Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Melihat Password yang Tersimpan di Akun Google


Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Buat user OS Android yang menggunakan GMS (layanan selular google) sebagai pendukung fungsi di perangkat smartphone, android, dan tablet pasti sering menyimpan username dan password / kata sandi ke akun Google. 

Pemberitahuan penyimpanan username dan password tersebut akan muncul ketika kita hendak login menggunakan akun yang sudah didaftarkan ke sebuah aplikasi maupun situs web yang mempunyai fitur login. Disitu akan muncul pemberitahuan untuk menyimpan username dan kata sandi, apabila kita menyetujuinya maka akan tersimpan otomatis ke akun Google atau di Google Chrome.

Fitur ini sangat membantu pengguna agar kedepannya tidak perlu repot-repot lagi memasukkan username dan password ketika ingin login ke sebuah platform karena akan dimunculkan secara otomatis. Sebagai contoh dibawah ini saya sudah menyimpan email dan kata sandi Facebook saya ke akun Google jadi ketika hendak login, Email dan password tersebut akan muncul secara otomatis.

Namun karena kebiasaan menggunakan fitur ini pengguna biasanya menjadi lupa password akun mereka. Jika demikian, kamu tidak perlu panik karena kita bisa melihat password yang sudah tersimpan di akun Google tersebut.

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara melihat password / kata sandi yang tersimpan di akun google. Penasaran? Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Cara Melihat Password / Kata Sandi yang Tersimpan di Akun Google

Di artikel ini, saya akan memaparkan dua cara yang bisa kamu lakukan untuk melihat username dan kata sandi / password yang tersimpan di akun Google yakni melalui HP android dan PC (laptop / komputer)

1. Melihat Password yang Tersimpan di Akun Google HP android

  • Buka brower (google chrome, peramban, opera mini, dll) di HP android lalu masuk ke halaman pencarian Google (google.com). Klik logo akun di pojok kanan atas
  • Lalu ketuk Kelola Akun Google Anda
  • Selanjutnya ke menu Keamanan lalu klik Pengelolaan Sandi
  • Di bagian ini kamu akan melihat beberapa akun yang passwordnya pernah disimpan di akun google. Klik salah satu akun yang ingin diketahui kata sandinya
  • Kemudian kamu akan diminta untuk memverifikasi identitas anda bisa dengan cara memasukkan kata sandi akun google atau gunakan kunci layar
  • Dengan demikian kamu bisa melihat username dan password yang tersimpan tadi di akun google dengan mengklik icon Mata
  • Selesai.

2. Melihat Kata Sandi yang Tersimpan di Akun Google Melalui PC (Laptop dan Komputer)

Jika kamu ingin melihat password / kata sandi yang tersimpan di akun google melalui PC dalam hal ini laptop atau komputer, sebenarnya langkah-langkahnya sama persis ketika kamu menggunakan HP android. Untuk itu, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang sudah saya paparkan diatas untuk melihat id username atau password akun yang telah disimpan.

Kesimpulan dan Penutup

Ada banyak sekali username dan kata sandi akun yang bisa kita simpan di google misalnya akun Facebook, Instagram, Shope, rekening digital, Zoom Cloud Meetings, bkn.go.id dan lain-lain. Oleh karena itu manfaatkanlah fitur ini semaksimal mungkin apalagi jika kamu memiliki banyak sekali akun dengan username dan kata sandi yang berbeda-beda.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara melihat Password / Kata Sandi yang Tersimpan di Akun Google, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard