Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menampilkan Detik Jam di Android

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Jika kita memperhatikan status bar di HP android, disitu kita bisa menemukan beberapa icon yang muncul seperti notifikasi aplikasi, provider yang digunakan, kekuatan jaringan, jam dan lain sebagainya. Jam di status bar biasanya hanya menunjukkan jam dan menit saja misalnya 14:24 (Jam 14 lewat 24 menit).

Namun kamu masih bisa menambahkan durasi detik di akhir menit tersebut untuk menunjukkan keakurasian waktu. Di beberapa HP android, fitur untuk menambahkan durasi detik tidak ada sehingga harus menginstal aplikasi tambahan terlebih dahulu.

Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menambahkan durasi detik di smartphone android adalah Dev Tools (Android Developer Tools) - Device Info. Aplikasi ini bisa kamu download dan instal secara gratis melalui Playstore.

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan tutorial atau cara menambahkan dan menampilkan detik jam di status bar HP android tanpa root (no root). Silahkan disimak pembahasannya dibawah ini.

Cara Menampilkan Detik Jam di Android Tanpa Root

Untuk menambahkan durasi detik jam di status bar hp android no root, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka Playstore lalu download aplikasi Dev Tools (Android Developer Tools) - Device Info. Jika sudah terdownload, buka dan jalankan aplikasi
  • Di halaman utama aplikasi, scroll kebawah lalu klik SysUI Tunner. Jika muncul pemberitahuan, klik Mengerti
  • Di halaman Penyetel Antarmuka Pengguna, klik Bilah Status → scroll kebawah dan klik Waktu
  • Di pengaturan Waktu, ubah Tampilkan jam dan menit (default) menjadi Tampilkan jam, menit dan detik maka secara otomatis di bilah status HP kamu akan ditambahkan detik pada jam.

Mungkin kamu juga bertanya, bagaimana jika HP kita mati dan dihidupkan kembali? Apakah perlu diatur kembali detiknya? Jawabannya adalah tidak. Sekali kamu sudah mengatur dan menambahkan detik pada jam maka pengaturan tersebut akan permanen diterapkan jadi tidak akan hilang.

Bahkan ketika kamu menghapus atau uninstal aplikasi Dev Tools, durasi detik pada jam di bilah status masih tetap akan muncul. 

Siapa tahu suatu saat kamu mau menonaktifkan detik di jam, kamu tinggal masuk ke aplikasi Dev Tools lalu ubah pengaturan kembali ke Tampilkan jam dan menit (Default).

Kesimpulan dan Penutup

Bagi beberapa HP keluaran terbaru seperti Realme, fitur untuk menambahkan detik di bilah status sudah ada jadi tidak perlu menginstal aplikasi tambahan lagi. Tutorial ini hanya berlaku untuk HP keluaran lama dan belum memiliki fitur tersebut.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Menampilkan Detik Jam di Android, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba.

Tofan Ada' Sura'
Tofan Ada' Sura' Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard