Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Font Sendiri Tanpa Aplikasi di Laptop / PC

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Bosan dengan tampilan font yang itu-itu saja? Kenapa tidak kamu mencoba membuat font / huruf sendiri melalui laptop atau PC kamu?

Memang benar kalau sekarang ini sudah banyak situs web maupun aplikasi penyedia font yang bisa didownload dan digunakan secara gratis di internet. Namun dengan membuat font sendiri, kamu bisa mencustom tampilan fontnya mulai dari A sampai Z, 0 sampai 9, dan juga tanda-tanda baca yang ada sehingga font yang dibuat memiliki ciri khas tersendiri.

Saat merancang font sendiri, dibutuhkan kreatifitas dan imajinasi sehingga diperoleh sebuah bentuk font yang belum pernah diciptakan orang lain sebelumnya. Agar lebih memudahkan, kamu juga bisa membuat konsep font dari tulisan tangan agar nanti lebih mudah didesain.

Ini juga bisa menjadi kebanggaan tersendiri apalagi jika font tersebut nantinya banyak digunakan oleh orang lain. Disamping itu, kamu juga bisa mengkomersilkan font yang kamu buat sehingga mendapatkan keuntungan dari font tersebut dengan cara menjualnya.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara membuat font sendiri di laptop atau PC tanpa aplikasi tambahan. Penasaran? Yuk langusung disimak pembahasannya berikut:

Cara Membuat Font Sendiri Tanpa Aplikasi di Laptop / PC

Seperti yang sudah saya sebut diatas, untuk membuat huruf sendiri di laptop atau PC kita tidak membutuhkan aplikasi pembuat font melainkan menggunakan program aplikasi yang memang sudah terinstal di laptop atau PC ketika menginstal windows. Jadi trik ini bisa kamu gunakan di Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, Windows 10, dan Windows 11.

Adapun beberapa apliasi yang digunakan untuk membuat font sendiri di laptop / PC sebagai berikut:

  1. Private Character Editor
  2. Character Map
  3. Aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word, WordArt, Notepad, dll.
Berikut ini tutorial atau cara membuat font sendiri tanpa aplikasi di laptop atau PC:
  • Pertama, klik menu Start di pojok kiri bawah lalu di kolom pencarian cari Private Character Editor. Jika program aplikasinya sudah muncul, silahkan di klik.
  • Jika sudah berada dalam aplikasi Private Character Editor, akan muncul Select Code. Klik salah satu kotak lalu OK
  • Selanjutnya kita akan membuat font baru, namun sebelum itu kita harus mencari referensi huruf yang akan dibuat. Caranya, klik Window → Reference...
  • Pilih salah satu karakter yang akan kamu jadikan sebagai contoh untuk pembuatan font baru. Misalnya disini saya memilih font Y lalu klik OK
  • Jika sudah silahkan buat font baru di kolom sebelah kiri mengikuti referensi font yang telah dimasukkan di sebelah kanan.
  • Jika sudah, silahkan simpan font yang telah dibuat dengan cara klik menu Edit lalu pilih Save Character (Ctrl+S).
  • Selanjutnya klik Start lalu di kolom pencarian ketik Character Map. Jika program aplikasi Character Map sudah muncul, silahkan di klik.
  • Jika aplikasi Character Map sudah terbuka, di bagian Font silahkan cari All Fonts (Private Characters) lalu klik font yang sudah dibuat tadi. Selanjutnya klik Select lalu Copy
  • Selanjutnya buka aplikasi pengolah kata seperti MS Word, Notepad, WordPad dan lain-lain lalu pastekan (Ctrl+P) font yang sudah dibuat tadi
  • Nah dengan demikian kamu telah berhasil membuat dan menggunakan font baru.
  • Selesai

Jika kamu ingin membuat font sendiri untuk karakrer lain, bisa ikuti kembali langkah-langkah yang sudah saya paparkan diatas. Atau jika kamu ingin menyimpan font yang sudah dibuat lalu menjualnya kepada orang lain, kamu bisa menyimpan font tersebut dalam bentuk file. Caranya di program aplikasi Private Character Editor saat selesai membuat font, klik menu Edit lalu pilih Save Character As. Dengan demikian kamu bisa menyimpan font ke folder laptop/PC kamu.

Untuk tutorial lainnya seperti mengubah font tulisan menjadi simbol, tulisan latin, miring tebal dan lain-lain, kamu bisa kunjungi situs Efyei. Keren bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Font Sendiri Tanpa Aplikasi di Laptop / PC, semoga pembahasan ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard
close