Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Grid / Garis Bantu di Canva

Selamat datang di situs Blogger Toraja. 

Grid atau biasa juga dikenal dengan garis bantu atau garis kisi merupakan sekumpulan garis lurus atau kurva yang berpotongan dan digunakan untuk menyusun konten.

Grid berfungsi sebagai armature atau kerangka kerja di mana seorang desainer dapat mengatur elemen grafis dalam halaman desain agar terlihat lebih rapi dan berada di posisi yang tepat.

Canva pun memiliki fitur Grid. Agar bisa menggunakan fitur garis bantu ini kamu perlu memunculkannya terlebih dahulu ke halaman desain.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara membuat dan memunculkan grid atau garis bantu di Canva. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut:

Cara Membuat Grid / Garis Bantu di Canva

Berikut ini cara membuat dan menampilkan Grid atau Garis bantu di aplikasi Canva dengan mudah:

  • Buka platform Canva di HP Android, iPhone, laptop atau PC melalui link berikut: https://www.canva.com/
  • Jika Canva sudah terbuka silahkan buat desain baru dengan cara klik Create a design
  • Lalu atur ukuran halaman desain yang akan kamu buat.
  • Tunggu beberapa saat maka kamu akan dialihkan ke halaman desain. Untuk membuat Garis Bantu, tempatkan kursor dalam halaman desain lalu klik kanan dan pilih Add horizontal guide

  • Maka satu garis grid horizontal akan dimunculkan dalam halaman desain. Untuk membuat garis bantu vertikal, klik kanan pada halaman desain lalu pilih Add vertical guide

  • Maka satu garis bantu grid vertikal akan muncul di halaman desain kamu.

  • Lakukan cara diatas kembali untuk membuat lebih banyak garis bantu di halaman desain sesuai kebutuhan.

  • Jika kamu sudah selesai menggunakan Gridlines atau garis bantu, kamu bisa menghapus grid tersebut dengan cara klik kanan pada halaman desain lalu pilih Clear Guides

  • Selesai.

Tidak seperti aplikasi lainnya dimana kita bisa memunculkan banyak grid sekaligus dalam halaman pengeditan, di Canva kita bisa menyesuaikan berapa banyak grid yang kita butuhkan untuk membuat sebuah desain. 

Dengan fitur ini tentunya kamu bisa membuat sebuah desain yang profesional serta dapat menempatkan elemen grafis secara tepat dalam desain.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Grid / Garis Bantu di Canva, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close