Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengunci Elemen Desain di Canva

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Saat membuat sebuah desain di Canva, biasanya kita akan menambahkan berbagai macam elemen kedalamnya. Elements tersebut dapat berupa garis dan bentuk (shape), grafis, stiker, foto / gambar, video, audio, bagan / diagram, tabel, bingkai, kisi, teks dan lain-lain.

Saat membuat desain dengan elemen, terkadang ada beberapa elemen yang sudah tertumpuk satu dengan yang lain. Jika ada elemen yang penempatannya salah otomatis kita akan menggeser posisi elemen ke posisi yang diinginkan.

Berhubung karena elemennya sangat banyak dan bertumpuk, biasanya kita salah menggeser elemen. Misalnya kamu ingin menggeser elemen bentuk lingkaran tapi karena elemen tersebut ditimpa tanda panah maka kamu secara tidak sengaja memindahkan elemen bentuk panah padahal bukan elemen tersebut yang hendak kamu pindahkan posisinya.

Salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah mengunci elemen desain agar tidak bisa diubah, dihapus maupun dipindahkan. Biasanya elemen yang dikunci adalah elemen yang posisi dan ukurannya sudah sesuai sehingga tidak perlu diubah-ubah lagi.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara mengunci (lock) elemen desain di aplikasi Canva. Yuk langsung disimak pembahasannya berikut.

Cara Mengunci Elemen Desain di Canva

Berikut ini cara mengunci elemen garis, bentuk (shape), grafis, stiker, foto / gambar, video, audio, bagan / diagram, tabel, bingkai, kisi, teks di aplikasi Canva agar tidak bisa dihapus, diedit, diubah dan dipindahkan:

  • Buka aplikasi Canva di HP Android, iPhone, laptop, atau PC
  • Didalam aplikasi Canva, klik icon Tambah (+) lalu tentukan ukuran desain yang akan digunakan
  • Jika sudah berada dalam halaman pengeditan Canva, untuk menambahkan element silahkan klik icon Tambah (+)

  • Lalu ke menu Elemen dan pilih salah satu elemen yang akan kamu gunakan.

  • Untuk mengunci elemen, klik elemen tersebut lalu scroll fitur pengeditan ke samping lalu pilih Kunci

  • Nah dengan demikian kamu telah berhasil mengunci elemen di Canva. Bukti bahwa elemen tersebut sudah dikunci adalah saat kita mengklik elemen terdapat icon gembok pada elemen

  • Selesai.

Pada beberapa element seperti teks, biasanya fitur Kunci tidak kita temukan pada tools yang tersedia. Untuk itu kamu bisa klik Lainnya dan disitu kamu akan melihat fitur Kunci elemen.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Mengunci Elemen Desain di Canva, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard
close