Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Daftar Isi Manual di Postingan Blogger

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Daftar isi atau Table of Content (TOC) adalah sekumpulan urutan bab dalam sebuah karya tulis atau artikel yang dapat mempermudah pembaca menemukan isi pembahasan kita. Singkatnya, daftar isi adalah navigasi atau penuntun dalam sebuah tulisan. Daftar isi biasanya banyak kita temui dalam berbagai tulisan misalnya makalah, skripsi, jurnal, tesis, disertasi, artikel blog/website dan lain-lain.

Fungsi Daftar Isi (Table of Content) di Blog

Daftar isi juga tergolong sangat penting ketika kamu menulis artikel di blog. Bisa kamu bayangkan seandainya kamu menulis artikel yang sangat panjang bahkan sampai berpuluh-puluh halaman jika dimasukkan ke dokumen Microsoft Word. 

Tanpa adanya daftar isi, pembaca akan kesulitan menemukan materi / bagian yang akan dibaca. Mengingat seseorang mengunjungi blog kita karena mereka ingin mencari informasi, jika ada informasi yang menurut mereka tidak dibutuhkan maka akan diskip dan lanjut ke pembahasan selanjutnya. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk menyertakan daftar isi pada artikel yang kamu buat apalagi jika artikelnya sangat panjang untuk membantu pengunjung menjelajahi artikel. Disamping itu, Table of Content juga termasuk bagus untuk SEO blog.

Kalau saya pribadi, hanya menggunakan TOC seperlunya saja. Misalnya jika artikel yang saya buat adalah artikel pendek, maka saya tidak memakai daftar isi. Sebaliknya, jika artikelnya panjang maka saya buatkan daftar isi untuk memudahkan pengunjung. 

Oleh sebab itu, di situs Blogger Toraja ini tidak menggunakan daftar isi otomatis melainkan manual. Daftar isi dibuat saat membuat artikel dengan menyisipkan kode / script HTML di postingan blogger dan ketika dibuplish akan berubah menjadi daftar isi yang bisa disembunyikan (hide) dan ditunjukan (show).

Namun sayangnya, masih banyak blogger khususnya blogger pemula yang belum mengetahui bagaimana cara membuat daftar isi di blog yang mereka kelola. Mungkin beberapa template sudah menyediakan daftar isi otomatis seperti Median UI jadi tidak perlu disetting lagi. Namun ada juga template / tema yang tidak ada daftar isinya sehingga harus dibuat terlebih dahulu. Contohnya pada template buatan mas Sugeng yakni Viomagz, Linkmagz dan Evomagz

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan banyak membahas bagaimana cara membuat daftar isi atau Table of Content di postingan blogger / blogspot khususnya di template Viomagz, Linkmagz dan Evomagz.

Kode Table of Content di Blogger / Blogspot

Untuk membuat table of content di postingan blogger / blogspot khsusunya di template Linkmagz, Viomagz dan Evomagz secara manual, kamu bisa menggunakan kode html berikut:

<aside id="toc"><b class="toc"></b></aside>

Cara Membuat Daftar isi Manual di Postingan Blogger / Blogspot

Berikut ini cara membuat daftar isi / TOC manual di postingan blogger attau blogspot:

  • Login ke akun Blogger terlebih dahulu.
  • Buatlah sebuah tulisan atau artikel di blog kamu
  • Dalam halaman pembuatan / pengeditan artikel, silahkan buat sub judul menggunakan tag heading H2 (judul), H3 (sub judul), H4 (judul kecil). Jangan gunakan tag H1 karena itu berlaku untuk judul utama artikel dan hanya digunakan sekali dalam postingan. Hampir semua template blogger sudah mengatur hal ini secara otomatis.
  • Salin kode HTML untuk membuat table of content yang sudah saya lampirkan diatas.
  • Kemudian ubah tempat kita menulis artikel di blogger dari Tampilan Menulis ke Tampilan HTML. Lalu tempelkan / paste kode yang sudah disalin tadi di paragraf yang diinginkan. Misalnya disini saya akan membuat daftar isi di paragraf pertama.
  • Jika sudah, pulikasikan artikel yang sudah kamu buat. Dan dengan demikian daftar isi sudah terpasang di postingan blog.
  • Selesai

Nah bagaimana? Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Daftar Isi Manual di Postingan Blogger, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard