Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Daftar Gambar Otomatis di Word

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Saat membuat tugas di Microsoft Word misalnya skripsi, jurnal, makalah, paper, dan lain sebagainya biasanya kita mencantumkan gambar-gambar pendukung. Tiap gambar yang sudah dimasukkan kedalam dokumen biasanya diberi keterangan dan nantinya gambar yang sudah dimasukkan juga dibuatkan semacam daftar gambar (seperti daftar isi) dan dicantumkan pada lampiran atau daftar pustaka.

Fungsi dari daftar gambar adalah untuk memberi informasi kepada pembaca mengenai lokasi gambar dan letaknya dalam sebuah dokumen. Kurang lebih fungsinya seperti daftar isi.

Biasanya, untuk memberi keterangan pada gambar dan membuat daftar gambar, kita melalukannya secara manual. Namun cara tersebut tergolong kuno dan juga lama. Apalagi jika gambar yang kita masukkan kedalam dokumen lumayan banyak. Bisa-bisa kita dibuat bingung dan pusing dalam mencocokkan halaman, bab dan lokasi gambar saat membuat daftar gambar pada lampiran. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa membuat daftar gambar secara otomatis di Microsoft Word.

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat daftar gambar otomatis di Microsoft Word 2007, 2010, 2013, 2016 dan 2019. Silahkan disimak pembahasannya berikut.

Cara Membuat Daftar Gambar Otomatis di Word 2007, 2010, 2013, 2016, 2019

Pada tutorial kali ini, saya menggunakan Microsoft Word 2013, namun cara ini tidak jauh berbeda bagi pengguna word 2007, 2010, 2016 dan 2019. Berikut ini tutorial membuat daftar gambar di Word secara otomatis:

  • Pertama, buka aplikasi Microsoft Word di laptop atau komputer
  • Masukkan gambar kedalam halaman kerja dengan cara klik menu InsertPictures
  • Buka folder tempat menyimpan gambar → pilih gambar → Insert. Lakukan cara ini untuk memasukkan gambar lainnya kedalam lembar kerja word.
  • Jika gambar sudah ada dalam halaman kerja, klik kanan pada gambar lalu pilih Insert caption...
  • Selanjutnya, klik New Label... lalu isi kolom laber yang terbuka, misalnya disini saya menggunakan label Gambar. Jika sudah, klik OK
  • Klik OK satu kali lagi untuk menyimpan pengaturan. 
  • Jika kamu punya gambar lainnya, lakukan langkah-langkah diatas maka hasilnya akan tampil seperti gambar dibawah ini.
  • Selanjutnya buat halaman baru yang akan digunakan untuk membuat daftar gambar. Jika sudah, klik menu References lalu pilih Insert Table of Figures
  • Jika jendela Table of Figures sudah terbuka, selanjutnya sesuaikan tampilan daftar gambar yang akan tampil nantinya. Misalnya di Tab leader untuk mengganti model titik-titik, Caption label untuk mengganti dan memilih label yang sudah dibuat tadi, Print Preview untuk melihat cuplikan tampilan daftar gambar dan lain sebagainya. Jika sudah, klik OK.
  • Jika sudah maka daftar gambar telah berhasil dibuat dan tampilannya akan sama seperti gambar dibawah ini.

Berhubung saya hanya memasukkan dua gambar kedalam halaman kerja word dan semua gambar ada di halaman 1 maka tampilannya seperti diatas. Namun jika kamu memasukkan banyak gambar pada halaman yang berbeda, daftar gambar akan mengikuti caption dan nomor halaman dimana gambar tersebut berada.

Apabila kamu memindahkan gambar dan caption tersebut maka isi pada daftar gambar juga akan turut berubah. Jadi kamu tidak perlu repot-repot lagi menggantinya jika ada perubahan, perpindahan atau penghapusan gambar karena semuanya akan berubah secara otomatis.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Daftar Gambar Otomatis di Word 2007, 2010, 2013, 2016, 2019. Semoga pembahasan ini dapat membantu dan bermanfaat, selamat mencoba dan terima kasih.

Tofan Ada' Sura'
Tofan Ada' Sura' Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard