Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Mengubah Warna Garis Tabel di Microsoft Word

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Microsoft Word merupakan aplikasi pengolah kata yang bisa kamu gunakan untuk membuat berbagai macam dokumen berbasis teks. Aplikasi ini memiliki berbagai macam fitur yang sangat membantu penggunanya dalam membuat dokumen, salah satunya fitur untuk menambahkan tabel.

Tabel yang sudah dibuat di MS Word kemudian bisa diedit tampilannya agar terlihat lebih menarik dan keren, misalnya kita bisa mengubah warna garis tabel sesuai keinginan kita seperti warna merah, kuning, hijau, biru, orange, pink, aqua dan lain-lain.

Kebanyakan orang ketika membuat tabel di Word kelihatannya sangat membosankan karena mereka hanya menggunakan tampilan tabel default. Mungkin saja mereka tidak tahu bagaimana cara memformat tabel agar terlihat lebih menarik dan keren.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara mengubah atau mengganti warna garis tabel di Microsoft Word. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Cara Mengubah Warna Garis Tabel di Microsoft Word

Untuk mengubah warna garis pada tabel di aplikasi Microsoft Word, ada dua cara yang bisa kamu gunakan yakni melalui kotak dialog Borders and Shading dan juga melalui fitur Border Style.

Namun sebelum lanjut ke tutorialnya, disini saya akan mengganti warna garis tabel menggunakan Microsoft Word 2016 namun cara ini juga tidak jauh berbeda ketika kamu menggunakan Word 2007, 2010, 2013, 2019 atau versi yang lebih baru.

1. Mengubah Warna Tabel di Word Melalui Borders and Shading

  • Buka program aplikasi MS Word
  • Di halaman kerja yang terbuka, silahkan buat tabel terlebih dahulu dan isi tabel tersebut dengan data-data kamu.
  • Untuk mengubah warna garis tabel, silahkan sorot semua tabel yang akan diberi warna dengan menekan icon Plus (+) yang ada di pojok kanan atas tabel
  • Selanjutnya ke menu Home → Border → Border and Shading...
  • Pada kotak dialog Border and Shading yang terbuka, silahkan ke bagian Border dan di bagian Setting, silahkan pilih All untuk mewarnai semua garis. Di bagian Color, kamu bisa memilih warna yang akan diterapkan pada garis tabel, semisal disini saya memilih warna merah. Dan dibagian Apply to: silahkan pilih Table. Jika semua sudah diatur, klik OK untuk menyimpan pengaturan.
  • Nah dengan demikian kamu telah berhasil mengganti warna garis tabel di Word.
  • Selesai.

2. Mengganti Warna Garis Tabel di Word Melalui Border Styles

  • Buka aplikasi MS Word di laptop atau PC kamu
  • Kemudian buat tabel yang garisnya akan diberi warna.
  • Jika sudah, silahkan klik kanan pada tabel lalu pilih Border Styles. Disini kamu bisa menentukan tema warna garis yang akan diterapkan pada tabel. Misalnya saya akan memilih warna orange
  • Kemudian akan muncul pen drawing berbentuk pena dimana kamu bisa menggunakan alat tersebut untuk mewarnai garis tabel satu persatu.
  • Selesai.

Mewarnai tabel menggunakan fitur Border Style memang agak sedikit ribet dan lama karena kita harus mewarnai garis tabelnya satu persatu secara manual. Oleh karena itu, jika ingin mewarnai semua garis tabel sekaligus saya menyarankan kamu menggunakan cara yang pertama yakni menggunakan fitur Border and Shading.

Demikianlah pembahasan saya mengenai 2 Cara Mengubah Warna Garis Tabel di Microsoft Word, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close