Cara Screenshot di Laptop Toshiba Windows 7

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Screenshot merupakan sebuah usaha yang dilakukan untuk mengambil atau memotret layar (tangkapan layar) di smartphone maupun PC. Biasanya kita melakukan screenshot karena ada hal yang dirasa menarik di layar dan ingin disimpan menjadi gambar ke penyimpanan internal kita.

Dengan adanya fitur screenshot, kita akan merasa sangat tebantu misalnya saja saya yang suka menulis konten tutorial baik itu tutorial yang berhubungan dengan komputer maupun smartphone. Untuk mendukung tulisan saya dan juga agar orang cepat mengerti apa yang saya tulis maka saya menyertakan gambar dalam tulisan tersebut. Gambar tersebut diambil dari hasil screenshot di PC maupun smartphone.

Nah buat kamu pengguna laptop toshiba dan tidak tahu bagaimana mengambil tangkapan layar di laptop maupun notebook, pada pembahasan kali ini saya akan memberikan cara screenshot di laptop maupun notebook toshiba khususnya windows 7. Jika kamu pengguna windows versi yang lain misalnya windows 8, windows 10 dan lain sebagainya saya rasa cara ini juga berlaku dan tidak jauh berbeda.

Cara Screenshot di Laptop Toshiba Windows 7

Untuk melakukan screenshot di laptop Toshiba, saya akan memberikan dua cara. Cara yang pertama adalah melakukan screenshot tanpa aplikasi tambahan dan cara yang kedua adalah dengan menginstal apliasi tambahan kedalam laptop.

1. Cara Screenshot di Laptop Toshiba Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengambil screenshot di laptop Toshiba adalah tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Yang kita butuhkan hanyalah keyboard (yaialah) dan juga aplikasi yang sudah terinstal dalam laptop yakni Paint.  

  • Pertama, tentukan objek yang akan discreenshot di laptop
  • Kemudian cari dan tekan tombol PRTSC SYSRQ pada keyboard. Biasanya tombol ini berada di sebelah kanan atas dan berdekatan dengan tombol F12 dan PAUSE BREAK.

  • Jika sudah, buka aplikasi Paint di laptop kamu dengan cara klik Start lalu di kolom pencarian ketik Paint. Jika aplikasinya sudah muncul silahkan di klik maka aplikasinya akan terbuka. Paste hasil screenshot tadi di aplikasi paint dengan menekan CTRL + V secara bersamaan maka hasil screenshot akan muncul di aplikasi Paint.

  • Sebelum menyimpan hasil screenshot ke folder, kamu bisa mengeditnya terlebih dahulu misalnya memotong (crop) gambar, memberikan teks dan lain sebagainya. Jika sudah simpan gambar tersebut dengan cara klik icon Save (CTRL+S) ➜ pilih lokasi di folder ➜ tentukan nama dan format gambar ➜ Save

  • Dengan demikian gambar hasil screenshot kamu telah tersimpan ke folder yang ditentukan.

2. Cara Screenshot di laptop Toshiba Dengan Aplikasi Tambahan 

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk melakukan screenshot di laptop toshiba adalah dengan memasang aplikasi tambahan yang bernama Lighshot. Saya lebih suka memakai cara kedua ini karena tergolong sangat simpel. Kita tidak perlu lagi repot-repot membuka aplikasi Paint untuk menempelkan gambarnya namun bisa langsung diseleksi dan diedit ketika sudah menekan tombol screenshot di keyboard.

Kita hanya perlu menginstal aplikasinya sekali saja dan akan langsung memudahkan kita dalam melakukan tangkapan layar di laptop Toshiba.

  • Pertama, download dan instal terlebih dahulu aplikasi Lighshot. Untuk link downloadnya berikut: Download Lighshot 
  • Jika sudah terinstal ke laptop kamu, untuk menggunakannya silahkan klik PRTSC SYSRQ di keyboard kamu. (gambarnya sudah ada diatas)
  • Kemudian pilih bagian mana pada layar yang akan kamu screenshot. Kamu juga bisa menambahkan teks, garis panah, kolom untuk menjelaskan bagian-bagian dari gambar tersebut. Dan jika sudah klik icon Save untuk menyimpan gambar

  • Selanjutnya tentukan folder tempat kamu menyimpan gambar hasil screenshot tersebut dan jangan lupa atur nama dan format gambarnya. Terakhir, klik Save untuk menyimpan gambar.

Cara Melihat Hasil Screenshot di Laptop Toshiba Windows 7

Bagaimana cara melihat hasil screenshot atau tangkapan layar kita tadi di laptop? Caranya cukup mudah, kamu tinggal buka folder lalu cari lokasi dimana kamu menyimpan hasil screenshotan tadi. Jadi sebelum menyimpan gambar harus kamu tentukan dan ingat lokasinya yah biar tidak repot mencari gambarnya nanti.

Misalnya saja saya ketika habis screenshot pasti gambarnya saya letakkan di folder Pictures. Yah selain mudah untuk dicari juga sesuai dengan namanya, tempat kita menampung gambar dan foto.

Kesimpulan dan Penutup

Dari kedua cara yang saya paparkan diatas kembali ke diri kamu, mana yang akan kamu gunakan. Setiap cara pasti ada kekurangan dan kelebihannya, tapi bagi saya yang paling simpel itu cara yang kedua.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Screenshot di Laptop Toshiba Windows 7, semoga dapat membantu dan bermanfaat, terima kasih.

Baca juga