Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Situs Website Mind Mapping Online dan Gratis

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Mind Mapping adalah salah satu metode belajar yang dirancang dengan memetakan informasi dalam bentuk grafis. Dalam membuat Mind Mapping, seseorang bisa memetakan konsep atau ide utama menggunakan garis pecabangan, gambar dan kata kunci yang saling berkaitan.

Menurut Melvin L. Silberman, Mind Mapping adalah Langkah kreatif yang akan membantu seseorang dalam memproduksi banyak ide-ide menarik, memudahkan dalam mempelajari sesuatu hingga memudahkan dalam merencanakan berbagai penelitian untuk project baru yang sedang ia jalankan.

Di zaman moderen sekarang ini, penggunaan Mind Mapping banyak kita temui dalam pembelajaran di dunia kampus maupun sekolah. Dilansir dari Project Management Institute, Mind Mapping juga banyak digunakan untuk keperluan rainstorming, interview, meeting, project management, presentasi, hingga pengambilan keputusan. 

Dalam membuat Mind Mapping, sekarang ini sudah banyak aplikasi maupun situs web pembuat Mind Map free online. Aplikasi maupun situs tersebut sudah menyediakan template Mind Mapping yang aesthetic, menarik dan keren yang bisa digunakan dengan leluasa untuk menyelesaikan project yang sedang kamu kerjakan.

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan merekomendasikan 5 situs website pembuat dan penyedia template Mind Mapping online dan gratis. Penasaran? Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Situs Website Untuk Membuat Mind Mapping Online Gratis

Berikut ini rekomendasi beberapa website penyedia template Mind Map yang bisa kamu gunakan untuk membuat Mind Mapping secara gratis dan online. Dengan situs web ini, kamu bisa membuat Mind Mapping di segala perangkat misalnya di HP android, iOS / iPhone, PC (laptop & komputer).

1. Canva

Canva merupakan salah satu platform desain grafis yang banyak digunakan oleh profesional untuk membuat grafis media sosial, presentasi, poster, dokumen dan berbagai macam konten visual lainnya termasuk Mind Mapping. Canva menyediakan berbagai macam template / contoh desain yang bisa kamu gunakan secara gratis dan berbayar. Jadi kamu tidak perlu repot-repot lagi membuat desainnya dari awal dan tinggal mengganti teks maupun tampilannya agar terlihat lebih menarik. Untuk membuat Mind Map di Canva bisa melalui link berikut: https://www.canva.com/id_id/grafik/peta-pikiran/

Di Canva, ada banyak sekali jenis grafik Mind Map yang sudah didesain secara profesional dan bebas kamu pilih sehingga dapat mempercepat alur kerja kamu. Disamping itu, visualisasi data jauh lebih mudah dan tidak perlu mempelajari perangkat lunak yang rumit untuk membuat desain. Hasil desain bisa langsung di bagikan atau didownload dengan grafik beresolusi tinggi.

2. Whimsical

Whimsical adalah salah satu website yang bisa kamu gunakan untuk membuat flowchart dan Mind Mapping yang cukup terkenal, dengan menggunakan whisical kamu bisa membuat berbagai macam flowchart seperti DFD ERD hingga wireframe.

Whimsical memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan website pembuat Mind Maping / flowchart lainnya yakni: gratis, dapat dibagikan dan dikerjakan bersama dan dapat membuat berbagai flowchart dengan mudah. Untuk membuat Mind Map di Whimsical bisa melalui link berikut: https://whimsical.com/mind-maps

3. Coogle

Coogle adalah web aplication yang dikhususkan untuk membuat freeware Mind Mapping. Coggle mampu menghasilkan Mind Mapping yang terstruktur dan hierarkis seperti pohon bercabang. Di situs ini, kamu bisa menemukan berbagai macam konsep Mind Map dan flow chart. Selanjutnya Mind Mapping yang sudah dibuat bisa didownload dalam format PDF, TXT maupun gambar JPEG. Untuk membuat Mind Mapping di Coogle bisa melalui link berikut: https://coggle.it/

4. Edrawsoft

Edrwasoft adalah sebuah platform komprehensif yang menawarkan berbagai macam alat / tools yang bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan, seperti membuat Mind Mapping, data visualization, project manajement, office efficiency dan lain sebagainya. Selain tersedia dalam bentuk website, Edraw MindMap juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa diinstal disegala perangkat seperti Mac, Linux, Android, dan iOS.

Untuk membuat desain Mind Mapping menggunakan Edrawsoft bisa melalui link berikut: https://www.edrawsoft.com/edrawmind/

5. Bubbl.us

Bubbl merupakan sebuah situs web yang dikhususkan untuk membuat Mind Mapping online. Web ini memiliki beberapa keunggulan seperti:

  • Kejelasan superior dari informasi terstruktur: dalam membuat Mind Map baik itu silsilah keluarga, peta alur keputusan, atau algoritme, Mind Map di Bubbl memiliki keuntungan besar dalam menyajikan kompleksitas dengan jelas dan ringkas.
  • Retensi yang lebih baik dari ide-ide kompleks: Situs ini mampu memvisualisasikan ide-ide kompleks dalam bentuk, garis, dan gambar menghasilkan ingatan yang jauh lebih baik daripada teks sederhana.
  • Kolaborasi kreatif dengan orang lain: Brainstorming visual dengan tim dapat secara dramatis meningkatkan kualitas produk akhir karena keragaman perspektif dan pengalaman.

Untuk membuat Mind Map di Bubbl, kamu bisa melalui link berikut: https://bubbl.us/

Demikianlah pembahasan saya mengenai 5 Rekomendasi Situs Website Mind Mapping Online dan Gratis, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close