Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Merubah PDF ke Word di Laptop Offline

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

PDF merupakan sebuah format dokumen yang paling sering ditemui dan digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari untuk menunjang pekerjaan dan pendidikan kita. PDF atau biasa juga dikenal dengan Portable Document Format adalah sebuah format file yang dibuat dan dikembangkan oleh Adobe Systems untuk mempermudah kita dalam kegiatan pertukaran dokumen secara digital. Secara langsung, format PDF ditujukan untuk membuat representasi file dua dimensi yang berisikan huruf, teks, garis, hingga vektor.

Biasanya ketika mengirim file seperti file word (.docs), terlebih dulu kita diminta mengubahnya ke PDF agar dokumen tersebut aman dan juga tidak berantakan ketika dibuka di perangkat lain misalnya di HP atau komputer.

Untuk mengedit dokumen word yang diubah ke PDF dan sudah dikirim, kita bisa melalukannya secara langsung di HP menggunakan aplikasi WPS Office atau di PC menggunakan Adobe Reader. Namun sayangnya fitur pengeditan dokumen dalam aplikasi tersebut sangat terbatas. Oleh karena itu, agar kita bisa lebih leluasa mengedit file maka kita bisa mengubah file PDF ke word kembali.

Nah pada pembahasan ini, bloggertoraja.com akan membahas mengenai cara mengubah PDF ke word di PC, laptop dan komputer agar bisa diedit secara offline tanpa aplikasi tambahan.

Cara Merubah PDF ke Word di Laptop Offline Tanpa Aplikasi

Biasanya untuk mengubah file PDF ke Word di laptop, kita menggunakan situs convert files PDF to Word online seperti smallpdf atau i love pdf. Namun jika kamu tidak mempunyai koneksi internet, kamu bisa menggunakan Microsoft Word versi terbaru seperti Word, 2013, 2016 dan 2019 untuk ubah PDF ke Word.

Nah beriut ini cara ubah PDF ke Word (docs, doc, docx) di PC, laptop dan komputer secara offline tanpa aplikasi tambahan:

  • Pertama, buka aplikasi Microsoft Office Word
  • Selanjutnya ke menu Insert lalu pilih Object
  • Kemudian pilih Text from File...
  • Jika jendela Insert File sudah terbuka, klik folder tempat dokumen PDF tersimpan → pilih file PDF → Insert
  • Jika ada jendela pemberitahuan muncul, klik Yes
  • Maka dokumen PDF akan terbuka di halaman MS Word dan bisa kamu edit sesuka hatimu.

Dokumen PDF yang dibuka di Microsoft Word dengan cara ini, tampilan dokumennya rapi dan sama ketika masih dalam format file PDF. Jika kamu sudah selesai mengedit dokumennya maka kamu bisa menyimpan kembali dokumen tersebut dalam bentuk format file word (.docs).

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Merubah PDF ke Word di Laptop Offline, semoga pembahasan ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba dan terima kasih.

Tofan Ada' Sura'
Tofan Ada' Sura' Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard