Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Android

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Pernah gak kamu mengalami suatu kejadian dimana kamu secara tidak sengaja menghapus foto-foto dalam HP kamu padahal foto tersebut adalah foto yang penting? Bisa saja foto tersebut adalah foto kamu dengan psangan, foto liburan, foto dengan keluarga, foto suatu kejadian penting dan lain-lain.

Sayapun beberapa kali melakukan hal ini ketika menghapus foto-foto yang tidak penting di HP tapi saya malah salah seleksi dan memilih foto yang tidak seharusnya dihapus. Jika memang demikian, kamu tidak perlu khawatir karena pada pembahasan ini bloggertoraja.com akan memberikan solusinya.

Tidak semua HP android memiliki fitur bawaan yang dapat merecovery file yang sudah terhapus termasuk foto secara otomatis. Namun ada beberapa aplikasi yang bisa kamu download dan instal di HP yang bisa digunakan untuk mengembalikan foto yang terhapus permanen bahkan sudah terhapus lama.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android Tanpa Aplikasi

Jika foto baru dihapus maka kamu bisa memulihkannya secara langsung tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Biasanya foto tersebut masih akan muncul selama 30 hari di galeri pada folder Baru saja dihapus dan setelah 30 hari maka akan dihapus secara permanen dari smartphone kamu. 

Namun tidak semua HP android memiliki fitur ini. Hanya handphone keluaran terbaru saja yang memiliki fitur bawaan seperti ini. Nah untuk mengembalikan foto yang baru saja terhapus di HP android tanpa aplikasi tambahan, berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, buka Menu lalu pilih Galeri
  • Scroll album foto kebawah sampai kamu menemukan album Baru saja dihapus
  • Disitu kamu akan menemukan kumpulan foto dan video yang baru saja dihapus dari HP kamu. Klik foto yang ingin dipulihkan
  • Selanjutnya klik Pulihkan maka secara otomatis foto akan direcovery dan akan muncul di galeri pada album dimana foto tersebut terhapus.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen di HP Android

Jika kamu sudah mencari fotonya di album Baru saja terhapus dan kamu tidak menemukan foto yang dimaksud, itu artinya fotonya sudah terhapus secara permanen. Namun kamu tidak perlu khawatir karena kamu masih bisa mengembalikannya dengan bantuan aplikasi File Recovery - Recovery Deleted Files.

Berikut ini tutorial mengembalikan foto yang terhapus permanen di HP android dengan mudah dan cepat:

  • Pertama, buka Playstore lalu di kolom pencarian, cari aplikasi File Recovery. Biasanya aplikasi ini berada di urutan kedua di Playstore.
  • Instal aplikasi File Recovery - Recovery Deleted Files lalu buka aplikasinya
  • Untuk memulai, klik Let's Start
  • Kemudian klik Photo Recovery untuk memindai foto dan gambar yang telah terhapus permanen di HP android kamu.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses scan file selesai
  • Jika sudah maka akan dimunculkan semua file foto/gambar yang sudah terhapus selama ini di HP kamu. Silahkan cari dan klik foto yang akan dipulihkan atau dikembalikan.
  • Terakhir, klik Restore Now maka secara otomatis foto akan diambil kembali dan tersimpan di galeri HP kamu.

Bukan hanya digunakan untuk mengembalikan foto namun aplikasi File Recovery - Recovery Deleted Files juga bisa digunakan untuk mengembalikan file video maupun audio/lagu/suara yang sudah terhapus secara permanen dari HP kamu bahkan jika file tersebut sudah terhapus dalam waktu yang lama.

Nah bagaimana? Mudah bukan mengembalikan gambar yang sudah terhapus di smartphone android?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Lama dan Permanen di HP Android, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba dan terima kasih.

Disclaimer: sebagian gambar dalam artikel ini bersumber dari akun Tiktok @ginicaranyaofficial

Tofan Ada' Sura'
Tofan Ada' Sura' Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard