Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Color Grading Video di HP Android dan iOS

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Saat merekam video melalui ponsel, biasanya tampilan video masih mengikuti pengaturan bawaan kamera HP tanpa efek maupun filter. Bisa saja video yang direkam terlalu terang, terlalu gelap, buram dan lain-lain. Video tanpa filter akan terlihat biasa-biasa saja dan kurang menarik saat ditonton sehingga kita akan berpikir dua kali untuk menguploadnya ke sosial media.

Oleh karena itu biasanya seseorang akan memberikan efek pewarnaan pada video agar terlihat lebih menarik dan aesthetic untuk ditonton. Proses ini disebut sebagai color grading.

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan cara color grading video di HP android yang bisa kamu ikuti untuk menambah nilai estetika pada video. Penasaran? Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut:

Pengertian Color Grading Video

Sebelum lanjut ke tutorial color grading video terlebih dahulu kamu harus tahu apa itu color grading. Jadi color grading adalah sebuah proses untuk meningkatkan tampilan gambar pada video guna menambah nilai estetika maupun kualitasnya. Berbagai atribut video seperti kontras, warna, saturasi, detail, level hitam, dan titik putih dapat ditingkatkan sehingga video yang awalnya terlihat biasa-biasa saja menjadi lebih aesthetic untuk ditonton.

Fungsi color grading pada video adalah untuk memberikan efek-efek tertentu pada video seperti cinematic, dark, soft dan lain-lain sehingga membangkitkan mood para penonton video. Disamping itu, color grading vido juga bisa membangun suasana film yang sesuai dengan tema, alur dan konsep cerita.

Aplikasi (APK) Color Grading Video di HP Android dan iOS

Sekarang ini, color grading tidak hanya dilakukan melalui PC / laptop saja. Seiring perkembangan teknologi, color grading juga bisa dilakukan melalui perangkat seluler dalam hal ini bisa di HP Android maupun iOS (iPhone, iPad, Apple, etc).

Ada banyak sekali aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk color grading di HP android dan iOS, berikut ini beberapa rekomendasi apk color grading dari Blogger Toraja yang wajib kamu download dan instal:

  1. Kinemaster
  2. Capcut
  3. VN
  4. Lightroom
  5. AM (Alight Motion)
  6. VSCO
  7. 3DLUT Mobile
  8. Snapseed
  9. Magisto
  10. Adobe Premire Rush
  11. FilMic Pro

Cara Color Grading Video di HP Android dan iOS

Pembahasan saya selanjutnya adalah cara moody color grading video di HP android maupun iOS. Disini saya hanya akan memberikan tutorial color grading untuk beberapa aplikasi yang sering saya gunakan dan tentunya gratis. 

1. Cara Color Grading Video di Capcut

Buat kamu pengguna apk Capcut, berikut ini tutorial Color grading video di aplikasi Capcut agar video terlihat lebih aesthetic dan keren:
  • Buka aplikasi Capcut di HP android / iOS
  • Buat Proyek Baru lalu pilih video dalam galeri yang akan diberi color grading. Jika sudah klik Tambah
  • Jika video sudah berada dalam halaman pengeditan, klik menu Edit
  • Selanjutnya tap menu Sesuaikan
  • Dibagian ini kamu bisa menyesuaikan Kecerahan, Kontras, Saturasi, Cahaya, Pertajam, Soroti, Bayangan, Suhu, Rona, Pudar, Vinyet dan Butiran pada video kamu.
  • Selesai

Jika kamu bingung mengenai perpaduan warna untuk color grading video di Capcut, kamu bisa membaca kumpulan rumus filter Capcut di artikel saya sebelumnya.

Artikel Terkait: Kumpulan Rumus Filter Color Grading Capcut Aesthetic

2. Cara Color Grading Video di Aplikasi VN

Untuk pengguna aplikasi VN, berikut tutorial color grading video di VN:
  • Buka aplikasi VN di HP Android / iPhone
  • Klik icon Tambah (+) lalu buat Proyek baru
  • Pilih video yang akan diberi color grading lalu tap icon Next
  • Jika video sudah berada di halaman pengeditan, klik icon Filter
  • Lalu tap kolom Menyesuaikan.
  • Di bagian ini kamu bisa mengatur Paparan, Kontras, Kecerahan, Kejenuhan, Vibrance, Temperatur, Skema, Skema, Mempertajam, Warna, Pencahayaan dan Bayangan untuk kebutuhan color grading.
  • Selesai.

Untuk rekomendasi percampuran warna color grading video di aplikasi VN, kamu bisa baca artikel saya berikut:

Artikel Terkait: Kumpulan Rumus Filter VN Aesthetic

3. Cara Color Grading Video di Kinemaster

Untuk pengguna aplikasi Kinemaster, berikut ini tutorial color grading di Kinemaster:
  • Buka aplikasi Kinemaster di HP android / iOS
  • Tap Buat Baru lalu pilih perbandingan Rasio Aspek video. Jika sudah klik Berikutnya
  • Kemudian pilih video yang akan di setting color grading nya
  • Jika video sudah berada dalam halaman pengeditan, klik video tersebut lalu pilih Penyesuaian
  • Di bagian ini kamu bisa mengatur Kecerahan, Kontras, Saturasi, Getar, Suhu, Highlight, Bayangan, Gain,Gamma, Lift dan Hue pada video.
  • Selesai

Nah bagaimana? Mudah bukan membuat color grading menggunakan aplikasi di HP android da iOS? Langsung saja dipraktekkan yah guys.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Color Grading Video di HP Android dan iOS, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard