Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menyimpan Pesan Email ke PDF di PC

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Gmail merupakan salah satu layanan pesan surel atau surat elektronik dengan pengguna paling banyak sekarang ini. Rata-rata orang yang memiliki gadget atau PC (laptop dan komputer) pasti memiliki akun email di Gmail. 

Gmail memiliki banyak sekali fungsi disamping untuk mengirimkan surat elektronik kepada orang lain, gmail juga biasanya digunakan untuk melakukan registrasi di berbagai platform media sosial seperti facebook, instagram, youtube, tiktok dan lain sebagainya. Bukan hanya itu saja, banyak aplikasi di smartphone maupun PC menggunakan G-mail sebagai salah satu syarat untuk registrasi. 

Nantinya jika ada kendala atau pemberitahuan seputar aplikasi tersebut, maka pesan elektronik akan dikirimkan oleh CS melalui G-Mail untuk dibaca oleh pengguna.

Kita juga bisa menyimpan pesan Email yang dikirimkan di Gmail langsung ke perangkat kita dalam bentuk format file .PDF. Siapa tahu ada surat elektronik penting dari kantor atau perusahaan dan kita diminta untuk mengambilnya maka kita bisa mengubah surel tersebut ke bentuk PDF.

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memberikan sebuah trik atau cara menyimpan (save) dan download pesan email di Gmail menjadi file PDF. Silahkan disimak tutorialnya dibawah ini.

Cara Menyimpan (Save) Email ke PDF di PC (Laptop & Komputer)

Berikut ini langkah-langkah untuk save dan download pesan email kedalam bentuk PDF di laptop dan komputer dengan mudah:

  • Pertama, buka browser Google Chrome di laptop atau komputer
  • Kemudian di kolom pencarian, ketik Gmail dan jika situsnya sudah muncul, silahkan di klik
  • Selanjutnya cari email di Gmail yang ingin kamu ubah ke bentuk file .PDF dan jika sudah dapat silahkan buka email tersebut.
  • Jika emailnya sudah terbuka, klik icon Print (Cetak Semua)
  • Tunggu beberapa saat maka halaman percetakan akan muncul. Di kolom Print, bagian Destination ubah menjadi Save as PDF. Jika sudah klik Save
  • Kemudian tentukan tempat di folder mana kamu ingin menyimpan file PDF ini. Jangan lupa untuk mengatur nama file di File Name lalu klik Save untuk menyimpan file.

Nah dengan demikian email kamu telah diubah menjadi file PDF dan juga telah disimpan kedalam folder komputer/laptop kamu. Selanjutnya file pdf tersebut bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan. Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Menyimpan Pesan Email ke PDF di PC (Laptop dan Komputer), semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Terima kasih

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard