Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menyimpan Word ke PDF di Microsoft Office

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

PDF merupakan akronim dari Portable Document Format. Format berkas ini dibuat oleh Adobe System pada tahun 1993 untuk berbagai macam keperluan misalnya untuk pertukaran dokumen digital.

Kita sudah sangat sering melihat penggunaan dokumen PDF ini dalam kehidupan sehari-hari misalnya di dunia kampus, sekolah maupun dunia kerja. Salah satu contohnya misalnya kita diberikan tugas oleh dosen untuk membuat sebuah makalah di dokumen Word namun sebelum tugas tersebut dikirim harus diubah terlebih dahulu ke bentuk .PDF agar lebih aman.

Untuk melakukan hal tersebut, biasanya kita menggunakan situs convert files yang banyak tersedia di internet maupun aplikasi converter file yang harus diinstal terlebih dahulu ke perangkat kita. 

Baca Juga: Cara Mengubah File Word ke PDF di Telegram

Namun seiring perkembangan zaman, kita tidak perlu lagi repot-repot mengubah file dokumen word ke PDF menggunakan situs maupun aplikasi convert file karena di Microsoft Word sendiri, kita sudah bisa menyimpan dokumen (.doc) kedalam bentuk .PDF secara praktis dan mudah. 

Cara ini bisa digunakan untuk versi Microsoft Word 2010, 2013 dan 2016. Untuk MS Word 2007, saya tidak menemukan jenis penyimpanan dalam bentuk PDF, jadi kemungkinan besar tidak bisa. Untuk itu kamu bisa menggunakan situs atau aplikasi convert file ke PDF untuk mengubahnya.

Cara Menyimpan Dokumen Word ke PDF di Microsoft Office 2010, 2013, 2016

Berikut ini cara mengubah dan menyimpan file word ke PDF di Office 2010, 2013 dan 2016 dengan mudah:

  • Pertama, buka aplikasi Microsoft Word di laptop atau komputer kamu
  • Di halaman kerja, pilih menu File
  • Kemudian pilih Save AsComputerBrowse. Atau kamu juga bisa menekan shortcut Ctrl+S maka jendela Save akan langsung muncul.
  • Selanjutnya tentukan dimana kamu ingin menyimpan dokumen di folder laptop/komputer, atur juga nama file agar mudah ketika dicari pada bagian File name. Lalu di Save as type, ubah Word document menjadi PDF.
  • Terakhir klik Save untuk menyimpan dokumen PDF ke folder.

Nah dengan demikian file Microsoft Word kamu telah diubah ke bentuk pdf dan juga telah tersimpan di folder kamu. Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Menyimpan Word ke PDF di Microsoft Office, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard