Cara Mengatur Sheet di Spreadsheet WPS Office

Selamat datang di situs Blogger Toraja. 

Jika selama ini kita biasanya membuat dan mengolah data di Microsoft Excel maka dengan perkembangan teknologi kita juga bisa mengolah data di HP android maupun IOS menggunakan aplikasi WPS Office. 

Wps Office merupakan satu paket aplikasi perkantoran yang bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti membuat dokumen, mengolah data, membuat presentasi, membuat pdf dan lain-lain. 

Di pembahasan ini, bloggertoraja.com akan membahas segala hal mengenai bagaimana cara mengatur sheet excel di HP android dan IOS menggunakan Spreadsheet WPS Office. 

Cara Mengatur Sheet di Spreadsheet WPS Office HP Android dan IOS

Untuk mengatur sheet di WPS Office, pertama-tama buat dulu halaman kerja kosong di spreadsheet. Atau jika kamu sudah punya file excel dan ingin kamu edit dan kelola maka silahkan buka file tersebut. Untuk caranya sudah saya bahas di artikel saya sebelumnya. Silahkan klik link dibawah untuk membacanya. 

Artikel Terkait: Cara Membuat dan Membuka File Excel di WPS Office

1. Cara Membuka Sheet Lain di Spreadsheet WPS Office

Jika di aplikasi Microsoft Excel, ada beberapa sheet yang bisa digunakan untuk menginput data, maka di Spreadsheet WPS juga ada. Letak tools sheet tersebut berada di bagian atas pada halaman kerja. Untuk membuka sheet lain, kamu tinggal klik sheetnya dan sheet yang di klik akan terbuka secara otomatis. 

2. Cara Menambah Sheet Baru di WPS Office

Selain tiga sheet yang memang sudah ada dalam spreadsheet, kamu masih bisa menambah sheet  bila memang dibutuhkan. Caranya klik icon Tambah (+) maka sheet baru akan ditambahkan ke halaman kerja. 

3. Cara Mengganti Nama Sheet di WPS Office

Biasanya untuk memudahkan kita dalam mengelolah data, kita memberi nama pada sheet yang dibuat apalagi jika dalam satu file ada banyak sekali sheet yang dibuat. Untuk mengganti nama sheet di spreadsheet, tekan pada sheet yang ingin diganti namanya maka akan muncul jendela Properti Lembar. Di bagian Nama, silahkan isi nama yang akan digunakan. 

4. Cara Menyalin Sheet di WPS Office

Sheet yang berisi data juga bisa disalin atau di copy paste siapa tahu kamu ingin mengedit data di sheetnya namun juga tetap ingin mempertahankan isi data sheet tersebut tanpa ada yang diubah. Cara menyalin sheet di spreadsheet yakni tekan pada sheet yang akan disalin lalu jika jendela Properti Lembar sudah muncul, klik Salin. Sheet kemudian akan tercopy ke sebelah sheet asli. 

5. Cara Menggabungkan Sheet di WPS Office

Di Spreadsheet, kita juga bisa menggabungkan beberapa sheet menjadi satu sheet saja. Yang artinya semua data yang ada dalam sheet juga akan menyatu dalam satu sheet tapi dalam kolom yang berbeda. Cara menggabungkan sheet di WPS Office adalah sebagai berikut:

  • Pertama, klik nama sheet dan jika jendela Properti Lembar sudah muncul, klik Gabungkan Lembar

  • Selanjutnya kamu akan diminta untuk menyimpan sheet terlebih dahulu

  • Jika sudah, di Lembar Terpilih silahkan pilih lembar kerja yang akan digabungkan lalu klik OK

  • Kemudian klik Selanjutnya dan terakhir pilih Mulai Menggabungkan

Tunggu beberapa saat maka sheet yang ada di spreadsheet akan digabungkan menjadi satu sheet saja. 

6. Cara Menghapus Sheet di Spreadsheet WPS Office

Dalam mengelolah data Excel, terkadang ada sheet yang sudah tidak dibutuhkan sehingga perlu dihapus dari file. Untuk menghapus sheet di WPS Office, kamu tinggal klik nama sheetnya dan jika jendela Properti Lembar sudah muncul, klik Hapus maka secara otomatis sheet tersebut akan dihapus dari spreadsheet. 

7. Cara Menyembunyikan Sheet di WPS Office

Kamu juga bisa menyembunyikan sheet di WPS Office agar tidak terlihat, namun sheet tersebut tetap ada dan bisa kamu lihat sewaktu-waktu yang diperlukan. Untuk menyembunyikan sheet di WPS klik sheet yabg akan disembunyikan lalu ke Properti Lembar dan klik sakelar Sembunyikan jadi on. 

Catatan: beberapa fitur di WPS Office mungkin tidak dapat kamu gunakan karena harus diupgrade dlu ke WPS Premium dengan membayar sejumlah uang dan fiturnya bisa digunakan. Untuk pengaturan sheet, fitur yang dimaksud seperti menggabungkan lembar kerja dan mengekstrak lembar kerja. 

Demikianlah pembahasan saya mengenai 


Baca juga