Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Aplikasi Membuat Subtitle Video Otomatis di HP Android

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Aplikasi untuk membuat subtitle video otomatis di HP android menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak dicari-cari warganet dan diunduh melalui Play Store. Pasalnya, aplikasi ini mampu mengubah kata-kata yang kita ucapkan pada video menjadi teks subtitle yang berada di bawah video secara otomatis.

Dengan menggunakan aplikasi pembuat subtitle otomatis ini, kamu tidak perlu lagi capek-capek mengedit subtitle pada video secara manual karena aplikasi akan mengkonversi perkataan kamu menjadi teks secara langsung.

Bahkan hebatnya lagi, aplikasi pembuat subtitle video ini bisa kamu gunakan untuk membuat subtitle otomatis dari video Youtube. Jadi kamu akan lebih mudah memahami apa yang diucapkan oleh kreator video di Youtube ketika menjelaskan sebuah materi karena subtitlenya akan muncul dibawah layar secara otomatis.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan merekomendasikan 5 aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat subtitle video otomatis dan gratis di HP Android. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Aplikasi Membuat Subtitle Video Otomatis di HP Android

Berikut ini 5 rekomendasi aplikasi pembuat subtitle video otomatis dan gratis yang bisa kamu jalankan di HP Android:

1. Capcut

Mungkin kita semua akan sepakat kalau mengatakan bahwa Capcut adalah salah satu aplikasi edit video terbaik yang bisa kamu gunakan di HP Android maupun iOS (iPhone). Banyak konten kreator menggunakan aplikasi ini untuk membuat dan mengedit konten video mereka sebelum diupload di Youtube, Facebook, Tiktok, Instagram, Twitter dan berbagai macam platform berbagi video lainnya.

Salah satu fitur menarik yang ada di aplikasi Capcut adalah fitur Auto Captions dimana melalui fitur ini kamu bisa menambahkan subtitle otomatis yang diambil langsung dari perkataan yang kamu ucapkan pada video. Subtitle akan langsung ditempatkan tepat dibawah video dan bisa kamu edit tampilannya agar lebih menarik. 

2. Voicella - Subtitle Otomatis

Voicella adalah salah satu aplikasi editor video yang sangat mudah digunakan untuk membuat subtitle otomatis pada video. Aplikasi ini menggunakan kecerdasan buatan (AI) dimana ia bisa mengkonversi ucapan ke teks dan suara ke teks secara sempurna tanpa ada kesalahan. 

Subtitle video yang sudah dibuat kemudian bisa diedit tampilannya seperti menyesuaikan jenis font, ukuran font, warna font, posisi subtitle dan lain-lain agar terlihat lebih menarik dan tidak membosankan.

Cara menggunakan Voicella untuk membuat subtitle video otomatis pun tergolong sangat mudah. Kamu tinggal memilih video yang ingin diberi subtitle kemudian transkripsikan teks yang kamu inginkan dan terakhir edit tampilan teks subtitle yang sudah dibuat menggunakan editor Voicella. Jika sudah kamu bisa menyimpan editan dan membagikannya ke sosial media kamu.

3. zTranslate - Terjemahkan Subtitle Video

zTranslate merupakan sebuah aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menerjemahkan subtitle video kedalam bahasa yang bisa dipahami termasuk bahasa Indonesia. Aplikasi ini sangat pas buat kamu yang punya hobby menonton film tetapi tidak tersedia subtitle dalam bahasa kamu. 

Aplikasi ini akan menggunakan subtitle asli pada video kemudian menerjemahkannya kedalam berbagai bahasa, ada 110 bahasa yang didukung termasuk bahasa Indonesia.

Oya aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk mentranslate video Youtube secara otomatis loh. Semisal kamu menonton sebuah video di Youtube tapi video tersebut tidak ada subtitlenya, kamu bisa menyalin link video Youtube kemudian memasukkannya ke search dan secara otomatis video akan ditranslate dengan subtitle yang dipilih.

4. Lingotube - Pembelajaran Bahasa dengan Video

Buat kamu yang suka nonton video atau film luar negeri di Youtube namun terkendala di bahasa karena ada sebagian video Youtube yang tidak menyediakan translate, kamu bisa menggunakan Lingotube untuk mentranslate video kedalam bahasa yang bisa dipahami secara otomatis.

Cara menggunakan aplikasi inipun cukup mudah, kamu tinggal klik icon Youtube dan cari video yang akan ditonton lalu pilih bahasa yang mau diterjemahkan, semisal bahasa Indonesia maka pilih Ina. Maka secara otomatis video tersebut akan diberi subtitle Indonesia.

5. VLC fo Android

Siapa sih yang tidak kenal aplikasi VLC. Aplikasi ini mungkin sering kamu gunakan di laptop atau PC saat hendak memutar sebuah video atau film. 

VLC for Android merupakan sebuah aplikasi pemutar video yang dilengkapi dengan berbagai macam jenis format video dan subtitle, sehingga sangat cocok digunakan untuk menonton video atau film mancanegara.

Di Google Play Store, VLC for Android telah di-download oleh 100 juta lebih pengguna dengan rating yang cukup baik.

Cara Membuat Subtitle Video Otomatis di HP Android

Setelah memaparkan beberapa rekomendasi aplikasi pembuat subtitle video otomatis di Android, maka yang akan saya bahas selanjutnya adalah bagaimana cara membuat subtitle video otomatis di HP Android. Disini saya akan menggunakan aplikasi Capcut di HP Android, berikut tutorialnya:

  • Buka aplikasi Capcut di HP Android
  • Jika aplikasinya sudah terbuka, klik Buat Project → pilih video yang akan diberi subtitle → Add
  • Didalam halaman pengeditan, klik menu Teks
  • Lalu pilih Auto captions
  • Di pop up Create auto captions yang terbuka, pilih Original sound lalu atur bahasa ke bahasa Indonesia di bagian Select language. Jika semua sudah diatur, klik Continue
  • Tunggu beberapa saat sampai aplikasi Capcut selesai membuat subtitle pada video kamu.
  • Jika sudah maka subtitle akan ditampilkan tepat dibagian bawah layar pada video.
  • Kamu bisa mengatur tampilan teks subtitle seperti mengganti jenis font, ukuran font, tata letak font, style font, warna font dan lain-lain.
  • Terakhir simpan editan yang sudah dibuat
  • Selesai.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan saya mengenai 5 Aplikasi Membuat Subtitle Video Otomatis di HP Android, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close