Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Struktur Organisasi di Word Secara Otomatis

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Mungkin kamu pernah terlibat dalam suatu organisasi misalnya organisasi kampus, organisasi kepemudaan, organisasi keagamaan dan lain-lain. Biasanya dalam suatu organisasi terdapat kepengurusan dimana para pengurus tersebut yang mengkoordinir berjalannya sebuah organisasi seperti mengeksekusi program yang sudah dirancang bersama, menyelesaikan masalah-masalah dalam organisasi, mengatur para anggota dan lain sebagainya.

Dalam sebuah organisasi kita juga memerlukan struktur organisasi. Struktur organisasi merupakan suatu garis hirarki yang mendeskripsikan berbagai komponen yang menyusun organisasi, dimana setiap individu atau sumber daya manusia pada lingkup organisasi tersebut kemudian posisi dan fungsinya masing-masing.

Dengan struktur organisasi juga kita bisa mengetahui bagaimana pekerjaan dibagi, dikelompokkan dan dikoordinasikan secara formal.

Karena pentingnya struktur organisasi, maka pada pembahasan kali ini Blogger Toraja akan membahas mengenai bagaimana cara membuat struktur organisasi di Microsoft Word 2007, 2010, 2013, 2016, 2019. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut ini.

Cara Membuat Struktur Organisasi di Word

Salah satu aplikasi di laptop atau PC yang bisa kamu gunakan untuk membuat struktur organisasi secara otomatis adalah Microsoft Word. Microsoft Word merupakan aplikasi pengolah kata andalan Microsoft dimana melalui aplikasi ini kamu bisa membuat, mengedit, memasukkan serta memformat berbagai macam dokumen.

MS Word juga memiliki beragam fitur yang sangat membantu penggunanya, salah satunya fitur SmartArt dimana fitur ini bisa kamu gunakan untuk membuat berbagai macam smart graphic, salah satunya grafik struktur organisasi.

Berikut ini tutorial atau cara membuat struktur organisasi di Microsoft Word secara otomatis dan mudah:

  • Buka program aplikasi Microsoft Word.
  • Jika sudah berada dalam lembar kerja, silahkan ketik semua jabatan yang ada di organisasi tersebut yang akan dimasukkan kedalam grafik struktur organisasi. Misalnya saya ingin membuat struktur organisasi di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan jabatan sebagai berikut.

  • Selanjutnya kita akan membuat hierarki dalam jabatan seperti kepala sekolah membawahi Waka Kurikulum. Begitupun Waka Kurikulum membawahi Wali Kelas. Untuk membuat hierarki ini kita menggunakan tombol Tab pada keyboard. Jika sudah maka hasilnya seperti gambar dibawah ini

  • Blok semua jabatan yang akan dibuatkan struktur organisasi lalu klik kanan dan pilih Cut (Ctrl+X)

  • Kemudian klik menu Insert lalu pilih SmartArt

  • Maka secara otomatis kotak dialog Smart Graphic akan muncul. Silahkan ke Hierarchy lalu klik Organization Chart. Jika sudah klik OK

  • Tunggu beberapa saat sampai desain grafik Organization Chart muncul di lembar kerja. Disitu kamu juga akan melihat kotak dialog Type your text here, dimana kamu bisa memasukkan jabatan organisasi kedalam desain grafik yang ada. Silahkan tekan Ctrl+A lalu tekan tombol Delete pada keyboard untuk menghapus bullets dan teks yang ada pada grafik

  • Jika sudah terhapus, silahkan tekan Ctrl+V untuk memasukkan jabatan organisasi yang sudah kita buat dan salin tadi. Jika sudah maka hasilnya akan tampil seperti gambar berikut.

  • Selanjutnya kamu bisa mengatur tampilan grafik struktur organisasi yang sudah dibuat seperti mengganti warna grafik, jenis font, ukuran font dan lain-lain menggunakan tools yang ada di tab menu SmartArt Design

  • Selesai.

Grafik struktur organisasi yang sudah dibuat di program aplikasi Microsoft Word kemudian bisa kamu simpan atau bisa juga langsung dicetak untuk digunakan pada organisasi yang kamu pimpin. Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Struktur Organisasi di Word Secara Otomatis, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close