warna dibandingkan dengan JPEG tetapi gambar GIF mampu menyimpan grafis dengan latar belakang transparan maupun dalam bentuk animasi sederhana.

Lalu bagaimana cara membuat gambar GIF? Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan, salah satunya yakni mengubah video menjadi gif. 

Seiring perkembangan teknologi, ada banyak sekali situs-situs website maupun aplikasi video to gif converter yang bisa mengubah sebuah video menjadi gambar gif dengan. Salah satu aplikasi tersebut adalah Telegram.

Nah pada pembahasan kali ini saya akan memberikan trik atau cara membuat gif di Telegram dengan bot. 

Bot Telegram Ubah Video Jadi GIF

Di aplikasi Telegram ada banyak sekali GIF bot Telegram yang bisa mengubah sebuah video menjadi gambar dalam bentuk GIF, salah satunya adalah Video to GIF Converter. Kamu bisa menemukan bot ini di Telegram menggunakan link berikut: https://t.me/vgifbot.

Video to Gif Converter merupakan bot yang bisa membuat gif dari video-video kamu yang ada di galeri. Bot ini mendukung video dari sosial media seperti Instagram, Telegram, Vine dan Coub dengan cara mengirimkan URL video dari medsos tersebut. Atau bisa juga kamu mengirimkan videomu dalam bentuk pesan ke bot ini maka bot akan mengubahnya menjadi GIF.

Cara Mengubah Video Menjadi GIF di Telegram Menggunakan Bot 

Nah bagaimana caranya menggunakan bot Video to GIF Converter untuk ubah video menjadi GIF di Telegram? Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama buka aplikasi Telegram
  • Kemudian cari bot Video to GIF Converter di kolom pencarian. Kamu juga bisa mengklik link yang telah saya cantumkan diatas dan kamu akan langsung diarahkan ke botnya.
  • Untuk memulai bot, klik Start
  • Masukkan video ke bot dengan cara klik icon Klip KertasGallery ➜ pilih video ➜ Kirim
  • Jika video sudah ada dalam room chat, tentukan durasinya terlebih dahulu. Kamu bisa memilih I want full duration of this video untuk menggunakan semua durasi video kamu ataupun memilih Let's cut a certain piece jika ingin memotong bagian mana pada video yang akan kamu ubah ke Gif. Disini saya menggunakan durasi full pada video.

  • Selanjutnya kamu akan diminta menentukan apakah akan dibuat simetri atau tidak. Jika ya, pilih Yes, sure dan jika tidak, pilih No, I don't need it
  • Tunggu beberapa saat sampai bot selesai mengubah video kamu jadi gambar GIF. Untuk menyimpan GIF tersebut, klik titik tiga pada GIF lalu pilih Save to GIFs atau Save to downloads

Kesimpulan dan Penutup

Nah dengan demikian video kamupun telah diubah menjadi gambar animasi dalam bentuk format file .GIF dan juga telah tersimpan ke HP kamu. Gambar tersebut selanjutnya bisa kamu gunakan untuk berbagai macam hal seperti dikirimkan ke teman, diupload ke medsos dan lain sebagainya.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Mengubah Video Menjadi GIF di Telegram, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Tofan Ada' Sura'
Tofan Ada' Sura' Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard