Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat CV Lamaran Kerja PDF di HP

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Saat hendak melamar pekerjaan secara online, biasanya salah satu syarat yang diminta oleh instansi atau perusahaan adalah memasukkan CV lamaran kerja dalam bentuk PDF.

CV (Curriculum Vitae) atau kalau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan Daftar Riwayat Hidup adalah dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman seseorang dan berbagai macam kualifikasi lainnya.

Lalu apa fungsi dari CV itu sendiri? Jadi CV berfungsi untuk meyakinkan si pemberi kerja bahwa kamu mempunyai keterampilan atau keahlian yang dibutuhkan untuk melaksanakan pekerjaan tersebut, tentunya sesuai dengan kualifikasi pekerjaan yang dilamar yah. 

Dokumen ini sangat cocok bagi fresh graduate yang baru ingin melamar pekerjaan atau orang yang ingin berganti tempat bekerja entah itu masih sesuai dengan bidangnya dulu maupun bidang yang berbeda.

Dalam membuat daftar riwayat hidup, usahakan buat CV yang disukai oleh HRD atau sesuai dengan standar CV ATS Friendly. 

Untuk membuat CV ATS Friendly di HP android atau iPhone / iOS, sudah banyak aplikasi pembuat CV gratis yang sudah menyediakan template CV keren dan menarik sehingga bisa langsung kamu gunakan tanpa perlu repot-repot lagi membuat dan mengatur desainnya.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara membuat CV lamaran kerja PDF di HP Android dan iPhone secara gratis. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut:

Aplikasi Buat CV Gratis di HP Android & iPhone

Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi pembuat resume yang bisa kamu gunakan untuk membyat CV secara gratis di HP Android maupun iPhone, salah satunya WPS Office.

WPS Office merupakan seperangkat alat kerja perkantoran yang bisa kamu jalankan hampir di segala perangkat seperti Android, iOS, Windows, MAC dan Linux. Aplikasi ini memiliki banyak sekali alat yang bisa digunakan untuk pemroses dokumen, salah satunya alat Pembentuk Resume.

Dengan alat ini, kamu bisa membuat CV lamaran kerja PDF dengan hanya memasukkan data pribadi, pengalaman kerja, pendidikan, macam-macam keahlian, dan juga ringkasan singkat tentang diri kamu.

Jika semua deskripsi sudah dimasukkan, WPS Office akan langsung membuat CV lamaran kerja secara otomatis dan kamupun bisa memilih jenis desain (template) yang akan digunakan pada Curriculum Vitae.

Cara Membuat CV Lamaran Kerja PDF di HP

Berikut ini cara membuat CV lamaran kerja gratis dengan format PDF di HP Android dan iPhone mengunakan aplikasi WPS Office:

  • Buka aplikasi WPS Office di HP Android atau iPhone
  • Jika aplikasinya sudah terbuka, silahkan klik menu Alat. Di Pemroses Dokumen, silahkan klik Lainnya

  • Lalu pilih Pembentuk Resume

  • Untuk membuat CV lamaran kerja otomatis, klik Memulai

  • Kemudian kita akan diminta untuk memasukkan data-data kita seperti data diri pribadi, pengalaman kerja, pendidikan, macam-macam keahlian, bahasa-bahasa dan ringkasan.

  • Kita akan mulai dari data diri pribadi, silahkan klik icon + (tambah) lalu masukkan Nama depan, Nama Keluarga, Email, Telepon, Alamat, Negara, Provinsi, Kota dan Foto profil. Jika sudah klik Simpan

  • Selanjutnya kita akan memasukkan Pengalaman kerja, klik icon + (Tambah) lalu masukkan nama perusahaan, jabatan pekerjaan, waktu memulai, waktu selesai, negara, provinsi, kota dan deskripsi. Jika sudah klik Simpan

  • Kemudian di bagian pendidikan, silahkan masukkan jenis pendikan yang pernah kamu tempuh seperti nama sekolah, gelar, jurusan studi, waktu memulai, waktu selesai, negara, provinsi, kota dan deskripsi lalu klik Simpan

  • Masukkan juga keahlian yang kamu miliki pada dan juga Levelnya, apakah ahli, berpengalaman, mahir, dan lain-lain. Jika sudah klik simpan.

  • Kamu juga bisa memasukkan bahasa yang kamu kuasai dan juga levelnya, apakah penutur asli, fasih berbahasa, bisa bercakap-cakap dan lain-lain lalu klik Simpan

  • Jika semua sudah dimasukkan, klik Lihat

  • Lalu WPS Office akan memunculkan beberapa template yang bisa kamu gunakan. Silahkan pilih salah satunya lalu klik Ekspor

  • Disini kamu bisa memilih format CV apakah dalam bentuk PDF atau gambar. Jika sudah klik Ekspor

  • Nah dengan demikian CV lamaran kerja PDF kamu telah berhasil dibuat.
  • Selesai

Semisal kamu ingin menambahkan keahlian, pendidikan, pengalaman kerja dan bahasa lebih dari satu, kamu tinggal klik icon (+) pada deskripsi yang akan dimasukkan maka kamu akan langsung diarahkan ke halaman form untuk mengisi data-data.

Bagaimana? Cukup mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat CV Lamaran Kerja PDF di HP Android dan iPhone, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close