Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menggunakan VPN di Google Chrome

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Mungkin kamu pernah membuka laman situs atau website di internet namun websitenya tidak ditemukan. Kamu kemudian menggunakan cara lain yakni mengetikkan link website secara lengkap tapi akhirnya kamu diarahkan ke internet positif.

Jika kamu membuka suatu situs dan diarahkan ke internet positif itu tandanya situs telah diblokir dan tidak bisa diakses. Biasanya situs yang diblokir adalah situs yang menayangkan konten yang berbau p*rn*grafi, j*di, situs streaming film ilegal dan lain-lain.

Salah satu cara yang bisa dilakukan agar bisa mengakses kembali situs yang diblokir adalah menggunakan VPN. VPN merupakan akronim dari Virtual Private Network adalah sebuah teknologi yang memampukan seseorang mengakses situs secara aman dan private.

Adapun cara kerja VPN yakni ketika kita membuka situs yang diblokir, kita akan diarahkan terlebih dahulu ke server VPN sebelum akhirnya diteruskan ke situs yang hendak dibuka. Dengan kata lain, kita mengakses situs bukan dari perangkat asli kita melainkan dari server VPN.

Buat kamu yang sering browsing menggunakan Google Chrome di laptop atau PC, sekarang ini sudah ada banyak sekali extensions VPN yang bisa kamu pasang di Google Chrome untuk mengakses situs yang diblokir. 

Dengan menggunakan ekstensi VPN, kamu hanya perlu menekan satu tombol agar bisa terhubung ke VPN. Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara memasang, mengaktifkan, menggunakan dan menonaktifkan VPN di Google Chrome laptop / PC. Yuk langsung disimak pembahasannya berikut.

Cara Memasang VPN di Google Chrome Laptop / PC

Berikut ini tutorial cara memasang VPN di Google Chrome laptop atau PC dengan mudah:

  • Buka program aplikasi Google Chrome di laptop atau PC kamu.
  • Jika Google Chrome sudah terbuka, klik icon Titik Tiga di pojok kanan atas → More Tools → Extensions

  • Selanjutnya klik icon ☰ di pojok kiri atas

  • Lalu klik Open Chrome Web Store

  • Di Chrome Web Store, ketik VPN di pada kolom pencarian lalu tekan Enter lalu tunggu beberapa saat sampai semua ekstensi VPN muncul. Klik ekstensi Touch VPN - Secure and unlimited VPN proxy

  • Selanjutnya klik Add to Chrome

  • Jika muncul jendela pemberitahuan, klik Add Extension

  • Kemudian tunggu beberapa saat sampai ekstensi VPN berhasil dipasang di Google Chrome kamu. Jika sudah terpasang akan muncul sebuah tab mengenai status VPN yang sudah diinstal.

Cara Mengaktifkan dan Menggunakan VPN di Google Chrome

Setelah Touch VPN berhasil dipasang di Google Chrome laptop / PC, kamu sudah bisa mengaktifkan dan menggunakan VPN tersebut untuk mengakses situs yang diblokir pemerintah Indonesia. Berikut ini cara mengaktifkan dan menggunakan VPN di Google Chrome:

  • Klik logo extension di pojok kanan atas lalu klik Touch VPN

  • Kemudian jendela Touch VPN akan muncul pada aplikasi Google Chrome kamu. Disini kamu bisa mengatur lokasi server VPN dengan mengklik Switch location to lalu pilih salah satu negara. Jika sudah klik Connect

  • Kemudian tunggu beberapa saat sampai VPN berhasil diaktifkan. Jika proses connect VPN berhasil maka tampilan VPN akan sama seperti gambar dibawah ini

  • Nah sekarang kamu sudah bisa mengakses situs yang diblokir menggunakan Touch VPN yang sudah aktif.

Cara Mematikan VPN di Google Chrome

Setelah VPN digunakan, kamu bisa menonaktifkan VPN karena menggunakan VPN secara terus menerus juga memberi dampak negatif seperti rawan pembajakan, serangan malware, penurunan koneksi internet dan lain-lain. Berikut ini cara mematikan VPN di Google Chrome:

  • Klik logo ekstensi di pojok kanan atas lalu klik Touch VPN

  • Jika jendela Touch VPN sudah terbuka, klik Stop

  • Dengan demikian kamu telah berhasil mematikan VPN di Google Chrome
  • Selesai.

Nah bagaimana? Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Menggunakan VPN di Google Chrome, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard
close