Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Merubah Klise Foto Menjadi Foto Digital

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Buat kamu kelahiran tahun 90-an mungkin sudah tidak asing lagi dengan foto klise dan mungkin kamu juga masih menyimpan benda legend yang satu ini. Pada saat itu roll film masih sangat populer dan digunakan oleh fotografer untuk mendokumentasikan momen menggunakan kamera digital yang lawas atau biasa juga dikenal dengan kamera analog.

Klise adalah jenis film berwarna yang menghasilkan negatif (klise) dengan gambar yang warna komplemennya berasal dari warna objek yang ditangkap. Objek warna merah membentuk cyan (hijau biru), warna hijau akan membentuk warna magenta (merah biru) dan warna biru akan terbentuk warna kuning. Dari klise ini dapat dicetak kemudian menjadi foto berwarna atau disebut juga foto positif.

Saat ini untuk mencetak klise agak sedikit susah karena jasa yang menyediakan cetak roll film negatif sudah sangat jarang ditemui. Hampir semua orang sudah menggunakan foto digital karena mencetak foto digital tergolong praktis dan mudah bahkan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Namun jika kamu masih memiliki klise, jangan dibuang dulu. Kamu masih bisa mengambil foto dari klise tersebut menggunakan aplikasi yang ada di smartphone saat ini. Dan pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara mengubah klise foto menjadi foto digital di HP android dan Iphone.

Aplikasi Untuk Merubah Foto Klise Menjadi Foto Digital

Untuk mengubah klise menjadi foto digital dengan mudah, kamu bisa menggunakan aplikasi scan foto klise di android seperti Photo Negatif Scanner. Aplikasi ini mampu mengubah roll film negatif menjadi foto digital dengan mudah.

Namun jika di HP kamu ada aplikasi editing video seperti PicsArt dan Remini, maka kamu tidak perlu lagi menginstal aplikasi scanner diatas karena kamu bisa mengedit foto klise menjadi foto digital dan dijamin hasilnya tidak akan mengecewakan.

Cara Merubah Klise Foto Menjadi Foto Digital di Android dan Iphone

Untuk membuat foto klise menjadi foto digital di HP android dan IOS, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, foto terlebih dahulu klise menggunakan smartphone kamu dengan memberi pencahayaan pada foto klise. Pada gambar dibawah ini menggunakan lampu duduk yang ada corongnya sehingga cahaya lebih terfokus. 
  • Selanjutnya buka apliasi PicsArt dan masukkan foto kedalamnya lalu pilih menu EffectsColorsNegative
  • Rapikan gambar dengan memotong bagian sudut yang tidak diinginkan dengan cara klik Tools Crop → lalu seleksi dan potong foto. Jika sudah, simpan gambar kedalam galeri
  • Buka aplikasi Remini lalu pilih Enhance →  pilih foto dari galeri → klik icon Centang ✔ lalu tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai
  • Jika sudah maka kamu akan melihat foto klise tadi yang sudah diubah menjadi gambar digital dalam bentuk yang jernih dan tidak kabur
  • Selanjutnya ke halaman utama aplikasi Remini lalu pilih MoreColorize → klik icon Centang ✔ dan tunggu beberapa saat
  • Jika prosesnya sudah selesai maka kamu akan melihat gambar dari foto klise tadi sudah berwarna dan terlihat lebih realistis dan hasilnya tak kalah dengan foto digital.

Cara ini memang agak sedikit ribet jika dibandingkan ketika kita menggunakan aplikasi scanner klise foto negatif. Namun cara ini mampu menghasilkan gambar yang jauh lebih baik dan lebih jernih dibandingkan ketika menggunakan aplikasi scanner.

Namun itu semua tergantung pada diri kamu, apakah mau menggunakan cara ini yang agak sedikit ribet ataukah mengunakan yang instan.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Merubah Klise Foto Menjadi Foto Digital di HP Android dan Iphone, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba.

Disclaimer: semua gambar dalam artikel ini bersumber dari akun facebook Arfi Yuzar

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard