Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjawab Soal Matematika Online Tanpa Aplikasi

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang pasti akan kita temui di segala jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA dan bahkan pada tingkat perguruan tinggi kita masih belajar matematika (misalnya pada mata kuliah statistika dan metode penelitian khususnya kuantitatif).

Bagi beberapa orang, matematika merupakan pelajaran yang sangat membosankan bahkan cenderung dihindari karena harus berhadapan dengan angka dan rumus matematika untuk menyelesaikan sebuah persoalan.

Salah langkah sedikit saja pada rumus yang digunakan untuk mengerjakan soal matematika, hasil yang didapatkan sudah pasti akan salah. Untuk itu kita memang harus benar-benar teliti dalam perhitungan dan menggunakan rumus agar jawaban yang didapatkan benar dan tepat.

Berbicara mengenai soal matematika, kamu pasti sering mendapat tugas matematika dari gurumu bukan? Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, kita jarang belajar materi tapi diberi tugas menjawab soal matematika sehingga kita sulit mengerjakannya.

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memberikan sebuah life hack yang gurumu tidak mau kamu tahu yakni bagaimana cara menjawab soal matematika secara online dan otomatis tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Jadi nantinya kamu tinggal memasukkan soal matematika dalam bentuk teks atau gambar dan akan diproses jawabannya secara otomatis. 

Cara Menjawab Soal Matematika Online Tanpa Aplikasi

Di internet ada banyak sekali situs web penjawab soal matematika gratis yang bisa kamu temui dan gunakan. Berikut 2 website yang sangat saya rekomendasikan untuk digunakan menyelesaikan soal matematika secara otomatis.

1. Mathway - Penjawab Soal Matematika Dasar

Mathway merupakan situs website yang menyediakan tools untuk memahami dan memecahkan soal matematika secara online, otomatis dan juga cepat. Situs ini bisa jadi sumber jawaban bagi guru, siswa, mahasiswa maupun orang tua yang kesulitan dalam menjawab soal matematika.

Dalam menjawab soal, kamu bisa langsung memasukkan soalnya menggunakan teks/tulisan maupun gambar dengan ukuran minimal 80 pixel dan situs akan memproses jawaban matematika secara otomatis.

Situs ini bisa digunakan untuk menjawab berbagai macam soal matematika mulai dari matematika dasar, pra-aljabar, aljabar, trigonometri, prakalkulus,kalkulus, statistika, matematika berhingga, aljabar linear, kimia, grafik matematika dan lain sebagainya.

Namun dalam penggunaannya, Mathway hanya akan memunculkan jawaban akhir dari soal matematika yang sudah kamu masukkan. Jika kamu ingin mengetahui langkah-langkah pengerjaannya maka kamu harus mengupgrade akun terlebih dahulu ke versi premium atau pro agar bisa mengetahui langkah-langkah penyelesaian soal matematika.

Berikut tutorial menggunakan situs website Mathway untuk menjawab soal matematika:

  • Pertama, buka situs website Mathway di browser HP atau laptop kamu.
  • Jika sudah berada dalam situsnya, klik kolom Masukkan soal... Disini kamu bisa memasukkan soal matematika dalam bentuk gambar maupun teks atau tulisan.
  • Masukkan soal yang ingin dikerjakan (bisa ditulis manual, bisa di copy paste, bisa juga dalam bentuk gambar). Misalnya disini saya ingin menyelesaikan soal matematika ( 2x + 3 ) ( 4x – 5 ). Jika sudah, klik icon Kirim
  • Kemudian tentukan bagaimana Mathway akan menjawab soal. Disini ada banyak sekali pilihan, penyelesaiannya tergantung pertanyaan pada soal. Misalnya disini saya akan memilih Tentukan Hasil Kalinya

  • Maka Secara otomatis hasilnya akan langsung muncul di chat room.
  • Jika ingin melihat bagaimana cara mengerjakannya, klik Ketuk untuk melihat langkah-langkah... Namun disini kamu harus mengupgrade akun terlebih dahulu.

2. Symbolab Math Solver - Step by Step Calculator

Symbolab merupakan sebuah tools website pendidikan matematika tingkat lanjut. Alat ini bisa kamu gunakan untuk belajar, berlatih dan menemukan topik matematika menggunakan simbol matematika dan notasi ilmiah serta teks. Symbolab menyediakan solusi matematika langkah demi langkah secara otomatis untuk berbagai macam topik seperti aljabar, trigonometri, dan kalkulus bagi sekolah menengah hingga perguruan tinggi. 

Symbolab menyediakan banyak fitur kalkulator pintar untuk menyelesaikan persamaan simultan, kalkulus, geometri, statistika, integral, turunan, garis singgung, persamaan trigonometri, aljabar dan lain-lain. Tujuan dari situs web symbolab adalah untuk membuat karya ilmiah yang dapat diakses secara menyeluruh dengan memperluas ruang data yang dapat dicari ke dalam notasi, ekspresi, persamaan, dan rumus ilmiah. 

Singkatnya, Symbolab dapat membuat matematika lebih sederhana dan mudah untuk dipahami.

Berikut ini cara menggunakan situs website symbolab untuk mencari jawaban matematika tanpa aplikasi tambahan:

  • Pertama, buka situs website Symbolab di HP atau laptop
  • Jika sudah berada dalam situsnya, masukkan soal matematika di kolom Enter a problem. Disini kamu bisa memasukkan soal secara manual atau bisa juga mengcopy paste soal dari tempat lain. Jika sudah, klik Go
  • Tunggu beberapa saat sampai Symbollab selesai mengerjakan soalnya. Jika sudah maka hasil jawaban matematika akan langsung muncul beserta dengan langkah-langkah pengerjaannya.
  • Kamu bisa mengcopy jawaban dan langkah-langkah pengerjaan soal matematika dan menempelkannya di aplikasi MS Word, mencatatnya secara manual, memasukkan kedalam PDF atau juga bisa langsung mencetak (print) jawabannya.

Kekurangan website ini adalah kamu hanya bisa memasukkan soal dalam bentuk teks/tulisan, tidak bisa dalam bentuk gambar. Namun keunggulannya adalah kita diperlihatkan bagaimana langkah-langkah mengerjakan soal matematika hingga bisa mendapatkan jawabannya.

Dua website penjawab soal matematika yang sudah saya paparkan diatas memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing namun cukup akurat dalam menyelesaikan soal matematika. Kamu bebas memilih mau menggunakan cara yang mana.

Demikianlah pembahasan saya mengenai rekomendasi situs penjawab soal matematika gratis dan juga Cara Menjawab Soal Matematika Secara Online Tanpa Aplikasi. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close