Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Tidak Bisa Posting di Halaman Facebook

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Halaman facebook atau biasa juga dikenal dengan fanpage facebook merupakan sebuah halaman khusus yang digunakan secara individual maupun organisasi yang tujuannya untuk kebutuhan bisnis ataupun kebutuhan pribadi. Fanpage biasanya menyediakan beragam informasi seputar pendidikan, kesehatan, dunia bisnis, humor (komedi) dan lain sebagainya tergantung topik apa yang hendak dibuat dan dipublikasikan melalui fanpage faebook tersebut.

Sebuah halaman facebook tidak hanya bisa dikelola oleh satu orang saja. Untuk lebih mengoptimalkan peran dan penggunaan halaman facebook dibutuhkan beberapa orang yang memang terpercaya dan berkompeten untuk mengelolahnya entah itu perannya sebagai editor, moderator, pengiklan, dan analisis. Peran admin bisa kamu berikan kepada orang yang dipercaya ataupun hanya kamu saja sebagai pembuat halaman karena adminlah yang bertanggung jawab dan memegang kendali penuh dalam fanpage facebook.

Beberapa waktu yang lalu, saya sebagai seorang pengelola halaman facebook mendapati kendala bersama dengan rekan-rekan admin di fanpage facebook yang kami kelola kurang lebih 3 tahun lamanya. Kendala tersebut berupa tidak bisa mempublish apapun di halaman facebook seperti video, gambar, tulisan, artikel, dan streaming padahal saya sendiri yang membuat halaman facebook itu dan hanya saya yang mempunyai otoritas sebagai admin untuk mengutak atik halaman, teman-teman yang lain hanya memegang peran sebagai editor, moderator dan lain sebagainya.

Setelah menelusuri lebih jauh akhirnya saya mendapatkan letak permasalahannya. Sebagai seorang pengelola halaman facebook yang memang sudah memiliki like yang banyak serta jangkauan yang tidak sedikit diwajibkan untuk meningkatkan keamanan akun facebook agar tidak mudah dibobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab, dan saya rasa walaupun kita tidak memiliki halaman facebook namun pengamanan seperti ini wajib hukumnya kita lakukan terhadap akun facebook kita.

Mungkin bisa kamu bayangkan jika seseorang berhasil masuk kedalam akun facebookmu kemudian menyalahgunakan fanpage facebook tersebut dengan membagikan hal-hal negatif apalagi fanpage tersebut sudah memiliki jangkauan hingga jutaan. Tentu saja hal tersebut sangat berbahaya oleh sebab itu pihak facebook meminta untuk meningkatkan keamanan akun facebook yang kita miliki.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Posting di Halaman Facebook

Nah bagaimana cara meningkatkan keamanan akun facebook? baru-baru ini pihak Facebook merilis sebuah metode untuk meningkatkan keamanan akun yakni Autentikasi Dua Faktor.

Autentikasi dua faktor adalah fitur keamanan yang membantu melindungi akun Facebook kamu selain kata sandi. Jika kamu menyiapkan autentikasi dua faktor, kamu akan diminta untuk memasukkan kode login khusus atau mengonfirmasi percobaan login kamu setiap kali ada seseorang yang mencoba mengakses Facebook dari komputer atau perangkat seluler yang tidak dikenali. Kamu juga bisa memperoleh peringatan ketika seseorang mencoba login melalui komputer yang tidak dikenali.

Untuk mengaktifkan autentikasi dua faktor, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka Pengaturan Keamanan dan Login dengan mengklik di sudut kanan atas Facebook dan pilih Pengaturan → Keamanan dan Login.
  • Scroll kebawah sampai kamu menemukan Gunakan autentikasi dua faktor lalu klik Edit.
  • Pilih metode autentikasi yang ingin kamu tambahkan dan ikuti petunjuk di layar.
  • Klik Aktifkan setelah kamu memilih dan mengaktifkan metode autentikasi.

Setidaknya ada dua metode yang bisa anda gunakan sebagai langkah autentikasi dua faktor tersebut yakni:

  • Kode SMS dari handphone anda
  • kode login dari aplikasi pihak ketika

Ketika ada orang yang ingin login ke akun kamu, terlebih dahulu diminta untuk mengkonfirmasi baik itu melalui kode yang dikirmkan melalui SMS maupun kode login di aplikasi handphone kamu.

Setelah mengaktifkan autentikasi dua faktor, silahkan masuk kedalam fanpage kamu dan coba untuk mempublish sesuatu, dijamin pasti akan langsung bisa. Setiap admin, editor, moderator dan orang yang memegang kendali dalam halaman tersebut wajib melakukan hal ini agar bisa mempublish ke halaman facebook.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Solusi Tidak Bisa Posting di Halaman (Fanpage) Facebook, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba dan terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close