Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Kirim Tabel Excel ke Whatsapp (WA)

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Pernahkah kamu diminta untuk mengirimkan tabel yang sudah kamu buat di Excel kepada orang lain melalui aplikasi Whatsapp? Selain mengirimkan tabel melalui gambar screenshot, ternyata ada cara yang lebih mudah lagi untuk mengirimkan tabel Excel ke WA orang lain tanpa ribet, hanya memerlukan waktu kurang dari 10 detik.

Kamu juga tidak perlu memindahkan file Excel ke HP kamu melainkan bisa langsung melalui laptop atau komputer yang sedang kamu gunakan. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Whatsapp tidak hanya tersedia di HP android atau IOS saja melainkan tersedia juga dalam bentuk whatsapp web dan software aplikasi yang bisa diinstal di PC.

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara cepat mengirim tabel Excel ke Whatsapp. Disamping itu, saya juga akan memaparkan tutorial mengirim file Excel (xlsx) ke WA di laptop atau komputer. Silahkan disimak pembahasannya berikut.

Cara Kirim Tabel Excel ke Whatsapp (WA)

Untuk mengirim tabel Excel ke Whatsapp atau WA, tutorialnya sebagai berikut:
  • Pertama, buka file Excel yang berisi tabel yang sudah dibuat
  • Kemudian blok semua tabel yang akan dikirim lalu klik kanan pada mouse. Selanjutnya klik Copy (Ctrl+C)
  • Kemudian buka aplikasi Whatsapp di laptop kamu. Jika kamu tidak punya aplikasinya, kamu masih bisa menggunakan whatsapp web dengan cara mengunjungi link berikut: https://web.whatsapp.com, koneksikan whatsapp di HP kamu dengan Whatsapp web dengan scan barcode.
  • Jika sudah terkoneksi dan whatsappnya sudah bisa digunakan, silahkan cari nama pengguna yang akan dikirimkan tabel Excel tadi. Jika sudah berada dalam chatroom, klik kanan pada kolom tempat mengetik pesan lalu klik Tempel/Paste (Ctrl+V)
  • Maka akan muncul pratinjau tabel Excel yang dimasukkan tadi. Silahkan tambahkan keterangan (apa yang ingin kamu sampaikan) pada kolom yang tersedia lalu klik icon Send untuk mengirim tabel.
  • Jika sudah maka tabel Excel berhasil dikirim

Cara Mengirim File Excel ke WA (Whatsapp)

Selain mengirim tabel, kamu juga bisa mengirim file Excel ke teman atau bos kamu melalui Whatsapp. Tutorialnya sebagai berikut:

  • Pertama, buka Whatsapp web atau aplikasi WA di laptop atau komputer
  • Selanjutnya cari dan klik nama pengguna yang akan kamu kirimkan file Excel.
  • Jika sudah berada dalam chatroom, klik icon Klip Kertas (Lampirkan) lalu pilih Dokumen
  • Buka folder tempat kamu menyimpan file Excel → pilih file Excel → Open
  • Kemudian file akan berada dalam halaman pratinjau/preview Whatsapp, klik icon Send untuk mengirim file Excel
  • Jika sudah maka file Excel telah berhasil dikirim via Whatsapp

Nah bagaimana? Mudah bukan cara kirim tabel dan file Excel ke Whatsapp? Harap diperhatikan, banyak yang mengalami kendala wa tidak bisa mengirim file Excel. Hal tersebut biasanya dikarenakan koneksi internet kamu yang tidak stabil. Disamping itu untuk tetap bisa menggunakan Whatsapp di laptop, komputer maupun Whatsapp web, aplikasi WA di HP kamu harus tetap terbuka. Jangan ditutup tab atau aplikasinya.

Semoga pembahasan ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard