Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menggunakan Publish or Perish

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Pada artikel sebelumnya, saya sudah menjelaskan bagaimana cara mendownload dan menginstal software Publish or Perish di laptop Windows 7, 8 / 8.1, 10 dan 11. Software ini memang tergolong sangat membantu kita terutama mahasiswa, dosen maupun peneliti dalam mencari referensi ilmiah yang akan digunakan dalam tulisan karya ilmiah yang sedang dikerjakan.

Artikel Terkait: Cara Download dan Instal Publish or Perish

Buat kamu yang belum tahu apa itu Publish or Perish, jadi Publish or Perish merupakan sebuah program aplikasi yang dapat mengambil dan mengalisis sitasi akademik menggunakan berbagai sumber data. Aplikasi ini dikembangkan sejak tahun 2006 oleh seorang profesor bidang manajemen di Universitas Middlesex bernama Anne-Wil Harzing. Publish or Perish dapat diakses oleh siapapun secara gratis.

Publish or Perish dapat dijalankan hampir diseluruh perangkat seperti Microsoft Windows dan Apple macOS; versi Windows juga dapat diinstal dan digunakan pada komputer GNU / Linux dengan bantuan emulator yang sesuai seperti CrossOver Linux atau Wine.

Walaupun demikian masih banyak orang yang belum tahu bagaimana cara menggunakan aplikasi Publish or Perish untuk mencari referensi karya ilmiah (skripsi, jurnal, makalah, essay, paper, tesis, disertasi, dan lain-lain). Oleh karena itu pada artikel kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan tutorial menggunakan Publish or Perish untuk kamu. Yuk langsung disimak pembahasannya berikut.

Cara Menggunakan Publish or Perish

Berikut ini cara mudah pakai Publish or Perish untuk mencari mencari referensi skripsi, jurnal, makalah, paper, essay, tesis. disertasi secara online dari internet:

  • Buka software Publish or Perish 7, 8 yang sudah diinstal di laptop / PC kamu.
  • Jika aplikasinya sudah terbuka, klik lokasi atau tempat kamu ingin mencari jurnal online untuk didownload. Misalnya disini saya memilih Google Scholar
  • Selanjutnya kamu bisa mengisi deskripsi jurnal yang akan dicari. Disini tersedia beberapa kolom yang bisa diisi seperti Authors, Publication Name, Title Words, Keywords, Years dan ISSN. Kolom tersebut tidak harus kamu isi semua melainkan isi kolom sesuai kebutuhan saja. Misalnya disini saya hanya ingin mencari topik jurnal Teologi Sosial. Jadi yang saya isi hanya kolom Publication Name dan Title Words. Namun jika ingin mencari jurnal yang lebih spesifik bisa mengisi semua kolom yang ada. Jika sudah klik Search.
  • Tunggu beberapa saat sampai Publish or Perish selesai mencari jurnal sesuai desktripsi yang dimasukkan tadi.
  • Jika sudah maka hasil pencarian artikel dan jurnal ilmiah akan muncul di bagian bawah aplikasi. Untuk membuka jurnal, klik kanan lalu pilih Open Article in Browser atau Open Full Text in Browser
  • Jurnalpun akan terbuka di situs publishernya. Disini kamu bisa langsung mendownload atau membaca jurnalnya secara langsung
  • Selesai

Saat membuka jurnal di browser biasanya ada beberapa link yang error atau mati. Oleh karena itu kamu bisa memilih jurnal lain yang linknya masih aktif dan berhasil dicrawl di software Publish or Perish. Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Menggunakan Publish or Perish, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard
close