Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Animasi Rute Perjalanan / Travel Map

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Padatnya kesibukan sehari-hari membuat sebagian orang merasa stres dan depresi. Salah satu cara yang biasa dilakukan untuk mengatasi stres tersebut adalah dengan traveling ke berbagai tempat yang memiliki destinasi wisata menarik.

Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi dimana tempat tersebut memiliki pemandangan bagus dan memanjakan mata. Cocoklah sebagai tempat healing dari kesibukan sehari-hari atau kalau lagi ada masalah dalam hidup.

Saat melalukan perjalanan, biasanya kita akan membuat animasi travel map dari rute perjalanan yang sedang kita tempuh misalnya dari satu kota ke kota lain. Animasi rute perjalanan yang sudah dibuat bisa dibagikan ke sosial media agar teman-teman kita tahu kalau kita sedang liburan.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memberikan tutorial mengenai bagaimana cara membuat animasi rute perjalanan atau travel map di HP Android. Penasaran? Yuk langsung disimak pembahasannya berikut.

Aplikasi Membuat Video Animasi Rute Perjalanan

Biasanya untuk membuat rute perjalanan, kita menggunakan Google Maps. Namun untuk menganimasikan rute perjalanan tersebut dalam bentuk video nampaknya agak susah karena fungsi utama Google Maps adalah sebagai peta dan penunjuk arah ketika kita melakukan perjalanan.

Untuk itu, berikut ini rekomendasi beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat video animasi rute perjalanan atau travel map di HP Android dan iOS:

1. My Travel: Travel Boast Planner

My Travel: Travel Boast Planner merupakan aplikasi travel boast terbaik yang bisa kamu download dan instal di HP Android. Dengan aplikasi ini kamu bisa membuat video travel boast yang mengagumkan untuk diupload di Instagram, Tiktok dan sosial media lainnya. Kamu bisa menunjukkan rute perjalanan yang telah kamu lalui dengan menganimasikannya di peta.

Cara menggunakan aplikasi inipun tergolong cukup mudah. Kamu tinggal memilih sarana transportasi yang akan kamu gunakan, masukkan rute yang akan dilalui, terakhir tekan tombol mulai dan nikmati animasi menyenangkan dari perjalanan kamu. 

2. Travel Boast: Travel Map Video

Aplikasi kedua yang bisa kamu gunakan untuk membuat video animasi rute perjalanan adalah Travel Boast: Travel Map Video. Travel Boast: Route Video Maker membantu kamu membuat video animasi tentang perjalan wisata mengagumkan dengan banyak kendaraan lucu dan efek 3D.

Beberapa fitur yang tersedia di travel boast antara lain:

  • Berbagai alat transportasi untuk perjalanan seperti mobil, bus, pesawat, sepeda, kapal pesiar dan lain-lain.
  • Berbagai macam gaya peta
  • Gaya dan efek seni 3D yang unik, dll.

3. TravelBoast: My Journey Routes

Khusus pengguna iPhone, TravelBoast: My Journey Routes adalah aplikasi teratas untuk bepergian. Dengan aplikasi ini kamu bisa membuat video luar biasa tentang perjalanan untuk Instagram. Kamu bisa menunjukkan rute di peta animasi.

Cara menggunakan aplikasi inipun sangat mudah. Pilih transportasi, masukkan rute yang akan dilalui, tekan tombol mulai, dan nikmati animasi perjalanan yang menyenangkan. Kamu bisa membagikan perjalanan dengan teman-teman dalam bentuk video travel map ke sosial media.

Ada 90 alat transportasi unik yang bisa kamu gunakan seperti sepeda, pesawat, mobil, motor, kapal pesiar, helikopter, kapal, speadboat, bus, truk, kereta api, dan lain-lain. Jumlah kendaraan akan bertambah setiap kali update aplikasi.

Situs Website Untuk Membuat Video Animasi Travel Map

Jika kamu ingin membuat video animasi travel map secara online tanpa aplikasi tambahan, kamu bisa menggunakan situs Pictramap.com: Interactive Animated Travel Map.

Pictramap merupakan sebuah tools online untuk membuat video animasi perjalanan yang keren dan mengagumkan. Tujuannya adalah membantu kamu yang hoby traveling dalam berbagi pengalaman perjalanan yang luar biasa dengan orang lain.

Kamu bisa mengakses dan menggunakan semua fitur dalam situs ini secara gratis. Semua fiturnyapun berbasis web, kamu tinggal mendaftar dan mendapatkan akses instan ke sistem Picstramap.

Tools untuk membuat animasi perjalanan di Pictramap tergolong sangat lengkap. Tidak ada alat online lain yang menawarkan begitu banyak opsi penyesuaian seperti peta, pin, intro, ending, tema musik, belum lagi opsi warna.

Cara Membuat Video Animasi Rute Perjalanan / Travel Map

Di artikel ini saya akan membuat video animasi rute perjalanan menggunakan menggunakan aplikasi My Travel: Travel Boast Planner. Berikut tutorialnya:

  • Buka Google Play Store lalu download dan instal aplikasi My Travel: Travel Boast Planner. 
  • Selanjutnya jalankan aplikasi My Travel: Travel Boast Planner
  • Didalam aplikasinya, isi Start Point dengan lokasi tempat kamu sekarang dan Destination dengan lokasi yang akan kamu tuju
  • Jika sudah maka hasilnya akan tampil seperti gambar dibawah ini. Jika sudah klik icon Play
  • Maka kamu akan diarahkan ke preview video. Disini kamu bisa mengatur durasi video (Video length) dan ukuran model (Model size). Disamping itu kamu juga bisa mengatur jenis peta (Map Selection) yang akan kamu gunakan.
  • Jika semua sudah diatur, kembali ke tampilan awal tadi lalu klik icon Download
  • Dengan demikian video animasi rute perjalanan atau travel map pun akan dibuat.
  • Selesai.

Nah bagaimana? Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Animasi Rute Perjalanan / Travel Map, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard
close