Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Custom Widget

Cara Menggunakan Excel di WPS Office HP Android dan IOS

 Selamat datang di situs Blogger Toraja. 

WPS Office merupakan satu paket aplikasi perkantoran di HP android maupun IOS (Iphone, iPod Touch, Apple, dll) yang bisa digunakan untuk membuat, membuka dan mengelolah berbagai macam file seperti Dokumen Word (.docs), dokumen Excel (.xls), presentasi Powerpoint (ppt), PDF, dan lain sebagainya. 

Bisa dibilang bahwa aplikasi ini adalah Microsoft Office versi Handphone karena fungsinya hampir sama. 

Di artikel-artikel saya sebelumnya, saya telah banyak membahas mengenai cara menggunakan aplikasi WPS Office untuk berbagai macam keperluan dan di kesempatan ini saya akan membahas bagaimana cara menggunakan Excel di HP android dan IOS untuk membuat dan mengelolah data. 

Ini pasti akan sangat membantu terutama jika pekerjaanmu berhubungan dengan pengelolaan data di Excel. Jadi silahkan disimak pembahasannya berikut:

Download Aplikasi WPS Office

Sebelum masuk ke cara menggunakan Excel di HP, pertama-tama kamu harus mendownload dulu aplikasi WPS Office lalu menginstalnya di HP kamu. 

Namun jika kamu sudah lama menginstal aplikasi ini, saya sarankan untuk mengupdatenya agar fitur-fitur terbaru dari developer bisa kamu nikmati. 

Aplikasi ini tidak terlalu besar ukurannya dan tetap bisa kamu instal meski memori HP kamu kecil. 

Cara Membuat Excel di WPS Office HP Android dan IOS

Di WPS Office, nama untuk Excel adalah Spreadsheet dan didalamnya terdapat beberapa sheet yang bisa digunakan untuk mengelolah data. Berikut ini cara membuat Excel di WPS Office Spreadsheet untuk mengelolah data:

  • Pertama, buka aplikasi WPS Office
  • Lalu klik Icon Tambah (+) →️ Lembar Bentang →️ lalu pilih halaman Kosong

  • Selanjutnya kamu akan diarahkan ke halaman kerja baru spreadsheet WPS.
  • Di bagian atas kamu bisa melihat beberapa sheet  dan di bagian bawah kumpulan tools atau alat yang bisa digunakan untuk mengelolah data. 

Cara Membuka File Excel di WPS Office Android dan IOS

Selain digunakan untuk membuat Excel, kamu juga bisa membuka, mengedit dan mengelola file Excel yang sudah ada atau kamu kirim dari komputer di WPS Office. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi WPS Office
  • Lalu klik Pengelolah File →️ XLS

  • Di bagian ini, kamu akan melihat semua file Excel yang tersimpan di HP kamu. Silahkan cari dan klik file yang ingin dibuka

  • Jika filenya sudah terbuka, klik Edit untuk mengelola dokumen tersebut. 

Dengan spreadsheet WPS Office, kamu bisa mengelolah sebuah data misalnya menambahkan kolom, memasukkan rumus, mengganti sheet, melakukan perhitungan dalam hal ini penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan lain sebagainya. 

Keren bukan? 

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Menggunakan Excel di WPS Office HP Android dan IOS, semoga dapat membantu dan bermanfaat. 

Tofan Ada' Sura'
Tofan Ada' Sura' Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard