Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Apakah Nonton Film di Telegram Legal?

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Telegram merupakan salah satu aplikasi chat terbaik saat ini yang bisa kamu download dan instal di HP android, IOS maupun di laptop dan komputer.

Telegram memiliki banyak sekali kelebihan dibandingkan dengan aplikasi chat lainnya, salah satunya Telegram bisa digunakan untuk menonton film, anime, maupun video secara gratis. Bukan hanya itu, kita juga bisa mendownload video yang ada di Telegram dan menyimpan langsung ke perangkat kita dengan cepat.

Artikel Terkait: Cara Nonton (Streaming) dan Download Film di Telegram

Ada banyak sekali film yang bisa dinonton secara gratis di Telegram, mulai dari anime, animasi, film korea, film jepang, film thailand, film horor, film kartun, bahkan film atau video dewasa yang hanya bisa dinonton usia 18 tahun keataspun tersedia di Telegram dan bisa diakses semua kalangan dengan mudah tanpa memandang umur.

Ada banyak pertanyaan mengenai menonton film di aplikasi Telegram seperti: apakah menonton film di Telegram legal atau ilegal? Apakah nonton di Telegram termasuk aman? Semua pertanyaan-pertanyaan tersebut akan dibahas bloggertoraja.com pada ulasan kali ini.

Apakah Nonton Film di Telegram Legal atau Illegal?

Sebenarnya menonton film atau video di Telegram itu tidak boleh karena termasuk tindakan illegal. Menonton di Telegram sama halnya ketika kamu nonton film bajakan dan gratis di situs website atau aplikasi streaming film free.

Hal tersebut disebabkan karena film yang diupload di channel, grup maupun bot Telegram adalah film yang di download dari streaming film illegal dan di reupload kembali. Pembuat film tidak mendapatkan keuntungan apa-apa dari film yang direupload tersebut.

Namun tidak selamanya juga film atau video yang ada di Telegram illegal yah. Ada juga film legal di Telegram misalnya film yang diupload secara resmi oleh akun-akun official dan sudah mendapatkan lisensi atau ijin penayangan secara resmi. Akun ini biasanya memiliki centang biru di belakang namanya.

Apakah Telegram Akan Diblokir di Indonesia?

Menyoroti tentang maraknya konten ilegal yang bisa diakses melalui aplikasi Telegram seperti film, video, dokumen, aplikasi dan lain-lain. Juga perihal aduan masyarakat yang merasa dirugikan maka Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sejak Januari 2021 telah memperketat film-film dan konten streaming yang dinilai ilegal yang tayang di aplikasi Telegram.

“Untuk platform messenger seperti Telegram, karena bersifat privat, Kominfo dapat mengajukan pemblokiran atau suspend akun atau channel Telegram yang dilaporkan tersebut, dan berkoordinasi dengan Ditjen KI Kemenkumham,” kata Juru Bicara dan Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Digital dan Sumber Daya Manusia, Dedy Permadi dilansir CNNIndonesia beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut ada tiga sumber aduan yang menjadi pertimbangan untuk penutupan Telegram di Indonesia yakni:

  • Aduan dari berbagai pihak di antaranya masyarakat,
  • Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham),
  • Pelaku usaha perfilman yang dirugikan karena pembajakan.

Apakah Nonton di Telegram Termasuk Aman?

Kalau berbicara masalah aman atau tidak aman, sebenarnya nonton film di Telegram termasuk aman karena kamu tinggal memutar film dengan cara menekan icon play atau mengunduh film dengan cara menekan icon unduh tanpa harus mengklik link-link yang berpotensi pishing  atau menyesatkan.

Tapi kembali lagi pada persoalan film di Telegram adalah film bajakan sehingga akan merugikan banyak pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan film tersebut.

Kesimpulan

Mulai dari sekarang, biasakanlah jangan menonton film bajakan. Hargailah usaha orang yang telah bersusah payah membuat film tersebut. Kita tinggal menikmati, apa salahnya mengeluarkan sedikit uang untuk berlangganan di aplikasi streaming film legal seperti Netflix, Viu, Hooq, iQIYI, dan lain-lain. Jika kamu suka nonton anime, kamu bisa nonton di channel youtube Muse Indonesia karena di channel tersebut sudah mendapatkan lisensi penayangan resmi untuk tiap anime yang diupload.

Demikianlah pembahasab saya mengenai Nonton Film di Telegram Legal atau Illegal? Semoga pembahasan ini dapat membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Tofan Ada' Sura'
Tofan Ada' Sura' Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard