Cara Agar PPT PowerPoint Tidak Berubah Saat Dikirim

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

PowerPoint merupakan salah satu aplikasi yang sangat berguna dalam kehidupan kita. Melalui PowerPoint, kita bisa membuat sebuah presentasi yang menarik dan juga keren karena aplikasi ini memiliki banyak sekali tools pendukung untuk hal tersebut. 

Biasanya PowerPoint banyak digunakan untuk membuat presentasi di dunia kerja, sekolah, kegiatan ibadah, kegiatan formal maupun kegiatan-kegiatan informal.

Namun dalam penggunaannya, ada satu kendala yang biasa dialami oleh pengguna PowerPoint yakni ketika kita membuat presentasi di satu laptop atau komputer kemudian presentasi tersebut dipindahkan ke laptop/komputer lain, font dalam presentasi PPT PowerPoint menjadi berubah dan tidak rapi. 

Tentu ini akan menimbulkan kekhawatiran apalagi jika kamu sudah bersusah payah membuat presentasi dengan desain yang keren dan font yang bagus tapi ketika dibuka di perangkat lain, presentasinya berubah dan tidak sesuai dengan keinginan. Ditambah lagi jika PPT tersebut mendesak untuk digunakan, yah tidak mungkin kamu akan memperbaikinya lagi bukan?

Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini bloggertoraja.com akan memberikan sebuah tutorial atau cara agar file PPT PowerPoint tidak berubah di HP android, IOS (Iphone), classroom, WPS Office, Mac Book, Google Drive, Canva dan lain sebaginya.

Cara Agar PPT PowerPoint Tidak Berubah Saat Dikirim

Sebelum masuk kedalam langkah-langkahnya, perlu saya tekankan bahwa cara ini bisa kamu lakukan di perangkat dimana kamu membuat presentasi PPT PowerPoint, bukan saat sudah dikirim ke tempat lain. Cara ini bisa kamu lakukan di PowerPoint 2010, 2013 dan 2016. Jika sudah paham, maka berikut ini tutorial agar font PPT PowerPoint tidak berubah saat dikirim ke perangkat lain:

  • Pertama, buka aplikasi Microsoft PowerPoint
  • Jika sudah berada di halaman pembuatan presentasi, silahkan klik menu File
  • Selanjutnya pilih Options
  • Di jendela PowerPoint Options, silahkan ke bagian Save lalu ke Preserve fidelity when sharing this presentation dan centang di bagian Embed font in the file. Selanjutnya ubah pengaturan ke Embed all characters (best for editing by other people).
  • Terakhir klik OK untuk menyimpan setting.

Nah dengan demikian presentasi kamu tidak akan berubah saat dikirim dan dibuka di tempat lain. 

Cara Save PPT PowerPoint Agar Tidak Berubah dan Berantakan

Jika sudah melakukan langkah-langkah pertama diatas, maka kamu tinggal save (menyimpan) file PPT PowerPoint kamu dan dijamin tampilannya tidak akan berantakan dan berubah saat dibuka di tempat lain. Berikut ini cara save PPT agar tidak berantakan dan berubah saat dibuka:

  • Pertama, klik menu File

  • Selanjutnya pilih Save As ComputerBrowse
  • Selanjutnya tentukan folder dimana kamu akan menyimpan filenya di laptop/komputer kamu. Di bagian File name, isi dengan nama file dan jika sudah klik Save

Jika sudah tersimpan maka kamu bisa mencoba memindahkan file PPT PowerPoint tersebut ke perangkat lain dan dijamin pasti huruf dan tampilannya tidak akan berubah dan juga tidak akan berantakan lagi.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Agar PPT PowerPoint Tidak Berubah Saat Dikirim, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga