Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengembalikan File PPT PowerPoint yang Belum Tersimpan

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Saat membuat presentasi di aplikasi PowerPoint, tidak menutup kemungkinan ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi misalnya laptop atau PC tiba-tiba mati, aplikasi PowerPoint error dan tertutup sendiri atau bahkan kita secara tidak sengaja menekan tombol Close (X) pada aplikasi PowerPoint yang mengakibatkan slide presentasi tertutup.

Untung baik kalau kita sudah menyimpan terlebih dahulu presentasi yang kita buat, namun bagaimana jika belum disimpan? Tentu kita akan membuat presentasi dari awal lagi bukan? 

Untungnya program aplikasi MS PowerPoint memiliki fitur Recover Unsaved Presentation dimana fitur ini dapat membantu pengguna untuk mengembalikan atau memulihkan file PPT PowerPoint yang belum sempat kita simpan atau save.

Fitur Recovery PowerPoint umumnya akan membackup data setiap 10 menit sekali, namun pengaturan tersebut masih bisa kamu ubah misalnya ke 5 menit sekali agar waktu recovery data lebih cepat dan ketika ada masalah pada aplikasi PowerPoint, tugas yang sedang kamu kerjakan setidaknya sudah dibackup lebih cepat.

File pencadangan PowerPoint biasanya akan tersimpan ke folder UnsavedFiles dengan type file Microsoft PowerPoint 97-2003 Presentation dan bisa kamu akses kapan saja dibutuhkan.

Nah pada pembahasan kali ini, blogger toraja akan memaparkan bagaimana cara mengembalikan file yang belum sempat di save atau disimpan di PPT PowerPoint. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut:

Cara Mengembalikan File PPT PowerPoint yang Belum Tersimpan

Pada tutorial kali ini, saya akan menggunakan Microsoft PowerPoint 2013 untuk mengembalikan file PPT PowerPoint yang belum sempat disave. Namun tutorial ini juga tidak jauh berbeda jika kamu pengguna MS PowerPoint 2007, 2010, 2016 maupun 2019.
  • Buka program aplikasi Microsoft PowerPoint di laptop atau PC
  • Jika sudah berada di lembar kerja pembuatan slide presentasi, klik menu File
  • Selanjutnya klik menu Open → Recent Presentation → Recover Unsaved Presentation
  • Kemudian kamu akan diarahkan ke sebuah folder bernama UnsavedFiles. Di folder ini kamu akan melihat file hasil backupan presentasi PowerPoint yang sudah kamu buat namun lupa disimpan tadi. Silahkan klik file tersebut lalu klik Open
  • File PowerPoint yang belum tersave tadi akan terbuka kembali di aplikasi PowerPoint. Kamu bisa mengedit PPT tersebut sebelum menyimpannya.
  • Selesai.

Cara Mengatur Auto Recovery / Auto Save di PowerPoint

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa umumnya auto save atau auto recovery di PowerPoint sudah diatur 10 menit sekali, jadi dibawah waktu tersebut PowerPoint belum membackup data presentasi kamu. Jadi jika aplikasi PowerPoint eror di bawah waktu tersebut dan kamu belum sempat menyimpan presentasi yang dibuat maka dapat dipastikan kamu tidak akan bisa lagi memulihkan file PPT tsb.

Oleh karena itu, kamu bisa mengatur auto recovery di MS PowerPoint menjadi 3 menit, 5 menit dan lain-lain melalui cara berikut:

  • Buka program aplikasi PowerPoint 2007, 2010, 2013, 2016, 2019.
  • Di dalam aplikasi, klik menu File
  • Selanjutnya klik menu Options
  • Kemudian jendela PowerPoint Options akan terbuka. Silahkan klik Save lalu di bagian Save AutoRecovery information every, atur waktunya sesuai keinginan. Misalnya disini saya mengaturnya menjadi 5 menit. Jika sudah klik OK untuk menyimpan pengaturan.
  • Dengan demikian, PowerPoint akan memulihkan data kamu setiap 5 menit sekali.
  • Selesai.

Nah bagaimana? Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Mengembalikan File PPT PowerPoint yang Belum Tersimpan, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard
close