Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

6 Aplikasi Color Grading Terbaik di HP Android dan iOS

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Buat kamu yang suka dengan fotografi atau videografi mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah color grading. Teknik color grading memang harus dikuasai jika kamu bergelut di dunia fotografi / videografi karena dengan color grading kamu dapat membuat sebuah foto atau video memiliki nuansa warna khusus dan memberi kesan tertentu bagi orang yang melihatnya.

Secara umum, color grading dapat diartikan sebagai proses merubah visual tone atau nuansa visual dari suatu media, baik itu foto maupun video. Jika sebuah media sudah diberi color grading maka hasilnya bisa jauh lebih bagus lagi dan terlihat lebih aesthetic dibanding hanya menggunakan efek bawaan kamera saat menangkap gambar atau video.

Untuk melakukan color grading pada video atau gambar awalnya kita menggunakan laptop / PC dengan bantuan aplikasi Adobe Premiere Pro namun sekarang ini kita juga sudah bisa melakukan color grading di HP Android dan iPhone dengan bantuan aplikasi yang bisa didownload secara gratis melalui Play Store (Android) dan App Store (iOS).

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan merekomendasikan beberapa aplikasi color grading video terbaik di HP Android dan iOS. Yuk langsung disimak pembahasannya berikut.

Aplikasi Color Grading Terbaik di HP Android dan iOS

Berikut ini rekomendasi 6 aplikasi terbaik yang bisa kamu gunakan untuk color grading foto / video di HP Android dan iOS:

1. 3DLUT Mobile

3DLUT Mobile adalah sebuah software / aplikasi yang dapat digunakan untuk menyesuaikan foto maupun video. Di aplikasi ini kamu bisa mendownload filter warna dari server 3DLUT kemudian diaplikasikan pada video. 

Disamping itu, kamu juga bisa membuat filter warna sendiri dengan menyesuaikan warna, kecerahan, saturasi, kontras, white balance dan lain-lain.

2. Kinemaster

Kinemaster adalah sebuah alat pengeditan video yang bisa kamu jalankan di ponsel, tablet dan chromebook. Kinemaster dapat memudahkan pengeditan video karena memiliki banyak sekali alat canggih salah satunya alat yang bisa digunakan untuk color grading video.

Dengan menerapkan filter warna dan penyesuaian warna pada video dapat membuat video yang sementara kamu edit jauh lebih menarik. Disamping itu, alat penyesuaian warna dapat menyempurnakan dan mengoreksi video maupun gambar sehingga menghasilkan karya yang aesthetic.

3. Capcut

Capcut merupakan aplikasi pengeditan video yang cukup populer saat ini. Banyak warganet menggunakan aplikasi ini untuk mengedit video mereka sebelum diupload ke sosial media. Capcut menyediakan segudang fitur yang bisa digunakan secara gratis seperti menambahkan efek, transisi, overlay dan lain sebagainya.

Disamping itu jika kamu ingin membuat video terlihat lebih aesthetic, Capcut juga menyediakan fitur grading dimana kamu bisa menyesuaikan Kecerahan, Kontras, Saturasi, Cahaya, Pertajam, Soroti, Bayangan, Suhu, Rona, Pudar, Vinyet dan Butiran pada video kamu.

4. VN Video Editor Maker VlogNow

VN Video Editor adalah sebuah aplikasi pembuat video yang cocok digunakan oleh pemula maupun profesional. Di aplikasi VN, kamu bisa mengatur Paparan, Kontras, Kecerahan, Kejenuhan, Vibrance, Temperatur, Skema, Skema, Mempertajam, Warna, Pencahayaan dan Bayangan untuk kebutuhan color grading. 

Artikel Terkait: Cara Color Grading di Kinemaster, Capcut dan VN

5. Snapseed

Snapseed merupakan sebuah aplikasi yang dibuat dan dikembangkan oleh Google LLC. Aplikasi Snapseed memiliki banyak sekali fitur untuk color grading seperti kamu dapat mengatur eksposure, tone warna, perspektif, keseimbangan putih, vignette, kurva, kuas untuk mengatur eksposur, saturasi, pencahayaan, atau warna, dan lain-lain.

6. Photo Curves - Color Grading

Photo Curves adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk menyesuaikan warna pada foto dan video. Disini kamu bisa membuat filter sendiri atau menggunakan preset yang memang sudah ada sebelumnya. 

Setiap preset di Photo Curves sepenuhnya dapat disesuaikan. Kamu juga dapat dengan mudah membuat preset khusus menggunakan alat penilaian warna yang fleksibel. Dengan aplikasi ini kamu dapat mengoreksi, meningkatkan atau mengganti warna, mengubah Hue, memperbaiki white balance atau membuat tampilan Oranye dan Teal sinematik, membuat file 3DLUT, mengubah ukuran gambar, menyesuaikan kualitas jpeg, dan banyak lagi

Berikut ini beberapa tools yang ada di Photo Curver untuk kebutuhan color grading: 

  • Kontrol dasar (kecerahan, kontras, bayangan, sorotan, saturasi)
  • Roda warna (bayangan, midtone, highlight)
  • Kurva RGB
  • Kurva CMYK
  • Kurva laboratorium
  • Kurva Rona vs Saturasi
  • Kurva Hue vs Hue
  • Kurva Hue vs Luma (Cahaya)
  • Kurva Luma vs Saturasi
  • Kurva Luma vs Hue
  • Kurva saturasi vs saturasi
  • Alat penyamaran
  • Lapisan penyesuaian

Demikianlah pembahasan saya mengenai Rekomendasi 6 Aplikasi Color Grading Terbaik di HP Android dan iOS, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard
close