Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows 8 / 8.1

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Mungkin saat ini kamu sedang mencari tutorial mengenai bagaimana cara menghapus atau uninstall aplikasi maupun software di laptop windows 8 / 8.1. Menghapus aplikasi yang tidak digunakan secara berkala pada laptop dapat meningkatkan kinerja perangkat kita dan juga ruang penyimpanan pada laptop agak sedikit bertambah.

Disamping itu, mungkin ada juga beberapa aplikasi yang dirasa tidak pernah kamu instal sebelumnya tapi sudah terpasang di laptop atau PC kamu. Aplikasi-aplikasi yang tidak dikenal seperti itu sangat wajib untuk dihapus karena bisa saja mencuri data-data kamu secara diam-diam.

Nah buat kamu pengguna windows 8 / 8.1, berikut ini cara uninstall aplikasi di laptop windows 8 atau 8.1 yang bisa kamu lakukan untuk menghapus aplikasi yang tidak digunakan. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Cara Uninstal Aplikasi di Laptop Windows 8 / 8.1

Untuk menghapus aplikasi atau softaware di laptop atau PC Windows 8 / 8.1, ada dua cara yang bisa kamu lakukan yakni melalui Control Panel dan PC setting. Kedua cara tersebut akan saya paparkan berikut ini.

1. Menghapus Aplikasi di Windows 8 / 8.1 Melalui Control Panel

Cara pertama yang akan saya jelaskan adalah bagaimana cara menghapus aplikasi di laptop windows 8 / 8.1 melalui fitur Control Panel. Jadi aplikasi yang akan dihapus disini adalah aplikasi yang sudah pernah kamu instal sebelumnya kedalam laptop atau PC. Berikut tutorialnya:

  • Klik menu Start lalu pilih Control Panel
  • Di kotak dialog All Control Panel Items yang terbuka, pada bagian View by ubah Small icons menjadi Category
  • Jika Small icons sudah berubah menjadi Category, silahkan klik Uninstall a program
  • Kemudian pilih aplikasi yang ingin kamu hapus lalu klik Uninstall
  • Jika muncul kotak dialog Program and Features, klik Yes
  • Tunggu beberapa saat sampai aplikasi selesai diuninstall dari laptop atau PC kamu
  • Selesai

2. Uninstall Aplikasi di Windows 8 / 8.1 Melalui PC Settings

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk uninstall aplikasi di Windows 8 / 8.1 adalah melalui fitur PC Settings. Jadi disini kita akan menghapus aplikasi bawaan (default) dari Windows 8 / 8.1 yang memang sudah tersedia saat windows diinstal masuk kedalam laptop atau PC. Berikut tutorialnya:

  • Klik menu Start lalu pilih PC Settings
  • Selanjutnya klik Search and Apps
  • Kemudian klik App Sizes maka semua aplikasi bawaan Windows 8 / 8.1 akan muncul. Silahkan klik salah satu aplikasi yang hendak kamu hapus lalu pilih Uninstall
  • Jika muncul kotak dialog penghapusan aplikasi, klik Uninstall
  • Tunggu beberapa saat maka aplikasi bawaan windows 8 / 8.1 akan langsung dihapus dari laptop atau komputer kamu.
  • Selesai.

Mungkin kamu bingung, kenapa start menu windows 8 / 8.1 saya berbeda dengan yang kamu miliki. Yah karena memang saya sudah mengubah tampilan start menu saya dari windows 8 menjadi start menu windows 7. Jika kamu berminat mengubah tampilan start menu kamu seperti ini, kamu bisa mengikuti tutorialnya melalui link dibawah ini.

Artikel Terkait: Cara Mengubah Tampilan Start Menu Windows 8 / 8.1 menjadi Windows 7

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows 8 / 8.1, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close