Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mencari Jurnal Internasional Kesehatan Gratis

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Sebagai seorang mahasiswa atau dosen tentunya kita memerlukan referensi untuk mengerjakan berbagai macam tugas seperti membuat makalah, skripsi, essay dan lain sebagainya. Salah satu referensi yang bisa kamu gunakan adalah jurnal penelitian.

Jurnal merupakan publikasi berkala dalam penerbitan akademik yang umumnya berupa laporan penelitian terbaru dengan tujuan untuk memajukan ilmu pengetahuan. Jurnal ilmiah adalah salah satu bentuk media publikasi karya tulis ilmiah.

Buat kamu mahasiswa kesehatan, kedokteran, kebidanan, dan farmasi yang sedang kebingungan dalam mencari referensi jurnal internasional untuk keperluan perkuliahan kamu, kamu tidak perlu pusing lagi. Sekarang ini kamu bisa mengakses berbagai macam jurnal ilmiah internasional secara online dan gratis melalui situs website.

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara mencari jurnal internasional dan nasional bagi akademisi kesehatan, kedokteran, kebidanan, farmasi, dijamin 100% gratis dan bisa kamu download dalam bentuk format file .PDF.

Situs Website Penyedia Jurnal Internasional Kesehatan PDF Gratis

Di internet ada banyak sekali situs website yang menyediakan jurnal kesehatan, kebidanan, keperawatan, kedokteran dan farmasi internasional dalam bentuk PDF dan bisa kamu download secara gratis, salah satunya adalah PubMed - National Library of Medicine.

Pubmed merupakan situs website yang dikhususkan untuk mencari publikasi jurnal yang berhubungan dengan kesehatan. Di situs ini kamu bisa menemukan lebih dari 33 juta literatur biomedis dari Medline, Science Journals dan online book. 

Pubmed sudah tersedia secara online sejak tahun 1996 serta dikembangkan dan dikelola oleh National Center for Biotechnology Information (NCBI) pada U.S. National Library of Medicine (NLM) yang terletak di National Institutes of Health (NIH).

Jurnal yang ada di PubMed berasal dari bidang biomedis dan kesehatan serta disiplin terkait seperti life sciences, behavioral sciences, chemical sciences, dan bioengineering.

Cara Mencari Jurnal Internasional Kesehatan Gratis

Berikut ini cara mencari jurnal kesehatan internasional gratis menggunakan situs website PubMed - National Library of Medicine:

  • Pertama, buka browser (Googel Chrome, Mozilla Firefox, Operamini, etc) di HP atau laptop.
  • Di kolom pencarian ketik PubMed lalu cari. Jika situs web PubMed sudah muncul silahkan di klik
  • jika sudah berada dalam situs websitenya, silahkan ketik jurnal yang ingin kamu cari di kolom yang sudah tersedia lalu klik Search
  • Maka akan muncul semua jurnal yang membahas tentang topik yang kamu ketik tadi. Klik salah satu jurnal yang akan kamu lihat.
  • Untuk membaca atau mendownload jurnal kesehatan tersebut klik bagian bagian Full Text Link atau DOI dan PMCID
  • Kemudian tab baru akan terbuka dimana kamu bisa membaca isi jurnal tersebut secara menyeluruh. Untuk medownload jurnal, scroll sampai bawah dan kamu akan menemukan icon Download. Silahkan klik icon tersebut dan jurnal akan terunduh secara otomatis dalam bentuk file pdf
  • Ketika menggunakan jurnal yang sudah didownload tadi jangan lupa untuk mencantumkan referensi kutipan dalam bentuk daftar isi atau catatan kaki. Kutipannya bisa kamu dapatkan di bagian Action lalu klik Cite. Disini referensi kutipan akan muncul secara otomatis dan bisa kamu salin.

Penting untuk diketahui bahwa cara mendownload jurnal di PubMed akan berbeda-beda. Hal tersebut dikarenakan website PubMed akan mengarahkan kamu ke situs resmi tempat jurnal tersebut telah dipublikasikan dan tiap situs memiliki cara download yang berbeda-beda. Kamu tinggal mencari link download yang tersedia di laman tersebut.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Mencari Jurnal Internasional Kesehatan Gratis, semoga pembahasan ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard