Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memotong (Crop) Gambar di PowerPoint

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Microsoft PowerPoint merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat presentasi di laptop atau komputer. Kamu bisa membuat presentasi menarik dan juga keren karena di aplikasi ini ada banyak sekali tools yang mendukung. 

Dalam membuat presentasi di PowerPoint, salah satu element yang paling sering kita tambahkan adalah gambar atau foto. Gambar bisa mendukung penjelasan materi yang sedang kita paparkan melalui slide sehingga audiens yang melihat dan mendengar presentasi kita akan lebih mudah memahami isi materi.

Gambar yang sudah dimasukkan kedalam slide presentasi kemudian bisa kamu edit langsung misalnya menghapus background gambar, memberi warna, memberi efek, menambahkan teks bahkan kamu juga bisa memotong atau crop gambar di aplikasi ini.

Pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara memotong gambar di PowerPoint. Nantinya kamu bisa mengcustom sendiri bagian gambar yang ingin kamu potong dan hilangkan. Disamping itu, kamu juga bisa crop gambar menggunakan pola atau shape maupun menggunakan rasio perbandingan agar didapatkan ukuran gambar yang ideal untuk presen

tasi.

Cara Memotong Gambar di PPT PowerPoint

Pada pembahasan kali ini, saya akan mengcrop gambar atau foto menggunakan PowerPoint 2013 namun cara ini juga tidak jauh berbeda di versi PowerPoint 2007, 2010, 2016 dan 2019.

Berikut ini tutorial memotong atau crop gambar agar sesuai bentuk dan objek di PPT PowerPoint:

  • Pertama, buka aplikasi PowerPoint di laptop atau komputer.
  • Masukkan gambar kedalam slide presentasi dengan cara klik menu InsertPictures
  • Buka folder tempat kamu menyimpan gambar → pilih gambar → Insert
  • Untuk memotong gambar, klik gambar yang sudah berada dalam slide → FormatCrop
  • Drag (geser) icon warna hitam yang muncul di tiap sudut gambar untuk menyeleksi area yang akan dipotong dan dibuang. Jika sudah diseleksi klik Crop


  • Maka gambar akan terpotong secara otomatis.

Cara Crop Gambar Menjadi Bentuk Objek (Shape) di PowerPoint

Kamu juga bisa memotong atau crop gambar di PowerPoint sesuai dengan bentuk objek shape misalnya lingkaran, segi lima, segi tiga, bintang dan lain sebagainya. Tutorialnya sebagai berikut:
  • Klik gambar yang sudah ada dalam slide lalu pilih FormatCropCrop to Shape
  • Pilih bentuk shape yang akan diterapkan untuk memotong gambar. Sebagai contoh disini saya menggunakan segi lima
  • Jika sudah maka gambar akan terpotong sesuai dengan bentuk pola yang kita pilih dan hasilnya akan tampil seperti gambar dibawah ini.

Cara Memotong Foto Dengan Aspect Rastio di PowerPoint

Ketika menggunakan PowerPoint Template (PPT), ada bagian yang bisa kita tempati untuk memasukkan gambar atau foto. Namun ukurannya telah disesuaikan agar kelihatan lebih rapi misalnya 1:1, 2:3, 3:2, 16:9 dan lain sebagainya. Kamu bisa memotong gambar menggunakan perbandingan tersebut, tutorialnya sebagai berikut:
  • Klik gambar yang ada dalam slide presentasi lalu ke menu FormatCropAspect Ratio
  • Kemudian pilih perbandingan rasio yang ingin kamu gunakan untuk memotong gambar, misalnya disini saya menggunakan 4:5
  • Gambar kemudian akan terseleksi secara otomatis berdasarkan Aspect Ratio yang dipilih. Untuk memotong gambar, klik Crop
  • Maka gambar akan terpotong secara otomatis dan hasilnya akan tampil seperti dibawah ini.

Bagaimana? Mudah bukan memotong gambar menggunakan aplikasi Microsoft PowerPoint?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Memotong (Crop) Gambar di PowerPoint 2007, 2010, 2013, 2016, 2019. Semoga dapat membantu dan bermanfaat, selamat mencoba dan terima kasih.

Tofan Ada' Sura'
Tofan Ada' Sura' Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard