Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Kop Surat Dengan Logo di Word

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Dalam pembuatan surat resmi, salah satu bagian yang wajib diperhatikan adalah kop surat atau kepala surat. Kop Surat adalah sebuah identitas perusahaan, instansi, lembaga atau organisasi yang digunakan sebagai penanda atau pengenal agar si penerima surat mengetahui dari mana surat tersebut berasal atau siapa pengirimnya.

Kop surat biasanya berisi logo, nama perusahaan / instansi / lembaga / organisasi, alamat, nomor telepon, E-mail yang bisa dihubungi, dan website resmi. Bahkan ada juga yang mencantumkan semboyan / motto dalam kop surat resminya.

Untuk membuat persuratan dimana dalam surat tersebut memuat kop surat, umumnya kita menggunakan aplikasi pembuat dokumen seperti Microsoft Word. Aplikasi ini memang sangat mudah digunakan serta memiliki beragam fitur untuk membuat kop surat yang rapi.

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara membuat kop surat / kepala surat dengan logo (1 logo dan 2 logo) di samping kanan atau kiri menggunakan aplikasi Microsoft Word lengkap dengan gambar. Penasaran? Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Cara Membuat Kop Surat Dengan Logo di Microsoft Word

Di artikel kali ini, saya akan membuat kepala surat menggunakan program aplikasi MS Word 2013, namun cara ini juga tidak jauh berbeda jika kamu pengguna Word 2007, 2010, 2016, 2019.

  • Pertama, buka program aplikasi Microsoft Word di PC (laptop atau komputer)
  • Kemudian pilih Blank Dokumen maka kamu akan diarahkan ke lembaran kerja baru MS Word
  • Letak kop surat umumnya berada di bagian Header / margin atas pada dokumen. Untuk mengaktifkannya, silahkan ke tab menu Insert Header Blank
  • Jika bagian Header dokumen sudah terbuka, silahkan ketik isi kop surat misalnya nama lembaga, alamat, nomor telepon, email dan lain-lain.
  • Selanjutnya atur tulisan kop surat yang sudah dimasukkan tadi misalnya buat paragraf jadi rata tengah (center), sesuaikan jenis font dan ukuran tulisan, beri efek bold, italic dan underline pada teks dan lain-lain. Disini kreatifitas kamu dibutuhkan untuk menyesuaikan kop surat menggunakan fitur yang sudah tersedia di Word.
  • Di kop surat biasanya ada logo yang diletakkan di samping kiri atau kanan. Nah untuk membuat atau memasukkan logo di kop surat, caranya klik menu Insert Pictures → pilih logo dalam folder → Insert. Usahakan menggunakan logo yang transparan dengan format gambar PNG
  • Jika logo sudah berada dalam halaman kerja, klik kanan pada logo lalu pilih Wrap TextIn Front of Text
  • Kemudian sesuaikan ukuran logo (perkecil atau perbesar) mengunakan bulatan kecil yang ada di tiap sudut gambar dan tempatkan logo disamping teks kop surat. Atur agar logo benar-benar pas dan sesuai.
  • Pada kop surat juga biasanya terdapat garis horizontal yang membentang dari kiri ke kanan. Untuk membuat garis tersebut silahkan Enter satu kali kebawah lalu ketik tanda  ### (pagar) atau ===  (sama dengan) sebanyak tiga kali atau lebih dan Enter
  • Jika sudah maka garis kepala surat akan muncul secara otomatis.
  • Dengan demikian kop surat telah dibuat. Kamu bisa menutup area dokumen Header dengan cara ke menu Design lalu pilih Close Header and Footer
  • Selesai.

Nah bagaimana? Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Kop Surat Dengan Logo di Word 2007, 2010, 2013, 2016, 2019. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.


Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard