Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menggunakan Cloud Storage di Telegram

Selamat datang di Situs Blogger Toraja.

Dewasa ini, ada banyak sekali aplikasi chat yang bermunculan dan bisa didownload secara gratis. Aplikasi-aplikasi tersebut menyediakan berbagai macam fitur yang sangat memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan orang lain secara virtual, salah satunya adalah Telegram. 

Salah satu fitur yang membuat saya jatuh cinta dengan Telegram karena adanya Cloud Storage atau Penyimpanan Awan yang membuat kita bisa menyimpan berbagai macam file dan juga bisa mengaksesnya sewaktu-waktu ketika diperlukan.

Mengingat salah satu permasalahan utama yang ada di smartphone saat ini adalah memori yang digunakan cepat penuh karena banyaknya file dalam hal ini dokumen, video, foto/gambar, maupun audio yang tersimpan. Disamping itu, aplikasi yang mendownload file secara otomatis juga dapat mengakibatkan memori HP cepat penuh. Oleh karena itu, untuk menghemat ruang penyimpanan ada baiknya kamu menonaktifkan unduhan otomatis aplikasi termasuk Telegram.

Nah pada pembahasan ini, Blogger Toraja akan mengulas secara lengkap mengenai cloud storage Telegram yang bisa digunakan untuk menyimpan file mulai dari mengenal berapa kapasitas Cloud Storage Telegram, Bot yang digunakan untuk menyimpan file dan juga cara menyimpan dan mengakses file yang ada di cloud storage Telegram.

Apa itu Cloud Storage Telegram?

Cloud Storage Telegram merupakan layanan penyimpanan awan Telegram dimana kamu bisa menyimpan data maupun file (video, audio, dokumen, gambar, dll) tanpa harus takut kehilangan file tersebut. Disamping itu, kamu juga bisa mengakses filenya sewaktu-waktu bila dipelukan dengan cara membuka file lalu mendownloadnya.

Fitur ini tentu akan sangat berguna untuk membuat memori kamu menjadi lebih ringan dan tidak penuh.

Berapa Kapasitas Cloud Storage Telegram?

Untuk kapasitas penyimpanan Telegram sendiri itu tidak terbatas. Aplikasi ini memiliki sistem Cloud Storage tak terbatas untuk menyimpan segala jenis file (kecuali file yang melanggar ketentuan) dan bisa digunakan secara gratis.

Ketika mengirim pesan berukuran raksasa, sistem cloud storage Telegram bisa mengirim file hingga 1,5 GB sementara aplikasi lain seperti Whatsapp membatasi pengiriman filenya dan hanya mampu mengirim file tidak lebih dari 100 MB saja.

Cara Menggunakan Cloud Storage Telegram

Untuk menggunakan cloud storage Telegram guna menyimpan file maka kita bisa menggunakan bot Telegram. Berikut ini penjelasan mengenai bot cloud storage yang ada di Telegram:

1. Nama Bot Cloud Storage Telegram

Jika kita mencari bot cloud storage di aplikasi Telegram maka akan ada banyak sekali bot yang muncul. Namun ketika kita ingin menggunakan bot tersebut untuk menyimpan file, eh malah tidak bisa digunakan. 

Namun setelah saya telusuri, ternyata ada satu bot yang benar-benar berfungsi dan bisa digunakan, nama bot tersebut adalah My Folders. Untuk menemukan bot ini di Telegram bisa menggunakan username @Folders_Bot.

2. Link Bot Telegram Cloud Storage

Untuk mencari dan mengakses bot di Telegram biasanya kita menggunakan nama ataupun username.  Namun terkadang ada banyak sekali kueri yang muncul sehingga kita bingung mana yang benar-benar asli. Untuk memudahkan maka kita maka bisa menggunakan link atau url. Link bot My folders adalah https://t.me/Folders_Bot.

3. Cara menggunakan Bot My Folders Untuk Menyimpan File di Telegram

Cara menggunakan bot My Folders untuk menyimpan file di cloud storage sangat mudah. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama, buka aplikasi Telegram
  • Kemudian ke kolom pencarian dan masukkan nama atau username bot My Folders. Jika botnya sudah muncul, silahkan di klik. Untuk lebih mudahnya, kamu bisa klik link yang sudah saya cantumkan diatas dan kamu akan langsung diarahkan ke chatroom bot.
  • Untuk memulai bot, klik Start
  • Karena bot berbahasa Arab, maka ubah bahasanya terlebih dahulu dengan cara klik Language lalu pilih bahasa English
  • Untuk menyimpan file, klik Add Files lalu masukkan file dengan cara klik icon clip kertas

  • Selanjutnya pilih file dari galeri HP kamu lalu klik Kirim

  • Tunggu beberapa saat dan jika sudah terkirim maka file tersebut sudah tersimpan di Cloud Storage Telegram. Kamu bisa melihat berapa file yang sudah kamu simpan di pesan yang muncul di chatroom bot.

Cara Membuka File di Cloud Storage Telegram 

Untuk membuka, melihat maupun mendownload (unduh) file yang tersimpan di cloud storage Telegram, kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Pertama, masuk ke bot My Folders kemudian filih fitur My Files

  • Selanjutnya akan muncul pesan file yang sudah tersimpan di Cloud Storage. Klik File tersebut dan akan dimunculkan secara otomatis di chatroom bot

  • Kamu juga bisa mengklik Search untuk mencari dan melihat file yang tersimpan

Kesimpulan dan Penutup

Jadi dengan menggunakan Cloud Storage di Telegram, kita bisa menghemat ruang penyimpanan kita di HP. Disamping itu file yang telah kita upload tidak akan hilang dan akan tetap tersimpan dengan di penyimpanan awan.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Menggunakan Cloud Storage di Telegram, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard