Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Eklesiologi (Pengertian, Arti Kata)

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan membahas mengenai apa itu Eklesiologi yang meliputi arti kata eklesiologi dan pengertian eklesiologi dan bagaimana itu eklesiologi kontekstual. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut ini.

Apa Itu Eklesiologi?

Eklesiologi berasal dari bahasa Yunani Ekklesia  yang dapat berarti gereja, pertemuan dan logos yang dapat berarti ilmu, perkataan, Firman. Berdasarkan arti kata diatas maka eklesiologi dapat diartikan ilmu tentang gereja, atau ilmu dalam lingkup teologi yang memusatkan perhatian pada gereja.

Arti Kata Eklesiologi Menurut KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian eklesiologi adalah ilmu tentang sejarah dan teologi Kristen.

Pengertian Eklesiologi Gereja

Dalam dunia Teologi, eklesiologi dapat diartikan sebagai teologi yang mempelajari hidup beriman secara sistematis dan metodis, atau teori teologis tentang gereja, doktrin tentang gereja yang mencakup identitas gereja, hakikat gereja (the being of the church), tanggung jawabnya (the doing of the chruch), dan bagaimana gereja menata diri (the becoming of the church).

Pemahaman atas eklesiologi yang paling fundamental bersumber dari pemahaman tentang Allah. Hakikat gereja yang benar hanya bisa dijawab jika kita lebih dulu memahami siapakah Allah itu bagi gereja. Allah bagi gereja adalah Allah Tritunggal.

Misteri gereja sangat terikat pada keberadaan manusia, dunia dan terutama Allah, sebab keberadaan gereja sangat terikat pada keberadaan Allah Tritunggal, dan dalam keberadaan gereja manusia merefleksikan gambar Allah.

Untuk memahami keberadaan Allah, manusia harus hidup sebagaimana Allah menyatakan gambar-Nya di dalam gereja, baik dalam bentuk struktur maupun pelayanannya.

Dengan demikian setiap eklesiologi mencoba secara sistematis mencermati gejala Peguyuban Umat Beriman (Puber). Didalamnya terkandung baik kaitannya dengan Allah maupun pendasarannya pada Tuhan Yesus Kristus, Sang Sahabat manusia, yang menjelma menjadi manusia demi penyelamatan, serta iman kepada Roh Kudus, yang menjiwai gereja secara utuh.

Eklesiologi mencermati pula dasar relasi antar manusia yaitu ciptaan yang dipulihkan hubungannya dengan Allah Bapa. Relasi-relasi antar manusia itu mengandung proses pemersatuannya dan pemersatuannya yang ilahi maupun manusiawi, sampai dengan pranata-pranata serta tatalayannya.

Eklesiologi Kontekstual

Eklesiologi harus memerharikan konteks atau bersifat kontekstual. Eklesiologi harusnya tidak ditetapkan sebagai norma umum yang harus berlaku bagi semua gereja, sebab realitas gereja sangat kaya dengan kemajemukan dan setiap gereja adalah unik.

Eklesiologi kontekstual harus memperhatikan unsur-unsur empirik tanpa tenggelam didalamnya. Jika eklesiologi suatu gereja tidak berkaitan dengan realitas konkret di suatu masa dan tempat tertentu, maka gereja dan eklesiologinya bagaikan layang-layang putus.

Keyword: Makalah eklesiologi, contoh eklesiologi, materi eklesiologi, tugas eklesiologi, eklesiologi PDF, eklesiologi gereja.

Referensi:

  1. Kamus Gereja & Teologi Kristen. (2022). BPK Gunung Mulia, Jakarta
  2. Aplikasi KBBI
Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close