Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Bagan Peta di Excel

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Microsoft Excel merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi untuk membuat dan mengelolah data. Ada banyak sekali fitur di Excel 2007, 2010, 2013, 2016, 2019 yang bisa digunakan untuk mengolah data salah satunya kamu bisa memvisualisasikan data yang sudah dimasukkan kedalam aplikasi dalam bentuk bagan (chart) peta.

Fitur ini tentu akan sangat berguna terutama data yang kamu olah seputar data geografis, persebaran covid 19 di Indonesia atau di dunia, data penduduk di wilayah tertentu, peta desa dan lain sebagainya.

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara membuat dan memasukkan bagan peta di Microsoft Excel. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Cara Membuat Bagan Peta / Power Map di Excel

Sebagai ilustrasi, di artikel ini saya akan membuat bagan peta persebaran covid 19 di Indonesia khususnya di pulau Sumatra. Berikut ini cara membuat dan memasukkan bagan peta / power map di Microsoft Excel:

  • Pertama, buka program aplikasi MS Excel di laptop atau komputer
  • Buat data inspeksi Covid-19 dalam bentuk tabel 
  • Kemudian select / blok data yang akan dijadikan peta
  • Silahkan ke menu Insert lalu di grup Charts pilih Maps
  • Untuk menampilkan peta pulau Sumatra saja, klik kanan pada peta lalu pilih Format Data Series
  • Ubah kolom Map area menjadi Only regions with data
  • Selanjutnya klik icon Tambah (+) di sudut bagan lalu beri centang pada Data Label
  • Selesai

Dengan demikian bagan peta mengenai persebaran Covid 19 di pulau Sumatra telah dibuat. Untuk pengaturan lanjutan seperti letak bagan, chart title, ukuran chart bisa kamu sesuaikan agar pas dalam worksheet.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Bagan Peta di Excel, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Disclaimer: gambar dalam artikel ini bersumber dari akun tiktok @fadholi

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard