Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat QR Code Maps / Lokasi Tanpa Aplikasi

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

QR Code merupakan singkatan dari Quick Response Code dimana code ini mampu menyimpan beragam informasi seperti teks, link, gambar, maps dan lain sebagainya.

Sekarang ini, penggunaan QR Code atau barcode bisa kita temui hampir dalam setiap lini kehidupan mulai dari pembayaran digital, validasi dokumen, akses ke situs web, penyimpanan data kontak atau kartu virtual dan lain sebagainya.

Cara memunculkan informasi yang tersimpan dalam QR Code pun cukup mudah, hanya dengan menscan barcode tersebut menggunakan QR Code Scanner, kamu langsung bisa melihat semua informasi yang tersimpan didalamnya secara otomatis.

Nah di pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara membuat barcode Maps atau Lokasi online tanpa aplikasi tambahan. Ini sangat cocok apabila kamu ingin membuat QR Code Google Maps undangan, QR Code lokasi tempat bisnis / usaha kamu, barcode alamat rumah dan lain-lain tanpa harus repot-repot mendownload dan menginstal apk pembuat Kode QR. Penasaran? Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Cara Membuat QR Code Maps / Lokasi Online Tanpa Aplikasi

Untuk membuat QR Code Google Maps atau lokasi secara online tanpa aplikasi tambahan, kamu bisa mengunakan situs website QR Code Generator seperti QR Stuff.

Situs ini sudah menyediakan pilihan pembuatan kode QR lokasi berdasarkan google maps. Jadi kamu tinggal mancari lokasi yang akan dibuatkan QR Code di maps lalu menyesuaikan sedikit tampilannya dan situs akan memembuat kode QR lokasi tersebut secara otomatis.

Tutorial:

  • Pertama, buka browser di HP android / iOS atau di PC (laptop / komputer)
  • Buka situs QR Stuff melalui link berikut: https://www.qrstuff.com/
  • Jika kamu sudah berada di laman utama webnya, scroll kebawah dan di Data Type tentukan jenis QR Code yang akan dibuat. Karena kita akan membuat QR Code maps maka pilih Location
  • Jika sudah, lanjut ke bagian Content. Disini kamu bisa menentukan lokasi yang akan dibuatkan QR Code. Ada dua pilihan untuk memasukkan lokasi yakni melalui Address (alamat lengkap) atau Pin Location (menggunakan titik kordinat). Silahkan masukkan / cari alamat kamu.
  • Kemudian lanjut ke bagian Style. Disini kamu bisa menyesuaikan tampilan Kode QR yang akan dibuat seperti warna, resolusi dan bahkan kamu bisa menambahkan gambar logo pada QR Code.
  • Jika semua sudah diatur, silahkan ke QR Code Preview untuk melihat tampilan QR Code yang sudah dibuat. Selanjutnya klik Download untuk mengunduh QR Code dan menyimpannya ke galeri dalam bentu gambar PNG.
  • Selesai

Kode QR lokasi yang sudah dibuat tadi kemudian bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Barcode / QR Code Google Maps Online Tanpa Aplikasi, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard
close