Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menyimpan File di Telegram

Selamat datang di situs Blogger Toraja. 

Telegram merupakan salah satu aplikasi chat dengan segudang fitur yang sangat membantu. Bukan hanya digunakan untuk chatingan namun Telegram juga bisa digunakan untuk mencari file berupa gambar, video, dokumen (.docs), pdf, ppt, xls, dng, preset dan lain sebagainya kemudian menyimpan file tersebut ke HP atau komputer kita. 

File-file tersebut bisa kita dapatkan di grup, channel maupun bot yang sudah tersedia di Telegram. 

Namun terkadang, ketika kita mendownload file dari Telegram file tersebut belum tersimpan ke perangkat kita misalnya kita mendownload foto, video ataupun lagu. Ada cara-cara tersendiri yang harus kamu lakukan agar file tersebut bisa tersimpan di internal storage kamu.

Nah pada pembahasan kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara menyimpan file yang telah di download di Telegram beserta mengetahui dimana file Telegram yang sudah di download tersimpan di HP kamu. 

Cara Menyimpan (Save) File di Telegram  

Berikut ini cara save file ke perangkat kita yang telah di download di Telegram dengan mudah. 

1. Cara Menyimpan Video, Gambar, dan Lagu di Telegram

Mungkin kamu sering mendownload video, gambar maupun lagu/musik/audio/Voice Note (VN) di Telegram namun setelah dicek di galeri atau playlist lagu, file yang telah di download tadi tidak tersimpan. Nah untuk menyimpan video, gambar maupun lagu di Telegram kamu bisa mengikuti caranya dibawah ini:

  • Pertama, buka aplikasi Telegram
  • Kemudian download file (video, gambar, lagu) terlebih dahulu. 
  • Untuk mensave unduhan, klik titik tiga pada file yang sudah di download. 
  • Selanjutnya pilih Save to gallery atau Save to downloads. 

Dengan demikian video, gambar ataupun lagu yang sudah di download tadi telah tersimpan ke galeri dan playlist dan bisa langsung digunakan. 

2. Cara Menyimpan Dokumen di Telegram

Telegram menyediakan banyak sekali dokumen yang bisa kamu download dalam berbagai macam bentuk format file mulai dari pdf, word (.docs), excel (.xls), powerpoint (.ppt), .txt, dan lain sebagainya. 

Setelah dokumen tersebut di download tidak akan langsung tersimpan secara otomatis ke perangkat. Untuk menyimpannya, hampir sama ketika menyimpan video, gambar maupun lagu yakni mengklik titik tiga pada dokumen lalu pilih Save to downloads. 

Maka secara otomatis file dikumen tersebut akan tersimpan ke folder di HP ataupun di komputer kamu. 

Dimana File Telegram Tersimpan di Android dan Iphone? 

Mungkin kamu bertanya-tanya, dimana file Telegram yang sudah didownload tersimpan? Untuk gambar dan video kamu bisa langsung buka di galeri HP lalu cari galeri Telegram. Dan untuk lagu atau audio (mp3) bisa kamu cek di playlist pemutar lagu HP kamu. 

Namun jika ingin menelusuri folder penyimpanan di dalam HP dimana file Telegram tersimpan dalam hal ini video, gambar, suara, maupun dokumen, maka langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama buka Menu aplikasi di HP lalu pilih File →️ Penyimpanan Ponsel

  • Kemudian cari dan pilih folder Telegram

  • Nah disitu kamu akan menemukan beberapa folder yang sudah dikategorikan menurut jenis file seperti Audio, Documents, Images dan Video. Semua file yang sudah diunduh di Telegram tersimpan di folder tersebut. 

  • Untuk melihat file, klik foldernya maka kamu akan menemukan kumpulan file yang sudah didownload

Dengan demikian kamu sudah mengetahui dimana file Telegram yang sudah didownload tersimpan di HP kamu dan selanjutnya bisa kamu gunakan untuk berbagai macam keperluan misalnya mengedit file, memindahkan, mengirim, dan sebagainya. 

Kesimpulan dan Penutup

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Menyimpan File di Telegram. Semoga artikel yang saya tulis ini dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu. Terima kasih. 

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard