Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menyalin Teks dari Video Youtube

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Youtube merupakan sebuah situs web / jejaring sosial berbagi video dimana pengguna dapat mengunggah, menonton, maupun berbagi video secara gratis. Di Youtube kita bisa menemukan berbagai macam video mulai dari video edukasi, hiburan, informasi, dan lain-lain.

Maka tak heran, banyak orang terutama pelajar dan mahasiswa menjadikan platform Youtube sebagai salah satu media untuk belajar karena ada banyak sekali video-video edukasi yang berhubungan dengan mata pelajaran / perkuliahan bertebaran di Youtube.

Namun tak jarang materi-materi pembelajaran yang diunggah content creator di Youtube hanya ditampilkan dalam bentuk video saja padahal bisa saja penonton ingin mengambil referensi dari video pembahasan tersebut. Ini bisa jadi catatan penting untuk content creator yang membahas tentang edukasi atau pembelajaran agar sebisa mungkin mencantumkan materi di deskripsi atau memberikan link download soft copy materi agar bisa didapatkan oleh penonton.

Namun jika tidak dicantumkan oleh si pengupload video Youtube, masih ada cara lain untuk mengambil teks / tulisan yang ditampilkan di video Youtube. Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara menyalin / mengcopy teks atau tulisan dari video Youtube di PC (laptop/komputer) secara otomatis. Penasaran? Yuk langsung saja disimak pembahasanya berikut.

Extensions Chrome Untuk Copy Teks / Tulisan dari video Youtube

Mungkin kamu sudah sering menggunakan browser Google Chrome untuk berselancar di internet termasuk menonton video Youtube khususnya di laptop dan komputer. Nah ada satu extensions Google Chrome yang menurut admin keren banget karena dapat menyalin teks / tulisan yang ditampilkan dalam video Youtube secara otomatis.

Nama Extension tersebut adalah Blackbox Extension. Jadi ekstensi Black Box ini merupakan sebuah fitur kecerdasaran buatan (AI / Artificial Intelligence) yang dibuat dan dikembangkan oleh blckbx ai (richard.rizk.24) dan berfungsi untuk menyalin teks dalam video online seperti Youtube, GitHub, Stack Overflow, dan lain-lain kemudian menempelkannya (paste) ke editor teks kamu.

Extensions ini tentu saja akan sangat membantu kamu mengambil teks atau tulisan yang ditampilkan dalam video Youtube seperti materi, subtitles, pengkodean, script (CSS, HTML, Javascript) tanpa harus capek-capek menyimak kemudian menulisnya secara manual karena semua dapat dilakukan secara otomatis dengan Blackbox Extension.

Cara Menyalin Teks dari Video Youtube di Laptop / PC

Berikut ini cara menyalin teks atau tulisan dari video Youtube menggunakan Blackbox Extensions Google Chrome di PC (laptop atau komputer):
  • Jika Extension Blackbox sudah muncul, silahkan di klik.
  • Selanjutnya klik Tambahkan ke Chrome
  • Jika muncul jendela pemberitahuan penginstalan ekstensi, klik Add Extension lalu tunggu beberapa saat sampai extension berhasil dipasang di Google Chrome kamu.
  • Jika sudah terpasang, silahkan buka Youtube melalui Google Chrome lalu cari video yang akan kamu copy teks / tulisannya. Klik icon Extension di pojok kanan atas lalu pilih Black Box
  • Biasanya tab baru akan terbuka di Google Chrome dan disitu kamu diminta untuk melakukan registrasi menggunakan akun google atau bisa juga menggunakan Email. Jika sudah melakukan registrasi, silahkan seleksi bagian pada video Youtube berisi teks yang akan disalin.
  • Jika sudah, teks akan tercopy ke clipboard. Silahkan buka editor teks seperti Notepad, Wordpad, Microsoft Word lalu pastekan (CTRL+V) teks yang sudah disalin dari video Youtube tadi.
  • Seperti yang terlihat teks yang ada di video Youtube berhasil disalin dan dimasukkan ke aplikasi editor teks.
  • Selesai.

Jadi dengan ekstesion ini, kamu tidak perlu khawatir apakah video Youtube tersebut ada transkripnya atau tidak. Selama dalam video Youtube masih ada teks yang ditampilkan maka teks tersebut bisa diambil lalu dipastekan ke aplikasi editor teks.

Nah bagaimana? Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Menyalin Teks dari Video Youtube di Laptop / Komputer, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard