Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Tabel di PPT PowerPoint

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Microsoft PowerPoint adalah sebuah program aplikasi untuk membuat presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft dalam paket aplikasi perkantoran mereka yakni Microsoft Office. Aplikasi ini memiliki banyak sekali fitur yang sangat membantu penggunanya dalam membuat slide presentasi yang menarik, salah satunya fitur untuk membuat tabel.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa tabel merupakan salah satu sarana yang sangat cocok digunakan untuk menyajikan informasi dalam bentuk data. Tabel disusun dengan sistematika dan struktur yang sudah dirancang sedemikian rupa sehingga pembaca dapat memahami isi dari tabel dengan mudah. Melalui tabel, seseorang dapat memahami informasi secara ringkas dan padat.

Jika didefenisikan, tabel adalah susunan data yang disajikan dalam bentuk baris dan kolom, atau mungkin dalam struktur yang lebih kompleks. Biasanya tabel ini digunakan dalam berkomunikasi, melakukan atau menyajikan data penelitian, hingga melakukan analisis data (Wikipedia).

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara membuat tabel pada slide PPT PowerPoint dengan mudah. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Cara Membuat Tabel di PPT PowerPoint

Membuat tabel di PPT PowerPoint tergolong sangat mudah dilakukan, caranyapun hampir sama ketika membuat tabel di aplikasi MS Word atau MS Excel.

Berikut ini 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat tabel di PPT PowerPoint 2007, 2010, 2013, 2016, 2019 atau versi yang lebih baru.

1. Membuat Tabel di PPT dengan Tab Menu Insert

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk membuat tabel di PowerPoint adalah dengan menggunakan fitur yang ada di tab menu Insert. Tutorialnya sebagai berikut:

  • Buka program aplikasi PowerPoint
  • Jika sudah berada dalam halaman pembuatan slide presentasi, klik menu Insert lalu Table

  • Kemudian arahkan kursor ke kotak-kotak yang muncul untuk menentukan jumlah kolom dan baris tabel yang akan dibuat. Semisal disini saya membuat tabel ukuran 4x4 (4 kolom dan 4 baris)

  • Maka secara otomatis tabel akan langsung muncul pada slide presentasi PowerPoint kamu.
  • Selesai.

2. Membuat Tabel di PowerPoint dengan Fitur Excel Spreadsheet

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk membuat tabel di MS PowerPoint adalah dengan menggunakan fitur Excel Spreadsheet. Bedanya tabel ini dengan tabel yang pertama kita buat diatas adalah kamu bisa menjalankan fungsi hitung menghitung atau mengelola data selayaknya kamu menjalankan Excel namun tetap pada program aplikasi MS PowerPoint. Berikut tutorialnya:

  • Buka program aplikasi MS PowerPoint
  • Di slide presentasi yang terbuka, klik menu Insert → Table → Excel Spreadsheet

  • Dengan demikian Excel Spreadsheet akan terbuka di aplikasi PowerPoint kamu. Silahkan buat tabel disini atau kelola data yang akan dimasukkan ke slide presentasi. Semisal saya ingin membuat tabel sederhana di Excel Spreadsheet dan nantinya tabel ini akan dimunculkan di slide PowerPoint.

  • Untuk kembali ke tampilan utama PowerPoint, silahkan klik sembarang pada halaman kerja maka secara otomatis kamu akan langsung dialihkan secara otomatis. Di bagian ini kamu akan melihat tabel Excel yang sudah dibuat tadi sudah berada di slide presentasi.

  • Siapa tau kamu ingin mengedit data-data atau tampilan pada tabel Excel yang dibuat, kamu tinggal klik dua kali pada tabel yang sudah dibuat maka kamu akan diarahkan kembali ke Excel Spreadsheet.
  • Selesai.

3. Membuat Tabel di PPT PowerPoint dengan Fitur Layout

Cara terakhir yang bisa kamu gunakan untuk membuat tabel di PPT PowerPoint adalah melalui fitur Layout. Berikut tutorialnya:

  • Buka Microsoft PowerPoint di Laptop atau PC
  • Didalam slide presentasi yang terbuka, klik menu Home → Layout → Title and Content

  • Jika tampilan slide sudah berubah ke mode Title and Content, klik icon Insert Table

  • Selanjutnya tentukan berapa kolom dan baris tabel yang akan kamu buat pada jendela Insert Table yang terbuka. Misalnya disini saya ingin membuat 6 kolom dan 4 baris lalu klik OK.

  • Nah dengan demikian tabel akan dibuat dan ditampilkan pada slide presentasi kamu.

  • Selesai.

Tabel yang sudah dibuat di aplikasi PowerPoint kemudian bisa kamu edit tampilannya seperti mengubah warna tabel, background tabel, style tabel dan lain-lain agar tabel yang sudah dibuat semakin menarik. Disamping itu, kamu juga bisa langsung memasukkan data-data yang ingin ditampilkan pada tabel. Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Tabel di PPT PowerPoint, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close