Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Parafrase Skripsi Online Otomatis

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Bagi mahasiswa, skripsi merupakan tugas akhir yang wajib untuk dikerjakan. Bahkan skripsi juga merupakan salah satu penentu mahasiswa bisa lulus atau tidak lulus dari kampus. Dari seluruh mata kuliah yang pernah ditawar, skripsi memiliki bobot SKS paling besar dibandingkan dengan mata kuliah yang lain.

Banyak mahasiswa akhirnya menyerah pada tahap pengerjaan skripsi karena berbagai macam alasan misalnya:

  • Dosen pembimbing meminta revisi terus menerus
  • Topik yang dibahas tidak dikuasai dengan baik
  • Selalu menunda-nunda untuk mengerjakan skripsi
  • Dosen pembimbing sulit untuk ditemui sehingga mahasiswa tidak pernah mendapat bimbingan, dan lain-lain.

Namun kebanyakan yang saya lihat, mahasiswa banyak menyerah karena korban dosen pembimbing yang tidak bisa ditemui atau bahkan korban dosen pembimbing yang meminta revisi terus menerus. Biasanya yang paling banyak disoroti dosen pembimbing adalah tingkat plagiasi skripsi ketika di cek di turnitin masih tinggi, isi skripsi yang ngawur dan tidak sesuai topik, penggunaan kalimat dan tanda baca yang masih berantakan dan lain-lain.

Untuk masalah plagiarisme yang masih tinggi, kamu bisa menulis ulang isinya dengan gaya bahasa yang berbeda namun hal tersebut tentu akan memakan waktu yang lama apalagi jika isi yang terkena plagiasi cukup banyak. Untuk mengakali hal tersebut, kamu bisa menggunakan teknik parafrase otomatis.

Apa Itu Parafrase Otomatis?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti parafrase adalah (1) pengungkapan kembali suatu tuturan dari sebuah tingkatan atau macam bahasa menjadi yang lain tanpa mengubah pengertian; (2) penguraian kembali suatu teks (karangan) dalam bentuk (susunan kata-kata) yang lain, dengan maksud untuk dapat menjelaskan makna yang tersembunyi.

Sederhananya, Parafrase adalah menulis ulang sebuah teks, tulisan atau perkataan orang lain dengan menggunakan kata-kata yang berbeda tetapi maknanya tetap sama sehingga lebih mudah untuk dipahami.

Jadi bisa disimpulkan bahwa parafrase otomatis adalah sebuah teknik menulis ulang sebuah tulisan dengan bahasa yang berbeda namun maknanya tetap sama menggunakan tools parafrase otomatis. Tools tersebut bisa berupa aplikasi parafrase atau situs website parafrase online dan otomatis

Website Parafrase Skripsi Online dan Otomatis

Untuk melakukan parafrase skripsi secara otomatis, online dan gratis tanpa aplikasi tambahan, ada banyak situs website di internet yang bisa kamu gunakan, salah satunya Edit Pad - Editor Teks Online & Wordpad Untuk Catatan.

Adapun fungsi dari website ini adalah untuk menulis dan mengedit teks dalam waktu singkat, membuat catatan online tanpa harus menginstal perangkat lunak edit teks, mengecek plagiarisme tulisan, mengecek dan memperbaiki grammar, memparafrase tulisan entah itu makalah, skripsi, jurnal, tesis, disertasi dan masih banyak tools lainnya.

Cara Parafrase Skripsi Online Agar Bebas Plagiasi

Berikut ini cara parafrase skripsi, makalah, jurnal, paper, disertasi, tesis, dll secara online dan otomatis agar terhindar dari plagiarisme/plagiasi di turnitin checker:

  • Pertama buka broser (google chrome, mozilla firefox, opera mini, dll) di laptop/komputer atau HP kamu
  • Di kolom pencarian, ketik kata kunci "Editpad" lalu cari. Jika webnya sudah muncul, silahkan di klik.
  • Jika sudah dalam webnya, klik icon Menu lalu pilih Paraphrasing Tool
  • Selanjutnya ubah bahasa terlebih dahulu sesuai dengan isi karya ilmiah kamu, misalnya disini saya akan mengubahnya ke bahasa Indonesia
  • Kemudian upload file yang akan diparafrase dengan cara klik icon Upload Files → pilih file dalam dokumen word, pdf, atau txt → Open
  • Jika sudah terupload, klik Parafrase Itu
  • Tunggu beberapa saat sampai teks kamu selesai di parafrase dan hasilnya akan muncul di jendela sebelah kanan
  • Untuk menyimpan hasil parafrase skripsi, klik Download File

Selain memparafrase sebuah teks atau tulisan secara otomatis, tools ini juga bisa kamu gunakan untuk mengecek plagiarisme sebelum disimpan kedalam dokumen.

Cara diatas adalah cara untuk memparafrase satu file. Jika kamu ingin memparafrase sebagian teks saja dalam sebuah file maka kamu bisa menyalin bagian teks yang akan diparafrase kemudian menempelkannya (paste) di kolom tools Edit Pad yang sudah tersedia.

Tutorial parafrase Skripsi ini tidak hanya berlaku di PC (laptop dan komputer) saja namun bisa juga kamu lakukan di HP android dan IOS (Iphone, mac, dll).

Nah bagaimana? Mudah bukan? Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Parafrase Skripsi Online Otomatis. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat, selamat mencoba dan terima kasih.

Tofan Ada' Sura'
Tofan Ada' Sura' Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard