Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambahkan Font di Alight Motion (AM)

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Alight Motion (AM) merupakan aplikasi motion design profesional yang bisa kamu donwload dan instal di smartphone. Aplikasi ini menghadirkan efek animasi berkualitas profesional, motion graphic, efek visual, pengeditan video, pengomposisian video dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini banyak digunakan oleh editor video profesional maupun pemula untuk membuat karya-karya mereka karena memiliki banyak sekali fitur salah satunya ketersediaan beragam font yang bisa digunakan secara gratis.

Dalam pengeditan video, pasti kita akan menambahkan teks / tulisan untuk memberikan informasi lebih lanjut mengenai isi video. Pemilihan font yang tepat dapat menciptakan harmoni serta efek artistik dalam video yang sedang kita buat.

Selain font / huruf yang memang sudah tersedia dalam aplikasi Alight Motion, pengguna juga bisa memasukkan font baru yang telah didownload dari sumber lain kedalam aplikasi AM. 

Dengan fitur ini tentunya pengguna dapat mengoleksi berbagai macam font dalam aplikasi AM sehingga ketika sedang mengedit video, kita tidak akan kekurangan font yang dibutuhkan selama proses editing.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara menambahkan font aesthetic di aplikasi Alight Motion HP Android. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Download Font Alight Motion (AM) Aesthetic di DaFont

Sebelum menambahkan font kedalam aplikasi Alight Motion, kita harus mendownload fontnya terlebih dahulu. Di internet ada banyak sekali situs web penyedia font gratis yang bisa kamu tempati untuk mendownload font Alight Motion Aesthetic, salah satunya di DaFont.

Untuk mendownload font Alight Motion di DaFont, caranya cukup mudah. Kamu tinggal ke situs web https://www.dafont.com/ lalu cari font yang ingin kamu download. Jika sudah dapat, klik tombol Download lalu tunggu beberapa saat sampai font berhasil diunduh dan disimpan ke perangkat kamu.

Ekstrak Font Alight Motion

Setelah mendownload font Alight Motion, langkah selanjutnya adalah mengekstrak file font. Berhubung font yang didownload masih dalam bentuk file .ZIP sehingga harus diekstrak terlebih dahulu menjadi .TTF

Berikut ini tutorial ekstrak font alight motion / AM di HP Android:

  • Buka Pengelola File lalu ke Penyimpanan Ponsel

  • Selanjutnya ke folder Download lalu cari font yang sudah kita download tadi. Sebagai contoh tadi saya mendownload font Bride.

  • Klik font tersebut lalu Ekstrak Semua → Pilih folder

  • Kemudian buka folder Fonts lalu klik Ekstrak di sini

  • Dengan demikian kamu telah mengekstrak font dari yang awalnya berformat .zip menjadi .ttf

Jika di HP kamu tidak ada folder Fonts, kamu bebas mengekstrak font tersebut di folder mana saja yang penting kamu ingat lokasi tempat mengekstraknya.

Cara Menambahkan Font di Alight Motion (AM)

Sesudah file font diekstrak, langkah selanjutnya adalah menambahkan font tersebut ke aplikasi AM (Alight Motion). Berikut tutorialnya:

  • Buka aplikasi Alight Motion di HP Android atau iPhone
  • Didalam aplikasi, klik Icon Tambah (+) → Buat Proyek
  • Didalam halaman pengeditan AM, klik icon Tambah (+) → Teks

  • Kemudian ketik teks / tulisan yang akan ditambahkan. Jika sudah klik kolom Font → Lihat Semua Font

  • Disini kamu bisa melihat kumpulan font yang secara default sudah ada dalam aplikasi Alight Motion beserta font yang ditambahkan dari luar aplikasi. Klik icon ☰ di pojok kiri atas → Impor Font

  • Buka folder tempat kamu mengekstrak font tadi lalu pilih folder dengan nama font. Misalnya disini font saya tadi bernama Bride



  • Selanjutnya klik file font dengan format .ttf maka secara otomatis font akan ditambahkan di aplikasi Alight Motion



  • Sekarang kamu sudah bisa menggunakan font yang sudah diinstal kedalam aplikasi AM

  • Selesai.

Nah bagaimana? Cukup mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Menambahkan Font di Alight Motion (AM), semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close