Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengetahui Orang Dalam di Perusahaan

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa di Indonesia, sistem kekeluargaan masih sangat kuat terlebih di dunia kerja. Seseorang yang melamar kerja biasanya mengandalkan orang dalam atau orang yang punya jabatan penting di perusahaan atau instansi tempat akan melamar kerja. Orang dalam tersebut akan memuluskan proses masuk untuk bekerja dan biasanya seorang pelamar akan membayar sejumlah uang sebagai pelicin.

Mau tidak mau, suka tidak suka namun inilah yang terjadi. Namun tidak semua perusahaan atau instansi punya kebiasaan seperti ini. Masih banyak kok perusahaan yang mengedepankan kejujuran dan melihat potensi dalam merekrut karyawannya untuk bekerja di perusahaan.

Buat kamu yang mempunyai keinginan untuk bekerja di sebuah perusahaan, instansi atau kantor, tidak ada salahnya bukan mengetahui orang dalam di perusahaan tersebut. Ada sebuah trik yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui orang dalam di sebuah perusahaan atau kantor. Kamu bisa menggunakan cara ini untuk meminta bantuan atau meminta informasi seputar dunia pekerjaan yang ingin kamu geluti tersebut.

Nah pada pembahasan ini, bloggertoraja.com akan membahas bagaimana cara mengetahui orang dalam di dunia kerja dalam hal ini perusahaan, kantor, instansi dan lain sebagainya. Penasaran dengan triknya? Silahkan disimak pembahasannya dibawah ini.

Cara Mengetahui Orang Dalam di Perusahaan, Kantor dan Instansi

Sebelum masuk kedalam triknya, perlu saya tekankan disini bahwa orang dalam yang saya maksudkan disini adalah orang yang bekerja di perusahaan yang dimaksud entah itu sebagai karyawan ataupun bos. Kita tidak tahu orang tersebut mau membantu kamu atau tidak misalnya untuk mencari informasi seputar perusahaan, mengetahui apa saja yang dikerjakan ketika bergabung di perusahaan tersebut, berapa gaji yang didapatkan dan lain-lain.

Namun setidaknya cara ini bisa kamu gunakan untuk mencari tahu, mana tahu ada kenalan kamu yang bekerja diperusahaan tersebut misalnya satu kampus kamu dulu atau senior kamu dan bisa membantu kamu. 

Untuk mengetahui orang dalam di dunia kerja, kita bisa mengandalkan sebuah platform yang berama LinkedIn. LinkedIn merupakan sebuah platform media sosial yang ditujukan untuk kalangan profesional. LinkedIn hadir untuk membantu untuk menjalin networking antar pengguna. Namun bukan cuma untuk urusan sharing foto ataupun bikin status, namun lebih kepada hal yang sifatnya profesional dalam hal ini pekerjaan. Disini, kamu bisa memasarkan diri kamu (bakat dan keahlian) kepada perusahaan atau profesional yang ada disana.

Nah bagaimana cara mencari data-data karyawan di sebuah perusahaan menggunakan platform LinkedIn? Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, download aplikasi LinkedIn di HP android atau IOS atau bisa juga mengunjungi websitenya berikut: https://id.linkedin.com/
  • Jika sudah berada dalam webnya, kamu bisa mendaftar terlebih dahulu menggunakan gmail kamu
  • Sesudah mendaftar, selanjutnya ke kolom pencarian lalu masukkan nama perusahaaan, kantor, instansi yang ingin kamu cari orang dalamnya. Misalnya disini saya ingin mengetahui orang dalam di Pertamina Persero
  • Jika sudah masuk dalam beranda (profil) perusahaan, kemudian pilih Orang
  • Kemudian akan tampil daftar universitas yang alumninya bekerja di perusahaan tersebut. Misalnya disini saya akan memilih UNAIR
  • Nah maka akan tampil orang-orang dari kampus UNAIR yang bekerja di perusahaan Pertamina.

Nah dengan demikian, kamu sudah mengetahui siapa-siapa saja yang berhasil bekerja di perusahaan tersebut. Siapa tahu kamu satu kampus atau ada senior/junior kamu dulu maka kamu bisa menghubunginya untuk meminta bantuan berupa informasi terkait perusahaan yang dimaksud.

Cara Menghubungi Orang Dalam di Dunia Kerja Dengan LinkedIn

Karena kamu sudah tahu bagaimana cara mencari orang dalam di sebuah perusahaan menggunakan LinkedIn maka pembahasan saya selanjutnya adalah bagaimana cara menghubungi orang tersebut. Caranya cukup mudah, kamu tinggal mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Masih di halaman Linkedin pada menu Orang, silahkan cari orang yang kamu kenal dan ingin dihubungi. Jika sudah dapat, klik Terhubung
  • Selanjutnya masukkan pesan yang ingin kamu kirim ke orang tersebut dan jika sudah, klik Tambahkan Pesan

Dengan demikian pesan kamu telah terkirim dan menunggu orang tersebut membalas pesan kamu. Mudah bukan?

Dalam menghubungi orang dalam, usahakan menggunakan bahasa yang sopan karena disini posisi kamu adalah yang membutuhkan bantuan. Jangan sampai pesan kamu tidak dibalas hanya karena kamu tidak tahu tata krama dalam mengirimkan pesan.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Mengetahui Orang Dalam di Perusahaan, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard