Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Paper Kuliah, Otomatis Langsung Jadi

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Sebagai mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi, pasti kamu sering mendapat tugas dari dosen untuk membuat paper berdasarkan topik yang sudah ditentukan.

Paper merupakan salah satu bentuk artikel ilmiah yang membahas sebuah topik dan ditulis menggunakan format yang telah ditentukan. Paper hampir sama dengan makalah namun bedanya isi paper lebih ringkas dan biasanya terdiri dari 6 sampai 10 halaman, tergantung kesepakatan dan isi paper.

Dalam membuat paper haruslah didukung dengan data yang valid dan argumen yang masuk akal. Disamping itu kamu juga harus menggunakan referensi untuk mendukung argumen kamu. Paper juga bisa berupa hasil penelitian terbaru atau hasil review penelitian-penelitian yang sudah ada.

Masih banyak masih banyak mahasiswa yang belum mengetahui bagaimana cara membuat paper yang baik dan benar, terutama bagi mahasiswa baru yang belum terbiasa dengan sistem belajar di kampus. Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara membuat paper kuliah yang baik dan benar, otomatis langsung jadi.

Cara Membuat Paper Kuliah yang Baik dan Benar

Dalam membuat tugas paper kuliah yang baik dan benar tentu ada format, struktur dan aturan penulisan yang harus diikuti agar paper yang dibuat sesuai dengan kaidah yang berlaku. Berikut ini struktur yang sering digunakan untuk membuat paper kuliah:

1. Judul Paper

Ketika membuat judul paper, haruslah benar-benar detail dan merepresentasikan isi paper yang akan dibuat. Biasanya judul paper memuat topik yang akan dibahas beserta dengan metode yang akan digunakan untuk membahas topik tersebut. Contoh judul paper sebagai berikut:

Salah    : Membuat Ayam Geprek
Benar   : Analisis Pembuatan Ayam Geprek Berbasis Teknologi Adaptive untuk Meningkatkan Penjualan di Kota Bandung

2. Abstrak

Setiap literatur ilmiah pasti ada abstrak yang dicantumkan. Abstrak merupakan sebuah penjelasan singkat mengenai isi tulisan yang dibuat dan biasanya ditempatkan di awal sebelum bab pembahasan. Dalam membuat abstrak paper setidaknya harus memuat beberapa hal berikut:

  • Latar belakang
  • Pokok permasalahan
  • Metode yang digunakan
Semuanya ditulis secara singkat dan jelas.

3. Pendahuluan

Pendahuluan biasanya memuat latar belakang masalah atau topik yang akan dibahas. Dalam pembuatan paper kuliah, beberapa poin ini penting untuk dicantumkan pada bagian pendahuluan:

  • Deskripsi permasalahan
  • Mengapa permasalahan tersebut penting untuk dibahas?
  • Ulasan singkat mengenai penelitian sebelumnya atau karya sebelumnya (literateratur pendukung terkait pembahasan kamu).
  • Perbandingan antara karya sebelumnya dan karyamu (kebaharuan ide).
  • Solusi terhadap permasalahan
  • Hasil yang diperoleh

4. Isi

Pada bagian isi, disinilah kamu akan menyampaikan gagasan kamu dan harus didukung dengan teori yang diperoleh dari pernyataan para ahli atau penelitian-penelitian ilmiah. Dalam membuat isi paper, berikut beberapa hal yang harus ada:

  • Objek yang dibahas
  • Metode yang digunakan
  • Implementasi metode pada objek

5. Hasil Simulasi dan Analisis

Pada bagian ini, kamu akan memaparkan hasil dari penelitian atau studi kamu berupa simulasi dan analisis. Untuk metode penyampaiannya selain dalam bentuk teks juga bisa dalam bentuk gambar, grafik maupun tabel agar terlihat lebih komunikatif.

6. Kesimpulan

Sebagai penutup dalam pembuatan paper, kamu harus membuat kesimpulan. Sebaiknya kesimpulan ini disajikan secara singkat dan hanya memuat poin-point penting saja.

7. Referensi

Jangan lupa untuk mencantumkan referensi yang sudah kamu gunakan dalam pembuatan paper. Referensi tersebut bisa berupa buku, jurnal, artikel ilmiah, kamus dan lain-lain.

Cara Membuat Paper Secara Otomatis

Untuk membuat isi paper, pasti kamu membutuhkan referensi berupa buku, jurnal, dan berbagai macam tulisan ilmiah lainnya. Namun kamu bisa membuat isi paper otomatis menggunakan beberapa situs website berikut:

1. Essaybot.com

Essaybot merupakan sebuah tools website yang berfungsi sebagai asisten penulisan yang didukung oleh teknologi AI (Artificial Intelligence). Cara kerja web ini adalah dengan membantu kamu menemukan sumber pembuatan essay dan paper inspirasional, menyarankan dan memparafrase kalimat serta menghasilkan dan melengkapi kalimat menggunakan Artificial Intelligence.

2. Essaytyper.com

Situs ini mungkin sudah sangat familiar terutama bagi para mahasiswa. Essaytyper dapat membuat tulisan berupa esay dan paper secara otomatis dan online, hanya dengan satu kali klik saja.

3. Ebook dan Jurnal Online

Di internet, ada banyak sekali situs website yang menyediakan jurnal maupun ebook yang bisa kamu download secara gratis untuk digunakan sebagai referensi dalam pembuatan tugas paper kamu. Jurnal tersebut tersedia dalam bentuk jurnal nasional dan internasional serta tersedia dalam berbagai bidang keilmuan.

Untuk mendownload ebook dan jurnal online, silahkan klik tombol dibawah ini.

Download Jurnal Gratis

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Paper Kuliah Otomatis yang Baik dan Benar, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard