Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menggunakan Template di Capcut

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Capcut merupakan aplikasi edit video yang bisa kamu instal di HP android. Sudah banyak content creator menggunakan aplikasi ini untuk membuat video-video mereka khususnya kreator video di Tiktok. Hal tersebut dikarenakan Capcut memiliki banyak sekali fitur yang bisa digunakan untuk membuat video menarik dan juga keren, salah satunya adalah fitur Template atau preset.

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan membahas segala hal mengenai cara menggunakan template keren di aplikasi Capcut HP android. 

Template Capcut Artinya?

Template atau preset di Capcut merupakan file berekstensi dimana didalamnya terdapat berbagai macam pengaturan video yang sudah dibuat mulai dari efek, sound (musik dan lagu), teks dan lain sebagainya.

Artinya ketika kamu menggunakan template di Capcut, kamu tidak perlu lagi repot-repot mengedit. Kamu tinggal memasukkan foto atau video sesuai dengan kebutuhan preset dan aplikasi akan memproses pengeditan dan pengaturannya secara otomatis. 

Di Capcut tersedia berbagai macam template video yang bisa kamu gunakan secara gratis mulai dari jedag jedug 3D, twibbon video, video aesthetic dan lain-lain.

Cara Mencari Template di Capcut

Ketika sedang asik scrol-scrol beranda sosmed terutama Tiktok biasanya kita melihat editan video yang keren sehingga kita juga ingin membuatnya. Namun karena tidak mahir mengedit maka kita memutuskan menggunakan preset saja. Nah bagaimana cara mencari preset video di Capcut? Berikut tutorialnya:

  • Buka aplikasi Capcut di HP android
  • Di halaman depan aplikasi, klik icon Template lalu ke bar Pencarian
  • Ketik nama template yang ingin kamu cari misalnya disini saya ingin mencari template Jedag Jedug lalu klik icon Search
  • Maka semua template jedag jedug yang ada di Capcut akan muncul dan siap kamu gunakan.

Cara Menggunakan Template di Capcut Tanpa Watermark

Setelah mencari dan menemukan template yang kamu inginkan, kamu bisa menggunakan template tersebut untuk membuat video tanpa watermark. Tutorial menggunakan templatenya sebagai berikut:

  • Klik template yang sudah kamu cari tadi lalu pilih Gunakan Template
  • Pilih video atau foto dari album galeri lalu klik Pratinjau
  • Jika kamu masih ingin melakukan perubahan pada efek, klik Edit dan kamu bisa mengatur volume, memangkas video atau mengganti video.
  • Jika semua sudah diatur, simpan video dengan mengklik Ekspor
  • Lalu pilih Ekspor tanpa tanda air untuk menyimpan video Capcut tanpa watermark ke galeri HP kamu.

Kenapa Capcut Tidak Ada Template?

Aplikasi Capcutmu tidak ada fitur templatenya? Kalaupun ada template Capcut tidak bisa digunakan? Solusi yang bisa kamu lakukan untuk permasalahan tersebut adalah mengupdate aplikasi Capcut ke versi terbaru melalui tempat download aplikasi resmi seperti Playstore.

Dengan mengupdate aplikasi maka kamu bisa mendapatkan pembaharuan terbaru termasuk fitur-fitur baru yang ada di Capcut. Disamping itu, segala macam bug yang meresahkan akan diperbaiki termasuk tidak bisa menggunakan fitur atau fiturnya tidak berfungsi dengan baik.

Kenapa Capcut Tidak Bisa Mengunduh Template?

Kendala lain yang sering dialami para pengguna aplikasi Capcut adalah template Capcut tidak bisa mengunduh sehingga template tidak bisa digunakan dan kalaupun mengunduh akan memakan waktu yang cukup lama. Biasanya penyebab masalah tersebut adalah koneksi internet kamu yang lemot. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengganti provider, berpindah ke tempat yang bagus jaringannya atau meminjam hotspot teman kamu untuk mengunduh template Capcut.

Kesimpulan dan Penutup

Menggunakan template Capcut memang sangat mempermudah hidup kita terutama dalam hal mengedit video. Namun jangan sampai kamu terbiasa dan nyaman menggunakan preset secara terus menerus sehingga tidak pernah mengasah skill mengedit kamu. Sekali-kali belajarlah membuat karya sendiri dan mengedit sendiri tanpa menggunakan template karena suatu saat skill tersebut pasti akan berguna bagi kehidupanmu.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Menggunakan Template di Capcut, semoga pembahasan ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba dan terima kasih.

Tofan Ada' Sura'
Tofan Ada' Sura' Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard